Rancangan Pembelajaran Berbasis Projek
A. Identitas Model
Satuan Pendidikan : SMA ……
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : XII/1
Materi Pokok : Teks Cerita
Sejarah
Alokasi Waktu : 4 x 45
Menit (2 pertemuan)
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.2 Memproduksi teks
cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun
tulisanmaupun tulisan
Indikator:
1) Menentukan
langkah-langkah menyusun teks cerita sejarah
2) Menyusun teks cerita
sejarah
C. Langkah Pembelajaran
Langkah-langkah
Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran
|
A. Penentuan Proyek
|
1. Peserta didik
menentukan hari atau peristiwa bersejarah sebagai topik yang akan dikembangkan
menjadi teks cerita bersejarah
|
B. Perancangan
Langkah-langkah Penyelesaian Proyek |
2. Peserta didik
dibimbing guru mendiskusikan aturan main dan pemilihan aktivitas yang dapat
mendukung pelaksanaan proyek
3. Peserta didik mendiskusikan sumber/bahan/alat pendukung pelaksanaan proyek
4. Peserta didik menyimak
penjelasan guru mengenai penilaian
dalam kelompok masing masing, peserta didik mendiskusikan dan perencanaan proyek berupa penentuan fase peristiwa bersejarah |
C. Penyusunan Jadwal
Pelaksanaan Proyek |
5. Peserta didik membuat
time line pemilihan dan penyiapan proyek
6. Peserta didik mendiskusikan deadline untuk menyelesaikan proyek menyusun teks cerita sejarah 7. Peserta didik mendiskusikan dan membuat jadwal atau waktu pelaksanaan penyelesaian setiap fase persitiwa dalam teks cerita sejarah yang akan ditulisnya |
D. Penyelesaian proyek
dengan fasilitasi dan monitoring guru |
8. Peserta didik
mengidentifikasi dan mencatat hal-hal yang berkaitan dengan fase peristiwa
yang menjadi objek untuk penulisan teks cerita sejarah
9. Peserta didik mengonsultasikan permasalahan atau kendala dalam menyelesaikan penulisan teks cerita sejarah 10. Peserta didik memperbaiki hasil tulisan berdasarkan hasil konsultasi |
E. Penyusunan Laporan
dan Presentasi /Publikasi Hasil Proyek |
11. Peserta didik membaca
kembali teks cerita sejarah yang sudah ditulis dan memperbaiki jika masih
terjadi kesalahan dengan mengacu pada point-point penilaian yang disepekati
pada tahap perencanaan
12. Peserta didik menempelkan teks cerita sejarah yang sudah dibuatnya di tempat yang sudah disediakan (tempat seperti bentuk pameran) 13. Peserta didik melakukan kegiatan shopping model,yaitu mengunjungi, membaca, dan menanggapi teks cerita sejarah kelompok lain. |
F. Evaluasi Proses dan
Hasil Proyek |
14. Peserta didik
melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil tugas proyek yang sudah
dilaksanakan.
15. Peserta didik mengemukakan pengalamannya selama menyelesaikan tugas proyek peserta didik mendengarkan umpan balik terhadap proses yang telah dilaksanakan dan produk yang telah dihasilkan. |
0 komentar:
Post a Comment