1. Dalam
mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data
(informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data
(informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri
dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu
merupakan bagian dari model pembelajaran…
A.
portofolio
B. saintifik
C.
penemuan
D.
autentik
2. Dalam
mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar menyampaikan suatu permasalahan guna menggugah dan menimbulkan
kepenasaran-kepenasaran para siswanya. Langkah tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa agar mau mengembangkan
kreativitasnya .
Langkah yang dilakukan Pak Mamaz
Nendar itu merupakan bagian dari model pembelajaran….
A.
portofolio
B.
saintifik
C.
penemuan
D.
autentik
3. Pak
Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal
dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan
pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta
didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam
kurikulum.
Pembelajaran yang
dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....
A.
projek
based learning
B.
discovery Learning
C.
Problem Based Learning
D.
Inquiry learning
4. Bu
Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok
mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas,
sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat.
Kegiatan yang
dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....
A.
Project based learning
B.
inquiry learning
C.
Discovery learning
D. problem based learning
5. Ketika
memulai pembelajaran, Bu Dwi Wahyu menyodorkan sebuah isu aktual dalam bentuk pertanyaan
yang memerlukan solusi. Lalu, dalam bentuk kelompok-kelompok kecil, siswa
diminta untuk untuk mencari alternatif solusi tersebut.
Kegiatan yang
dilakukan Bu Dwi Wahyu tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ....
A. Project based learning
B.
Problem based learning
C.
Discovery learning
D.
Inquiry learning
6. Sebelum
memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, Bu Nuraini meminta peserta
didik terlebih dahulu untuk mengobservasi suatu fenomena. Kemudian peserta
didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu, peserta didik dirangsang
untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Sementara itu, Bu
Nuraeni mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan
mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka.
Kegiatan yang
dilakukan Bu Nuraeni tersebut
mengisyaratkan implementasi model
pembelajaran
A.
inquiry learning
B. problem based learning
C.
Project based learning
D.
Discovery learning
7. Pak
Kandi bersama siswanya merencanakan sebuah kegiatan secara kolaboratif. Hal ini
dimaksudkan agar peserta didik merasa “memiliki” dan bertanggung jawab atas
kegiatan yang telah direncanakan bersama
itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan mengenai aturan main, aktivitas
pendukung, alat dan bahan yang dapat diakses, cara dan langkah kerja untuk
menyelesaian rencana kegiatan kolaboratif tadi.
Model
pengelolaan pembelajaran yang dipraktikkan oleh Pak Kandi mencerminkan prinsip
model ....
A.
Problem solving learning
B.
Problem based learning
C. Project based learning
D.
Discovery learning
8. Berikut ini
merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based
learning :
1)
Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2)
Mendesain Perencanaan Proyek,
3)
Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4)
Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the
Progress of the Project),
5)
Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6)
Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan
yang benar adalah ....
A. 1-2-3-4-5-6
B.
1-3-2-4-5-6
C.
1-3-2-5-6-4
D.
1-2-3-5-4-6
9. Perhatikan
langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1)
Mengorganisasi siswa dalam belajar
2) Orientasi siswa pada Masalah
3) Membimbing penyelidikan siswa secara
mandiri atau kelompok
4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model
pembelajaran Problem Based Learning,
urutan langkah yang tepat adalah ....
A. 1-2-3-4
B. 2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D. 2-3-1-4
10. Perhatikan
langkah-langkah kegiatan pembelajaran
berikut ini.
1) Orientasi siswa pada
masalah
2) Mengorganisasi siswa
dalam belajar
3) Membimbing
penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
4) Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
5) Menganalisis dan
mengevaluasi proses pemecahan masalah
Fase-fase pembelajaran tersebut
merupakan fase dalam pembelajaran dengan model ....
A. discovery
Learning
B. Project
Based Learning
C.
problem solving learning
D. problem based learning
POSTINGAN TERKAIT
Pembahasan Model Pembelajaran Discovery Learning baca DI SINI
Pembahasan Model Pembelajaran Discovery Learning baca DI SINI
BACA SOAL UTN LENGKAP DI SINI
Terima kasih Pak Zuhri.. atas soal-soal dan rangkuman materinya. Semoga Allah membalasnya dengan kebaikan yang berlipat ganda. Aamiin
ReplyDeleteaamiin yra... Alhamdulillah, trm kasih jg Ibu Sulviana Fitria..semoga bermanfaat. Sukses untuk ibu.
DeleteTerimksih bapak, membantu sekali dalam persiapan UTN.
ReplyDeletealhamdulillah, terima kasih juga
DeleteSyukron pak, dengan contoh-contoh soal dan pembahasannya
ReplyDeletealhamdulillah, terima kasih juga, semoga sukses
DeleteAssalamualaikum Pak Zuhri... Saya mau bertanya pak... Perbedaan mendasar dari model pembelajaran inkuiri dengan problem based learning itu apa pak? Pertanyaan ini berdasarkan soal no 6 pak... Saya masih bingung Pak... Tolong penjelasannya Pak.
ReplyDelete