Contoh Tahap Pembelajaran Discovery
learning
Satuan
Pendidikan: SMA …
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/
Semester : XII/1
Materi
Pokok : Teks Cerita Sejarah
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD: Memahami struktur dan kaidah teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik
melalui lisan maupun tulisan.
Indikator:
1)
Menentukan struktur teks cerita sejarah;
2)
Menentukan kaidah/ciri-ciri bahasa (fitur bahasa) teks cerita sejarah.
B. Langkah-langkah
Pembelajaran
Tahapan Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
A.
Pemberian Rangsangan
(Stimulation)
|
1. Peserta didik menyimak tayangan berbagai peristiwa sejarah
dunia.
2. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dapat menghadapkansiswa
pada kondisi internal yang mendorong eksplorasi terhadap pemahaman teks hasil
observasi cerita sejarah.
3.
Guru mengarahkan
jawaban siswa terhadap pembelajaran yang akan dilakukan
4.
Siswa
membaca contoh model teks cerita sejarah berjudul “Sejarah Hari Buruh.”.
|
B.
Pernyataan/Identifikasi
Masalah (Problem Statement)
|
5.
6. Peserta didik mengidentifikasi masalah yang relevan dengan bahan
bacaan diantaranya diarahkan untuk menanyakan fungsi teks cerita sejarah dan bentuk
atau strukturnya,
7.
Berdasarkan identifikasi
masalah tersebut, siswa memilih dan merumuskan salah satu di antaranya dalam
bentuk hipotesis.
|
C.
Pengumpulan Data (Data
Collection)
|
8. Peserta didik membentuk kelompok belajar sesuai arahan guru
dengan mempertimbangkan kemampuan akademik, gender, dan ras (@5 0rang per
kelompok).
9.
Peserta didik
mengidentifikasi siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana peristiwa
yang terjadi pada teks cerita sejarah “Hari Buruh.”
10.
Peserta
didik menyusun periode sejarah secara kronologis, sesuai dengan urutan waktu
dari peristiwa sejarah teks “Hari Buruh.”
11.
Peserta
didik menentukan struktur yang membangun teks “Sejarah Hari Buruh”
|
D.
Pengolahan
Data (Data Processing)
|
12.
13.
Peserta
didik mengolah informasi yang diperoleh dari hasil kegiatan sebelumnya untuk
menentukan unsur-unsur atau struktur teks cerita sejarah.
|
E.
Pembuktian
(Verification)
|
14.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk memverifikasi sehingga dapat
menemukan konsep tentang struktur teks cerita sejarah.
|
F.
Menarik
Kesimpulan (Generalization)
|
15.
Peserta
didik membuat kesimpulan tentang struktur teks cerita sejarah
16.
Peserta
didik mempresentasikan.
|
0 komentar:
Post a Comment