Empat Tahap Perkembangan Kognitif Peserta Disik Menurut
Piaget
(1)
tahap sensori motor (0–2 tahun),
Pada
tahap sensori motor (0-2 tahun) seorang anak akan belajar untuk menggunakan dan
mengatur kegiatan fisik dan mental menjadi rangkaian perbuatan yang bermakna.
Pada tahap ini, pemahaman anak sangat bergantung pada kegiatan (gerakan) tubuh
dan alat-alat indera mereka.
(2)
tahap pra-operasional (2–7 tahun),
Pada
tahap pra-operasional (2-7 tahun), seorang anak masih sangat dipengaruhi oleh
hal-hal khusus yang didapat dari pengalaman menggunakan indera, sehingga ia
belum mampu untuk melihat hubungan-hubungan dan menyimpulkan sesuatu secara
konsisten.
(3)
tahap operasional konkret (7–11 tahun),
Pada
tahap operasional konkret (7-11 tahun), umumnya anak sedang menempuh pendidikan
di sekolah dasar. Di tahap ini, seorang anak dapat membuat kesimpulan dari
suatu situasi nyata atau dengan menggunakan benda konkret, dan mampu
mempertimbangkan dua aspek dari suatu situasi nyata secara bersamasama
(misalnya,
antara bentuk dan ukuran).
(4) tahap
operasional formal (11 tahun ke atas).
Pada
tahap operasional formal (lebih dari 11 tahun), kegiatan kognitif seseorang
tidak mesti menggunakan benda nyata. Tahap ini merupakan tahapan terakhir dalam
perkembangan kognitif.
BACA JUGA:
1. Soal UTN 2017 Perkembangan Kognitif Peserta Didik
2. Materi UTN 2017 Perkembangan Moral Peserta Didik
1. Soal UTN 2017 Perkembangan Kognitif Peserta Didik
2. Materi UTN 2017 Perkembangan Moral Peserta Didik
pak tolong dong di kasih link download file nya aja
ReplyDeleteok, sudah
ReplyDeletebisa minta link untuk mendownload filenya?
ReplyDeletesudah saya link kan di atas ... bisa unduh modul karaktersistik atau modul plpg
ReplyDeleteMaaf pak..kok tidak ada ringkasan modul 5 mata pelajaran ya..cuma ada bhsa indonesia..pkn,mtk,ipa,ips belum ada?
ReplyDeletemaaf, untuk bidang studi hanya tersedia mapel Bahasa Indonesia. Untuk bahan belajar semua mata pelajaran yang tersedia kompetensi pedagogik
Delete