04 April 2017

PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK





Empat Tahap Perkembangan Kognitif Peserta Disik Menurut Piaget

(1)   tahap sensori motor (0–2 tahun),

Pada tahap sensori motor (0-2 tahun) seorang anak akan belajar untuk menggunakan dan mengatur kegiatan fisik dan mental menjadi rangkaian perbuatan yang bermakna. Pada tahap ini, pemahaman anak sangat bergantung pada kegiatan (gerakan) tubuh dan alat-alat indera mereka.

(2)   tahap pra-operasional (2–7 tahun),

Pada tahap pra-operasional (2-7 tahun), seorang anak masih sangat dipengaruhi oleh hal-hal khusus yang didapat dari pengalaman menggunakan indera, sehingga ia belum mampu untuk melihat hubungan-hubungan dan menyimpulkan sesuatu secara konsisten.

(3)   tahap operasional konkret (7–11 tahun),

Pada tahap operasional konkret (7-11 tahun), umumnya anak sedang menempuh pendidikan di sekolah dasar. Di tahap ini, seorang anak dapat membuat kesimpulan dari suatu situasi nyata atau dengan menggunakan benda konkret, dan mampu mempertimbangkan dua aspek dari suatu situasi nyata secara bersamasama

(misalnya, antara bentuk dan ukuran).

 (4) tahap operasional formal (11 tahun ke atas).

Pada tahap operasional formal (lebih dari 11 tahun), kegiatan kognitif seseorang tidak mesti menggunakan benda nyata. Tahap ini merupakan tahapan terakhir dalam perkembangan kognitif.


BACA JUGA:
1. Soal UTN 2017 Perkembangan Kognitif Peserta Didik
2. Materi UTN 2017 Perkembangan Moral Peserta Didik

6 komentar:

  1. pak tolong dong di kasih link download file nya aja

    BalasHapus
  2. bisa minta link untuk mendownload filenya?

    BalasHapus
  3. sudah saya link kan di atas ... bisa unduh modul karaktersistik atau modul plpg

    BalasHapus
  4. Maaf pak..kok tidak ada ringkasan modul 5 mata pelajaran ya..cuma ada bhsa indonesia..pkn,mtk,ipa,ips belum ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, untuk bidang studi hanya tersedia mapel Bahasa Indonesia. Untuk bahan belajar semua mata pelajaran yang tersedia kompetensi pedagogik

      Hapus