16 April 2017

SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN


KOMPETENSI INTI GURU: MENGUASAI TEORI BELAJAR DAN PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN YANG MENDIDIK

1.       Peserta didik dapat belajar jika ia tidak hanya mengamati secara langsung tetapi ia harus menghayati, terlibat langsung dalam perbuatan, dan bertanggung jawab terhadap hasilnya.

Hal ini sesuai dengan prinsip belajar….

A.      Pengulangan

B.      Keterlibatan langsung

C.      Penguatan

D.      Keaktifan

2.       Seorang guru selalu memberikan apresiasi atau penghargaan berupa nilai yang baik dan  kata-kata positif terhadap keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran. Hal itu dilakukan karena berdasarkan pengalamannya nilai yang baik dan kata-kata positif dapat membuat siswa lebih giat belajar.

Guru tersebut telah menerapkan prinsip pembelajaran….

A.      Perhatian dan motivasi

B.      Perbedaan individual

C.      Tantangan

D.      Balikan atau penguatan

3.       Dalam mempersiapkan siswa menghadapi Ujian Nasional, seorang guru memberikan beberapa kali latihan soal kepada siswa. Guru berharap akan terjadi peningkatan penguasaan oleh siswa terhadap materi pembelajaran dengan latihan yang dilaksanakan tidak hanya sekali.

Guru tersebut menerapkan prinsip pembelajaran…

A.      Penguatan atau balikan

B.      Perhatian dan motivasi

C.      Pengulangan

D.      Tantangan

Pembahasan

Prinsip-Prinsip Pembelajaran

ü  Perhatian dan Motivasi: Tanpa adanya perhatian tak mungkin terjadi belajar. Motivasi adalah tenaga yang menggerakkan dan mengarahkan aktivitas seseorang.

ü  Keaktifan: Belajar hanya mungkin terjadi apabila anak aktif mengalami sendiri.

ü  Keterlibatan langsung/Berpengalaman: belajar yang paling baik adalah belajar melalui pengalaman langsung.

ü  Pengulangan: belajar ialah pembentukan hubungan antara stimulus dan respons, dan pengulangan terhadap pengalaman-pengalaman itu memperbesar peluang timbulnya respons benar.

ü  Tantangan: Tujuan dan hambatan dalam belajar memberikan motif kepada siswa untuk mengatasi hambatan dan meraih tujuan belajar

ü  Balikan atau Penguatan: Kata-kata yang positif dan nilai yang baik itu mendorong anak untuk belajar lebih giat lagi. Pujian dan nilai yang baik dapat merupakan operant conditioning atau penguatan positif.

ü  Perbedaan Individual: Siswa merupakan individual yang unik artinya tidak ada dua orang siswa yang sama persis, tiap siswa memiliki perbedaan satu dengan yang lainnya.

Untuk memperdalam pemahaman tentang prinsip-prinsip pembelajaran
Baca Ringkasan Materi Pedagogik Prinsip-Prinsip Pembelajaran
 

0 komentar:

Post a Comment