22 April 2017

SOAL OGN 2017 BAHASA INDONESIA


GENRE PROSA FIKSI : PROSA LAMA
PREDIKSI SOAL OGN 2017 BAHASA INDONESIA

1.  Prosa lama memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakan dengan prosa baru. Di bawah ini ciri-ciri karya sastra genre prosa.

1) Dipengaruhi oleh sastra Eropa.

2) Ceritanya anonim “tanpa nama”

3) Milik individu penulis.

4) Bersifat statis, sesuai dengan kondisi masyarakat waktu itu.

Yang termasuk ciri-ciri prosa lama adalah nomor…

A.  1 dan 2

B.  1 dan 3

C.  2 dan 3

D.  2 dan 4

2.  Ditinjau dari periodesasi dan jenisnya, prosa terbagi menjadi prosa lama dan baru. Berikut ini macam-macam karya sastra prosa.

1) cerpen

2) mitos

3) roman

4) legenda

5) dongeng

Yang termasuk prosa lama adalah nomor….

A.  1, 2, 3

B.  2, 3, 4

C.  2, 4, 5

D.  3, 4, 5

3.  Cermatilah kutipan cerita berikut ini.

Bawang Putih tak pernah sekalipun mengeluhkan nasib buruknya. Ia selalu siap sedia melayani sang Ibu Tiri dan Saudari Tirinya dengan senang hati. Pada suatu hari Bawang Putih tengah mengerjakan pekerjaan rumah mencuci pakaian milik Ibu Tiri dan Saudari Tirinya. Akan tetapi Bawang Putih tak menyadari bahwa sehelai kain milik Ibu Tirinya telah hanyut terbawa arus sungai. Ketika Bawang Putih menyadarinya, ia sangat sedih dan takut bila diketahui hilangnya kain itu, maka ia akan dimarahi dan disalahkan oleh Ibu Tirinya. Bukan mustahil bahwa Bawang Putih akan dihukum bahkan diusir dari rumahnya. (https://id.wikipedia.org/wiki/Bawang_Merah_Bawang_Putih)

Kutipan cerita di atas digolongkan ke dalam …

A.    dongeng

B.     mitos

C.     fabel

D.    legenda

4.  Bacalah kutipan teks berikut ini.

Keesokan harinya, sebelum matahari terbit, Dewi Mutiara mengutus pembantunya untuk memanggil seorang tukang tenung. Dia menyuruh sang dukun untuk meneluh Kadita. Pada malam harinya, tubuh Kadita gatal-gatal dipenuhi kudis, berbau busuk dan penuh bisul. Ia menangis tak tahu harus berbuat apa. Raja mengundang banyak tabib untuk menyembuhkan Kandita serta sadar bahwa penyakit tersebut tidak wajar, pasti berasal dari guna-guna. Ratu Dewi Mutiara memaksa raja mengusir puterinya karena dianggap akan mendatangkan kesialan bagi seluruh negeri. Karena Raja tidak menginginkan puterinya menjadi gunjingan di seluruh negeri, ia terpaksa menyetujui usul Ratu Mutiara untuk mengirim putrinya keluar dari negeri mereka.

Kandita pergi berkelana sendirian tanpa tujuan dan hampir tidak dapat menangis lagi. Ia tidak dendam kepada ibu tirinya, melainkan meminta agar Sanghyang Kersa mendampinginya dalam menanggung penderitaan. Hampir tujuh hari dan tujuh malam, akhirnya ia tiba di Samudera Selatan. Air samudra itu bersih dan jernih, tidak seperti samudera lain yang berwarna biru atau hijau. Tiba-tiba ia mendengar suara gaib yang menyuruhnya terjun ke dalam Laut Selatan. Ia melompat dan berenang, air Samudera Selatan melenyapkan bisulnya tanpa meninggalkan bekas, malah ia semakin cantik. Ia memiliki kuasa atas Samudera Selatan dan menjadi seorang dewi yang disebut Nyi Roro Kidul yang hidup abadi.

(https://id.wikipedia.org/wiki/Nyi_Roro_Kidul)

Teks tersebut termasuk jenis….

A.    Legenda

B.     Mite

C.     Dongeng

D.    Fabel

5.      Cermatilah kutipan cerita berikut ini.

Sambil menangis, anak itu berlari pulang menemui ibunya di rumah. Kepada ibunya dia mengadukan bahwa dia dipukuli ayahnya. Semua kata-kata cercaan yang diucapkan ayahnya kepadanya diceritakan pula. Mendengar cerita anaknya itu, si ibu sedih sekali, terutama karena suaminya sudah melanggar sumpahnya dengan kata-kata cercaan yang dia ucapkan kepada anaknya itu. Si ibu menyuruh anaknya agar segera pergi mendaki bukit yang terletak tidak begitu jauh dari rumah mereka dan memanjat pohon kayu tertinggi yang terdapat di puncak bukit itu. Tanpa bertanya lagi, si anak segera melakukan perintah ibunya itu. Dia berlari-lari menuju ke bukit tersebut dan mendakinya.

Ketika tampak oleh sang ibu anaknya sudah hampir sampai ke puncak pohon kayu yang dipanjatnya di atas bukit , dia pun berlari menuju sungai yang tidak begitu jauh letaknya dari rumah mereka itu. Ketika dia tiba di tepi sungai itu kilat menyambar disertai bunyi guruh yang megelegar. Sesaat kemudian dia melompat ke dalam sungai dan tiba-tiba berubah menjadi seekor ikan besar. Pada saat yang sama, sungai itu pun banjir besar dan turun pula hujan yang sangat lebat. Beberapa waktu kemudian, air sungai itu sudah meluap kemana-mana dan tergenanglah lembah tempat sungai itu mengalir. Pak Toba tak bisa menyelamatkan dirinya, ia mati tenggelam oleh genangan air. Lama-kelamaan, genangan air itu semakin luas dan berubah menjadi danau yang sangat besar yang di kemudian hari dinamakan orang Danau Toba. Sedang Pulau kecil di tengah-tengahnya diberi nama Pulau Samosir.

(http://dongeng.org/asal-usul-danau-toba/)

Kutipan cerita di atas termasuk jenis….

A.    Fabel

B.     Mite

C.    Legenda

D.    Dongeng



POSTINGAN TERKAIT

1.      KISI-KISI SOAL OGN BAHASA INDONESIA BACA DI SINI

2.      PEMBAHASAN SOAL/RINGKASAN MATERI PROSA LAMA BACA DI SINI

    3.   PERSIAPAN LENGKAP OGN SMP BACA DI SINI

   4.    CONTOH BEST PRACTICE BABAK FINAL OGN BACA DI SINI DAN DI SINI

0 komentar:

Post a Comment