Kuhlen
dan Thompson mengemukakan bahwa perkembangan fisik individu meliputi empat
aspek, yaitu:
(a) Otot-otot, yang mempengaruhi perkembangan kekuatan dan kemampuan
motorik;
(b)
Sistem syaraf yang sangat memengaruhi perkembangan kecerdasan dan emosi;
(c)
Kelenjar Endokrin, yang menyebabkan munculnya pola-pola tingkah laku baru,
seperti pada usia remaja berkembang perasaan senang untuk aktif dalam suatu
kegiatan, yang sebagian anggotanya terdiri atas lawan jenis;
(d)
Struktur fisik/tubuh, yang meliputi tinggi, berat, dan proporsi.
Seifert
dan Hoffnung (1994) berpendapat perkembangan fisik meliputi perubahan-perubahan
dalam tubuh (seperti : pertumbuhan otak, sistem saraf, organ-organ indrawi,
pertambahan tinggi dan berat, hormon, dan lain-lain), dan perubahan-perubahan
dalam cara individu dalam menggunakan tubuhnya (seperti perkembangan
keterampilan motorik dan perkembangan seksual), serta perubahan dalam kemampuan
fisik (seperti penurunan fungsi jantung, penglihatan, dan sebagainya).
Sumber
Pustaka
Wibowo,
Hari dkk. 2016. Karakteristik Peserta
Didik. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga
Kependidikan Bahasa, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Untuk
contoh soal kompetensi pedagogik dan pembahasannya secara lengkap baca DI SINI
0 komentar:
Post a Comment