31 March 2017

MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING


Contoh Tahap Pembelajaran Discovery learning

Satuan Pendidikan: SMA …
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XII/1
Materi Pokok : Teks Cerita Sejarah
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

A. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KD:  Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan.

Indikator:

1) Menentukan struktur teks cerita sejarah;
2) Menentukan kaidah/ciri-ciri bahasa (fitur bahasa) teks cerita sejarah.

B. Langkah-langkah Pembelajaran


Tahapan Pokok
Kegiatan Pembelajaran
A.    Pemberian Rangsangan (Stimulation)
1.    Peserta didik menyimak tayangan berbagai peristiwa sejarah dunia.
2.    Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dapat menghadapkansiswa pada kondisi internal yang mendorong eksplorasi terhadap pemahaman teks hasil observasi cerita sejarah.
3.      Guru mengarahkan jawaban siswa terhadap pembelajaran yang akan dilakukan
4.      Siswa membaca contoh model teks cerita sejarah berjudul “Sejarah Hari Buruh.”.
B.     Pernyataan/Identifikasi Masalah (Problem Statement)
5.     
6.    Peserta didik mengidentifikasi masalah yang relevan dengan bahan bacaan diantaranya diarahkan untuk menanyakan fungsi teks cerita sejarah dan bentuk atau strukturnya,
7.      Berdasarkan identifikasi masalah tersebut, siswa memilih dan merumuskan salah satu di antaranya dalam bentuk hipotesis.
C.     Pengumpulan Data (Data Collection)
8.    Peserta didik membentuk kelompok belajar sesuai arahan guru dengan mempertimbangkan kemampuan akademik, gender, dan ras (@5 0rang per kelompok).
9.      Peserta didik mengidentifikasi siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana peristiwa yang terjadi pada teks cerita sejarah “Hari Buruh.”
10.  Peserta didik menyusun periode sejarah secara kronologis, sesuai dengan urutan waktu dari peristiwa sejarah teks “Hari Buruh.”
11.  Peserta didik menentukan struktur yang membangun teks “Sejarah Hari Buruh”
D.    Pengolahan Data (Data Processing)
12.   
13.  Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh dari hasil kegiatan sebelumnya untuk menentukan unsur-unsur atau struktur teks cerita sejarah.
E.     Pembuktian (Verification)
14.  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memverifikasi sehingga dapat menemukan konsep tentang struktur teks cerita sejarah.
F.      Menarik Kesimpulan (Generalization)
15.  Peserta didik membuat kesimpulan tentang struktur teks cerita sejarah
16.  Peserta didik mempresentasikan.



0 komentar:

Post a Comment