31 March 2017

KETERAMPILAN BERBICARA


  1. Pengertian Berbicara
    Berbicara merupakan keterampilan mereproduksikan arus sistem bunyi artikulasi untuk menyampaikan kehendak, kebutuhan, perasaan, dan keinginan kepada orang lain.
  2. Faktor-faktor yang mempengaruhi berbicara secara langsung
  1. Pelafalan
  2. Intonasi
  3. Pilihan kata
  4. Struktur kata dan kalimat
  5. Sistematika pembicaraan
  6. Isi pembicaraan
  7. Cara memulai dan mengakhiri pembicaraan
  8. Penampilan.
  1. Fungsi keterampilan berbicara
    Jika seseorang memiliki keterampilan berbicara yang baik, dia akan memperoleh keuntungan sosial maupun profesional. Keuntungan sosial berkaitan dengan kegiatan interaksi sosial antarindividu. Sedangkan, keuntungan professional diperoleh sewaktu menggunakan bahasa untuk membuat pertanyaan-pertanyaan, menyampaikan fakta-fakta dan pengetahuan, menjelaskan, dan mendeskripsikan.
  2. Tujuan keterampilan berbicara
    kegiatan berbicara mempunyai empat tujuan,  yakni;
    1. Berbicara untuk menghibur
    2. Berbicara untuk tujuan menginformasikan
    3. Berbicara untuk menstimuli
    4. Berbicara untuk meyakinkan
    E. Hubungan Berbicara dengan Menyimak
    Berbicara dan menyimak adalah dua kegiatan yang berbeda namun berkaitan erat dan tak terpisahkan. Kegiatan menyimak didahului oleh kegiatan berbicara. Kegiatan berbicara dan menyimak saling melengkapi dan berpadu menjadi komunikasi lisan, seperti dalam bercakap-cakap,
    diskusi, bertelepon, tanya-jawab, interview, dan sebagainya.
  1. Hubungan Berbicara dengan Membaca
    Berbicara dan membaca berbeda dalam sifat, sarana, dan fungsi. Berbicara bersifat produktif, ekspresif melalui sarana bahasa lisan dan berfungsi sebagai penyebar informasi. Membaca bersifat reseptif melalui sarana bahasa tulis dan berfungsi sebagai penerima informasi.
  2. Hubungan Berbicara dengan Menulis
    Kegiatan berbicara maupun kegiatan menulis bersifat produktif-ekspresif. Kedua kegiatan itu berfungsi sebagai penyampai informasi. Penyampaian informasi melalui kegiatan berbicara disalurkan melalui bahasa lisan,
    sedangkan penyampaian informasi dalam kegiatan menulis disalurkan melalui bahasa tulis.
  3. Jenis-Jenis Berbicara
  1. Diskusi
    Diskusi adalah suatu pertukaran pikiran, gagasan, pendapat antara dua orang atau lebih secara lisan dengan tujuan mencari kesepakatan atau kesepahaman gagasan atau pendapat.
    2. Wawancara
    Wawancara adalah Tanya jawab antara pewawancara dengan narasumber. Pelaksanaannya bisa dilakukan secara langsung (tatap muka)atau secara tak langsung (melalui telepon, internet, atau surat).
    3. Pidato
    Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal.

1 comment: