13 April 2017

SOAL UTN PLPG 2017 KRITIK SASTRA


MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
MENJELASKAN KONSEP KRITIK SASTRA DAN UNSUR KRITIK SASTRA

1.     Jenis kritik ini memandang karya sastra sebagai tiruan aspek-aspek alam. Karya sastra dianggap sebagai cerminan atau penggambaran dunia nyata, sehingga ukuran yang digunakan adalah sejauh mana karya sastra itu mampu menggambarkan objek yang sebenarnya.

Jenis krtik tersebut adalah kritik ....     

A.   pragmatik  

B.   ekspresif

C.   mimetik               

D.   objektif


2.     Dalam puisi “Dijari Matamu Ada Rindu” karya Hamami Adaby mengungkapkan perasaan kerinduan. Hal tersebut terdapat pada semua bait seperti pada baris /dijari manismu ada rindu/, /terasa lama denyut nadi membeban/. Perasan penyair yang kerinduan kepada sang kekasih sehingga menggambarkan rasa gelisah, galau, gundah karena di jari sang kekasih yang elok dan mungil menarik hati serta tidak ada kabar dari sang kekasih sehingga penyair merasa ada beban yang dipergelangan tangannya. Meskipun ada sebuah beban namun hati penyair merasa kerinduan sehingga terlihat khas romastis. (http://sinaubsi.blogspot.co.id/p/kritik-sastra-pendekatan-ekaspresif.html)


Ciri yang menunjukkan bahwa penggalan  kritik tersebut termasuk jenis kritik ekspresif adalah ...."     


A.   Memandang karya sastra sebagai tiruan alam

B.   Menitik beratkan pada diri penulis karya sastra      

C.   Memandang karya sastra sebagai alat untuk mencapai tujuan        

D.   Memandang karya sastra sebagai sesuatu yang mendiri bebas terhadap lingkungan sekitarnya

3.       Latar tempat biasa disebut latar fisik. Latar ini dapat berupa daerah, bangunan, mobil, taman, gereja dan sejenisnya. Latar tempat yang ada dalam cerpen Wangi karya Korri Layun Rampan ini jelas disebutkan oleh pengarangnya, seperti kota, rumah, pemakaman dan sebagainya :  “Manusia bersedih karena dirinya sendiri. Kekasih kita yang telah tiada, karena memang datang dari Tiada yang Maha Ada. Ia sudah senang, daan tah butuhkan air mata kita.” “Sesaat aku masih memandang makam bertanah merah, dan aku seakan dipeluk Mas Joni. Seakan aku digandeng saat hari pengantin.” (http://abunaim28.blogspot.co.id/2015/12/analisis-kritik-sastra-objektif-cerpen.html).

Ciri yang menunjukkan bahwa penggalan tersebut merupakan jenis kritik objektif adalah…..      

A.   Memandang karya sastra sebagai sesuatu yang mandiri bebas terhadap lingkungan sekitarnya

B.   Menitik beratkan pada diri penulis karya sastra

C.   Memandang karya sastra sebagai tiruan alam    

D.   Memandang karya sastra sebagai alat untuk mencapai tujuan

Pembahasan


Jenis kritik sastra menurut Abrams adalah sebagai berikut.

A.   Kritik Mimetik

Kritik jenis ini memandang karya sastra sebagai tiruan aspek-aspek alam. Karya sastra dianggap sebagai cerminan atau penggambaran dunia nyata, sehingga ukuran yang digunakan adalah sejauh mana karya sastra itu mampu menggambarkan objek yang sebenarnya.


B. Kritik Pragmatik  

Kritik jenis ini memandang karya sastra sebagai alat untuk mencapai tujuan (mendapatkan sesuatu yang diharapkan). Tujuan karya sastra pada umumnya bersifat edukatif, estetis, atau politis.


C. Kritik Ekspresif

Kritik ekspresif menitikberatkan pada diri penulis karya sastra itu. Kritik ekspresif meyakini bahwa sastrawan (penulis) karya sastra merupakan unsur pokok yang melahirkan pikiran-pikiran, persepsi-persepsi, dan perasaan yang dikombinasikan dalam karya sastra.


D. Kritik Objektif

Kritik jenis ini memandang karya sastra sebagai sesuatu yang mandiri, bebas terhadap lingkungan sekitarnya; dari penyair, pembaca, dan dunia sekitarnya. Karya sastra merupakan sebuah keseluruhan yang mencakupi dirinya.

UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI KRITIK SASTRA
BACA RINGKASAN MATERI PROFESIONAL KRITIK SASTRA

BACA JUGA SOAL ALIRAN LINGUISTIK

4 comments: