02 April 2017

SOAL UTN PLPG 2017 MEDIA DAN TIK DALAM PEMBELAJARAN


1. Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.

Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria...    

  1. tujuan     
  2. sasaran didik        
  3. ketersediaan        
  4. konteks penggunaan

2. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran  dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut.                                                                                                                              Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…

  1. Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
  2. Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
  3. Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.
  4. Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.

3. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam..                                                                                                         

  1. media yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput terbatas            
  2. media yang dpat didengar saja dan media yang dapat dilihat   
  3. media tradisional dan media berbasis TIK          
  4. media dua dimensi dan media tiga dimensi 
4. Di ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.

Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...

  1. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.
  2. Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.
  3. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
  4. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media

5. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:       

  1. media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK            
  2. sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran            
  3. media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran         
  4. memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
6. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:               

  1. Menampilkan objek yang terlalu besar  
  2. Membuat konkrIt konsep yang abstrak 
  3. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.   
  4. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
7. Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.

Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:

  1. Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.
  2. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
  3. Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
  4. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.

8. Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…       

  1. book           
  2. forum        
  3. blog            
  4. e-portofolio
9. Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai  pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah…

  1. program mencari informasi
  2. program desktop publishing
  3. program untuk menjelajahi laman
  4. program penciptaan  laman
10. Seorang guru yang akan mencari  informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).

Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari adalah...

  1. www.gmail.com      
  2. www.google.com
  3. www.hotmail.com
11. Saat kita akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).

Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...

  1. www.yahoo.com
  2. www.gmail.com
  3. www.hotmail.com
12. Seorang guru akan  membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel,  gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah...         

  1. Microsoft Database
  2. Microsoft PowerPoint          
  3. Microsoft Desktop Publishing            
  4. Microsoft Word

13. Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah....

  1. Microsoft Database               
  2. Microsoft Spread Sheet
  3. Microsoft powerpoint
  4. Microsoft Desktop Publishing
14. Tools pembelajaran daring/ online cukup banyak dan memiliki fungsi masing-masing. Salah satu fiturnya berupa kumpulan soal tes sumatif dan tes akhir pembelajaran.

Fitur moodle ini adalah...

  1. Quiz
  2. Page 
  3. Lesson         
  4. Blog
15. Dalam pembelajaran daring terdapat beberapa unsur atau elemen pembangun pembelajaran elektronik. Unsur berikut yang bukan termasuk unsur pembangun elektronik adalah… 

  1. Penulis konten (content writer)       
  2. Penata grafis (design grafis)              
  3. perancang pembelajaran (course design)    
  4. pemrogram komputer (computer programmer).

    Baca Juga:
  1. Soal Simulasi UTN 2017 dan Kunci Jawaban Kompetensi Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran.
  2. Soal Simulasi UTN 2017 dan Kunci Jawaban Kompetensi Penilaian.
  3. Soal UTN 2017 Model Pembelajaran

6 komentar:

  1. Balasan
    1. Alhamdulillah... terima kasih atas apresiasinya

      Hapus
  2. Sangat bermanfaat.makasih pak

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah... Sangat membantu sekali... Kalau boleh saran,sebaiknya kunci jawabannya diletakkan dibagian lagian sehingga ketika menjawab soal kita bisa mengukur kemampuan sendiri.. Terima kasih

    BalasHapus