09 April 2017

SOAL UTN PLPG 2017 MODEL PEMBELAJARAN PAKET 2




1.      Dalam mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.


Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran…

A.   portofolio

B.    saintifik

C.    penemuan

D.   autentik



2.      Dalam mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar menyampaikan  suatu permasalahan  guna menggugah dan menimbulkan kepenasaran-kepenasaran para siswanya. Langkah tersebut bertujuan untuk  mendorong para siswa agar mau mengembangkan kreativitasnya .


Langkah yang dilakukan Pak Mamaz Nendar itu merupakan bagian dari model pembelajaran….

A.              portofolio

B.              saintifik

C.              penemuan

D.              autentik



3.      Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun  (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.

Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....   

A.        projek based learning                              

B.         discovery Learning

C.         Problem Based Learning

D.        Inquiry learning


4.      Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat.

Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi  model pembelajaran ....

A.      Project based learning

B.      inquiry learning

C.      Discovery learning

D.      problem based learning


5.      Ketika memulai pembelajaran, Bu Dwi Wahyu  menyodorkan sebuah isu aktual dalam bentuk pertanyaan yang memerlukan solusi. Lalu, dalam bentuk kelompok-kelompok kecil, siswa diminta untuk untuk mencari alternatif solusi tersebut.

Kegiatan yang dilakukan Bu Dwi Wahyu tersebut mengisyaratkan implementasi  model pembelajaran ....

A.      Project based learning

B.      Problem based learning

C.      Discovery learning

D.      Inquiry learning

6.      Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, Bu Nuraini meminta peserta didik terlebih dahulu untuk mengobservasi suatu fenomena. Kemudian peserta didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu, peserta didik dirangsang untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Sementara itu, Bu Nuraeni mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka. 

Kegiatan yang dilakukan Bu Nuraeni  tersebut mengisyaratkan implementasi  model pembelajaran

A.      inquiry learning

B.      problem based learning

C.      Project based learning

D.      Discovery learning


7.      Pak Kandi bersama siswanya merencanakan sebuah kegiatan secara kolaboratif. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik merasa “memiliki” dan bertanggung jawab atas kegiatan  yang telah direncanakan bersama itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan mengenai aturan main, aktivitas pendukung, alat dan bahan yang dapat diakses, cara dan langkah kerja untuk menyelesaian rencana kegiatan kolaboratif tadi.

Model pengelolaan pembelajaran yang dipraktikkan oleh Pak Kandi mencerminkan prinsip model ....

A.      Problem solving learning

B.      Problem based learning

C.      Project based learning

D.      Discovery learning

8.  Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :

1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,                                                                            

2) Mendesain Perencanaan Proyek,                                                                               

3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),                                                                   

4) Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),                                                                                   

5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),                                                                       

6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).


Urutan yang benar adalah ....                                  

A.      1-2-3-4-5-6

B.      1-3-2-4-5-6

C.      1-3-2-5-6-4

D.      1-2-3-5-4-6


9. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!                                                                                                                                      
    1) Mengorganisasi siswa dalam belajar                                                             

2) Orientasi siswa pada Masalah                                                                                                                                     

3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok              

4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya                                                                                                    


Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem   Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ....

A. 1-2-3-4

B. 2-3-1-4

C. 3-2-1-4

D. 2-3-1-4


10. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran  berikut ini.

1) Orientasi siswa pada masalah                                                                            

2) Mengorganisasi siswa dalam belajar                                                              

3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok                 

4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya                                             

5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Fase-fase pembelajaran tersebut merupakan fase dalam pembelajaran dengan model ....

A.      discovery Learning

B.      Project Based Learning

C.      problem solving learning

D.      problem based learning



POSTINGAN TERKAIT
Pembahasan Model Pembelajaran Discovery Learning baca DI SINI
BACA SOAL UTN LENGKAP DI SINI




















7 comments:

  1. Terima kasih Pak Zuhri.. atas soal-soal dan rangkuman materinya. Semoga Allah membalasnya dengan kebaikan yang berlipat ganda. Aamiin


    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin yra... Alhamdulillah, trm kasih jg Ibu Sulviana Fitria..semoga bermanfaat. Sukses untuk ibu.

      Delete
  2. Terimksih bapak, membantu sekali dalam persiapan UTN.

    ReplyDelete
  3. Syukron pak, dengan contoh-contoh soal dan pembahasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, terima kasih juga, semoga sukses

      Delete
  4. Assalamualaikum Pak Zuhri... Saya mau bertanya pak... Perbedaan mendasar dari model pembelajaran inkuiri dengan problem based learning itu apa pak? Pertanyaan ini berdasarkan soal no 6 pak... Saya masih bingung Pak... Tolong penjelasannya Pak.

    ReplyDelete