1. kegiatan yang harus dilakukan setelah
pembelajaran adallah melakukan refleksi. Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan
pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik. Tujuan dilakukannya refleksi
pembelajaran bagi peserta didik adalah....
- untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
- untuk mencapai kepuasaan diri peserta didik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
- untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya
- untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan peserta pendidik.
2. Kegiatan yang harus dilakukan setelah
pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran
bagi pendidik antara lain adalah ….
- Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik
- Untuk melakukan evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telah dilakukan
- untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
- Untuk mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
3. Kegiatan refleksi merupakan kegiatan terakhir
dari pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah guru akan dapat mengetahui
berhasil tidaknya rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan
dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya adalah ....
- Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
- Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
- Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
- Penilaian dilaksanakan sejak awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran
4. Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus
dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan
memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya adalah ….
- Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
- Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
- Penilaian oleh peserta didik dilakukan dengan sangat kritis
- Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
5. Untuk mengetahui keberhasilan belajar peserta
didik, baik selama maupun setelah peserta didik mengikuti pembelajaran tertentu
dapat dilihat melalui pengamatan keaktifan peserta didik dalam bekerjasama atau
wawancara tentang kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik selama
mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menjelaskan memberikan
penjelasan tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya adalah ...
- Mengapa peserta didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
- Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan agar efektif?
- Apakah kompetensi awal peserta didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
- mengapa peserta didik kita memberikan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan
Terima kasih
ReplyDelete