1. Program
pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai
dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya belajar masing-masing. Pembelajaran remedial
harus mengakomodasi perbedaan individual peserta didik.
Pernyataan di atas termasuk salah satu prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...
A. Fleksibilitas
B. Interaktif
C. Adaptif
D. Kesinambungan
2. Pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan
peserta didik untuk secara intensif berhubungan dan berkomunikasi dengan
pendidik dan sumber belajar yang tersedia. Hal ini didasarkan atas pertimbangan
bahwa kegiatan belajar peserta didik yang bersifat perbaikan perlu selalu mendapatkan
monitoring dan pengawasan agar diketahui kemajuan belajarnya.
Pernyataan
di atas termasuk salah satu prinsip yang
perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...
A. Fleksibilitas
B. Interaktif
C. Adaptif
D. Kesinambungan
3. Bentuk perlakuan pembelajaran remedial dilakukan
berdasarkan keterserapan KD pada ketuntasan klasikal. Bila ketuntasan
klasikalnya kurang dari 50% artinya yang mengikuti pembelajaran remedial lebih dari
50% maka remedial dilakukan dengan….
A.
memberikan pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda.
B. bimbingan secara khusus
C. tutor sebaya
D. penugasan secara berkelompok
4. Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran diperoleh
hasil sebagai berikut. Dari 32 siswa yang mengikuti ulangan harian dinyatakan
belum tuntas sejumlah 15 sehingga
mengikuti program remedial.
Bentuk
perlakuan pembelajaran remedial berdasarkan data di atas adalah….
A. memberikan pembelajaran ulang dengan metode dan
media yang berbeda.
B. bimbingan secara khusus
C. tutor sebaya
D.
penugasan secara berkelompok
5. Langkah-langkah
yang perlu dikerjakan dalam pemberian pembelajaran remedial antara lain mendiagnosis
kesulitan belajar. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar ringan antara
lain…
A. Faktor keluarga karena perceraian orang tua
B. Faktor pergaulan karena dikucilkan teman-teman
C. Faktor pribadi kurang perhatian saat pelajaran
D. Faktor individu karena mengalami ketunaan pada
diri siswa
6. Ada beberapa teknik untuk mendiagnosis kesulitan
belajar dalam rangka melaksanakan pembelajaran remedial. untuk mengetahui
kesulitan peserta didik dalam menguasai kompetensi tertentu. Misalnya dalam
mempelajari operasi bilangan, apakah peserta didik mengalami kesulitan pada
kompetensi
penambahan, pengurangan, pembagian, atau perkalian digunakan teknik….
penambahan, pengurangan, pembagian, atau perkalian digunakan teknik….
A. Tes prayarat
B.
Tes diagnostik
C. Wawancara
D. Pengamatan
7. Setelah
diketahui kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik, langkah berikutnya
adalah memberikan perlakuan berupa pembelajaran remedial. Salah satu bentuk
pelaksanaan pembelajaran adala peserta didik diberi latihan intensif (drill)
untuk membantu menguasai kompetensi yang ditetapkan dan agar tidak mengalami kesulitan
dalam mengerjakan tes akhir.
Kegiatan
tersebut merupakan bentuk pelaksanaan pembelajaran remedial dengan….
A. pembelajaran
ulang dengan metode dan media yang berbeda.
B. Pemberian
bimbingan secara khusus
C. Pemberian tugas-tugas latihan
secara khusus
D. Pemanfaatan
tutor sebaya
8. Dalam
pembelajaran remedial seorang guru memanfaatkan siswa dalam satu kelas yang
memiliki kecepatan belajar lebih untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan
belajar.
Kegiatan tersebut merupakan bentuk pelaksanaan
pembelajaran remedial dengan….
A. pembelajaran
ulang dengan metode dan media yang berbeda.
B. Pemberian
bimbingan secara khusus
C. Pemberian
tugas-tugas latihan secara khusus
D. Pemanfaatan tutor sebaya
9. Pembelajaran
pengayaan memberikan pelayanan kepada peserta didik yang memiliki kecerdasan
lebih dengan tantangan belajar yang lebih tinggi untuk membantu mereka mencapai
kapasitas optimal dalam belajarnya. Pembelajaran pengayaan yang berupa program
yang bersifat umum yang dirancang untuk disajikan kepada peserta didik. Sajian
dimaksud berupa peristiwa sejarah, buku, tokoh masyarakat, dsb, yang secara
regular tidak tercakup dalam kurikulum adalah….
A.
Kegiatan eksploratori
B. Keterampilan proses
C. Pemecahan masalah
D. Kegiatan investigative
10. Bentuk-bentuk pelaksanaan pembelajaran pengayaan
dapat dilakukan dengan cara peserta didik yang memiliki minat tertentu diberikan
pembelajaran bersama pada jam-jam pelajaran sekolah biasa, sambil menunggu
teman-temannya yang mengikuti pembelajaran remedial karena belum mencapai
ketuntasan.
Bentuk pelakasanaan pembelajaran pengayaan tersebut adalah…
ketuntasan.
Bentuk pelakasanaan pembelajaran pengayaan tersebut adalah…
A.
Belajar kelompok
B. Belajar mandiri
C.
Pembelajaran berbasis tema
D.
Pemadatan kurikulum
PEMBAHASAN SOAL
Bentuk perlakuan
pembelajaran remedial dilakukan berdasarkan keterserapan KD pada ketuntasan
klasikal. Bila ketuntasan klasikalnya kurang dari 50% artinya yang mengikuti
pembelajaran remedial lebih dari 50% maka remedial dilakukan dengan memberikan pembelajaran
ulang dengan metode dan media yang berbeda. Jika yang mengikuti pembelajaran
remedial pada KD tersebut kurang dari 20%, maka perlakuan yang diberikan berupa
bimbingan secara khusus, misalnya dengan tutor sebaya. Jika yang mengikuti
remedial berada pada rentang 20%-50% maka perlakuan diberikan dengan penugasan secara
berkelompok (Depdiknas, 2010: 38).
Pembahasan
lengkap pembelajaran remedial BACA DI SINI dan pengayaan BACA DI SINI
BAGI PESERTA PLPG 2017 BACA PETUNJUK PRAKONDISI PLPG 2017 DI SINI
UNDUH MODUL PRAKONDISI PEDAGOGIK DI SINI
UNDUH MODUL PRAKONDISI BAHASA INDONESIA DI SINI
UNTUK PERSIAPAN UTN 2017 BACA PAKET LENGKAP SOAL DAN PEMBAHASAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI SINI
KOMPETENSI PROFESIONAL BAHASA INDONESIA DI SINI
BACA MATERI LENGKAP PPG-PLPG TAHUN 2017
BREAKING NEWSINFO PKB GURU PEMBELAJAR
BACA PETUNJUK TEKNIS PROGRAM PKB (GURU PEMBELAJAR) TAHUN 2017
UNDUH MODUL PRAKONDISI PEDAGOGIK DI SINI
UNDUH MODUL PRAKONDISI BAHASA INDONESIA DI SINI
UNTUK PERSIAPAN UTN 2017 BACA PAKET LENGKAP SOAL DAN PEMBAHASAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI SINI
KOMPETENSI PROFESIONAL BAHASA INDONESIA DI SINI
BACA MATERI LENGKAP PPG-PLPG TAHUN 2017
BREAKING NEWSINFO PKB GURU PEMBELAJAR
BACA PETUNJUK TEKNIS PROGRAM PKB (GURU PEMBELAJAR) TAHUN 2017
MODUL, LEMBAR KERJA, LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB 2017 KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI
MODUL, LK, LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB 2017 KOMPETENSI PROFESIONAL BACA DI SINI
MODUL, LK, LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB 2017 KOMPETENSI PROFESIONAL BACA DI SINI
Mudah2an yg blm plpg dgn adanya ini dpt membantu.
ReplyDeleteAamiin, semoga teman-teman guru lulus 100 % dalam UTN dan PLPG
DeleteSmg bisa lulus utn....amin
ReplyDeleteSoal disusun berdasarkan modul PLPG, modul guru pembelajar, soal UTN 2016, soal UKG 2015 ...
ReplyDeleteTerima kasih pada pak priyo Anggono atas atensinya,,
ReplyDeleteTrimakasih pak zuhri.. Sangat bermanfaat..
ReplyDeleteAlhamdulillah, trm kasih juga Pak Muchamad Bayu Nugraha, sukses untuk Bapak...
DeleteThat you're allowed to place leaders, however is not one way links, except when they're just authorised together with regarding niche. Spalling concrete
ReplyDelete