02 April 2017

SOAL UTN PLPG 2017 REFLEKSI PEMBELAJARAN


1. kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran adallah melakukan refleksi. Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik. Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi peserta didik adalah....
  1. untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
  2. untuk mencapai kepuasaan diri peserta didik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
  3. untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya
  4. untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan peserta pendidik.
2. Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain adalah ….
  1. Untuk  menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik
  2. Untuk melakukan evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telah dilakukan
  3. untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
  4. Untuk  mengembangkan  model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
3. Kegiatan refleksi merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah guru akan dapat mengetahui berhasil tidaknya rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya adalah ....
  1. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
  2. Ada kesadaran  pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
  3. Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
  4. Penilaian dilaksanakan sejak awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran
4. Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran  dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya adalah ….
  1. Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
  2. Ada kesadaran  pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
  3. Penilaian oleh peserta didik dilakukan dengan sangat kritis
  4. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
5. Untuk mengetahui keberhasilan belajar peserta didik, baik selama maupun setelah peserta didik mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan keaktifan peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menjelaskan memberikan penjelasan tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya adalah ...
  1. Mengapa peserta didik  tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
  2. Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan  agar efektif?
  3. Apakah kompetensi awal peserta didik untuk mengikuti pembelajaran  memadai?
  4. mengapa peserta didik kita memberikan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan

1 comment: