25 May 2017

ACTION PLAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA SMA NEGERI 2 BOYOLALI



PENGEMBANGAN PROPOSAL/RTL DAN LAPORAN INOVASI GURU DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DI SEKOLAH

Oleh:
Wawan Darmawan
Cepi Safruddin Abd. Jabar[1]


PENDAHULUAN
Dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter (PPK) di sekolah, setiap guru sesuai dengan bidang kompetensinya memiliki pengalaman tersendiri. Mereka dengan segala keahlian, kreativitas dan inovasinya mengembangkan pembelajaran yang mengandung muatan pendidikan karakter, baik di kelas, sekolah, maupun di lingkungan masyarakat. Dengan proses pendidikan yang mengandung penguatan pendidikan karakter ini diharapkan tumbuh student sense of place, yaitu kepekaan siswa terhadap lingkungan, mencakup kepekaan pada lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, lingkungan alam, dan lingkungan budaya setempat.
Menumbuhkan kepekaan yang berkarakter tersebut, guru berusaha untuk membuat inovasi pembelajaran dengan harapan selain aspek pengetahuan tercapai, nilai-nilai yang berkarakter juga terbentuk, baik afeksi maupun psikomotor peserta didik. Oleh karena itu, untuk mengembangkan pendidikan karakter diperlukan pendekatan pembelajaran yang memungkinkan unsur-unsur karakter menjadi bagian dari proses pembelajaran di dalam kelas. Pendidikan karakter harus menjadi bagian dari kegiatan pembelajaran di kelas, yaitu dengan  memasukkan atau menyisipkannya (infusing) ke dalam pengembangan pembelajaran dan menyelaraskannya dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) pada semua mata pelajaran, sebagaimana tercantum dalam Kurikulum 2013) (Darmawan, 2015).
Kegiatan penguatan pendidikan karakter dengan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh para guru di kelas, mungkin saja ada yang tidak teradministrasikan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai pada penyusunan laporan pelaksanaan. Dengan demikian tidak mengherankan jika PPK yang dikembangkan guru di dalam kelas atau sekolah tidak terencana, tidak dapat diketahui hasilnya atau dampak yang ditimbulkan karena tidak dibuat target-target dalam pencapaiannya. Untuk itu, dalam memudahkan perencanaan kegiatan inovasi pembelajaran yang berkarakter sebagai bagian dari program PPK, maka melalui kegiatan “Bimbingan Teknis Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa bagi Guru Pendidikan Menengah”, kami menyusun panduan penyusunan Proposal atau Rencana Tindak Lapangan (RTL). Bagi rekan guru yang sudah melaksanakan pendidikan karakter, dapat  menyesuaikan dengan komponen proposal atau RTL berikut ini. Demikian juga dengan laporan pelaksanaan pengembangan karakter kami sajikan di sini.

KOMPONEN PROPOSAL
A.       Judul
Judul yang baik adalah judul yang mampu menggambarkan permasalahan yang dihadapi dan tujuan yang ingin dicapai dari inovasi yang akan dijalankan guru di kelas, ataupun di lingkungan sekolah, bahkan di rumah. maka dari itu, judul sebaiknya memuat informasi inovasi yang dijalankan, serta maksud/tujuan yang ingin dicapai dengan menjalankan inovasi tersebut.[t1] 

B.       Latar belakang
Dalam bagian ini penulis/pengusul harus menjelaskan permasalahan apa yang dihadapi oleh penulis/pengusul di kelas ataupun di sekolah. hindari menguraikan permasalahan umum yang sebenarnya tidak terjadi dalam keseharian di sekolah/kelas. Pengusul bisa mengungkap beberapa peristiwa atau fenomena yang menyebabkan pentingnya pendidikan karakter yang perlu diterapkan di kelas atau dalam pembelajaran/di sekolah. Situasi dan kondisi itu harus menjelaskan situasi terakhir yang terjadi di kelas, sekolah dan atau di lingkungan di mana pengusul bekerja/berdomisili terkait dengan pendidikan karakter, disertai contoh-contoh dari masalah tersebut. Perlu juga dielaborasi sejauhmana guru telah menyelenggarakan pendidikan karakter bangsa sampai saat ini. Uraikan apa saja capaian yang telah diraih selama kegiatan penanamkan pendidikan karakter, dan apa saja hambatannya sehingga diperlukan rencana tindak ke depan. [t2] 
--------
---------
Inovasi yang ditawarkan merupakan suatu langkah yang diambil oleh pengusul dalam rangka memecahkan permasalahan (menjawab rumusan masalah) yang dihadapi di dalam kelas.
Pada bagian ini juga harus tergambarkan bentuk inovasi apa yang diusulkan dan berikan deskripsi singkat mengapa inovasi yang demikian mampu mengatasi masalah yang terjadi (khususnya pendidikan karakter).

D.       Tujuan
Patut dicatat, bahwa tujuan yang ingin dicapai adalah untuk memecahkan permasalahan karakter yang telah diungkapkan pada rumusan masalah yang dituliskan sebelumnya[t5] .

E.       Manfaat
Sebutkan dengan ringkas apa manfaat kongkrit untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang jika inovasi yang diimplementasikan di sekolah. Manfaat mencakup keuntungan yang didapatkan dari inovasi yang ditawarkan dalam pembentukan pendidikan karakter bangsa.

F.        Sumberdaya pendukung
Dijelaskan dengan kongkrit dan detail tentang sumberdaya apa saja yang dibutuhkan atau digunakan yang memungkinkan inovasi pendidikan karakter yang ditawarkan dapat dilaksanakan dengan baik.

G.       Alur pikir dan Strategi Implementasi
Uraian alur pikir bisa digambarkan dengan sebuah peta konsep/diagram/gambar. Pada bagian strategi implementasi, urutkan dan deskripsikan tahapan kegiatan pelaksanaan/penerapan pendidikan karakter bangsa yang akan dilaksanakan oleh guru di kelas. Deskripsi strategi implemetasi bisa juga menggunakan tabel atau diagram yang menjelaskan tahapan kegiatan/pelaksanaan.[t6] 
H.       Rangkuman/Simpulan

Selain menyusun proposal, guru juga dapat menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL). Adapun format rencana tindak/action plan adalah sebagai berikut.

SISTEMATIKA RENCANA TINDAK LANJUT
2.     Nilai karakter yang dikembangkan: merumuskan nilai yang relevan dengan judul atau tema yang telah ditentukan
3.     Tujuan dan manfaat: Rumusan tujuan menggambarkan hasil yang diinginkan dari inovasi yang direncanakan. Manfaat mencakup keuntungan yang didapatkan dari inovasi pendidikan karakter bangsa yang terwujud dalam berbagi bentuk.
4.     Indikator yang diharapkan: memuat secara spesifik indikator-indikator karakter akan dikembangkan. Untuk itu di dalam bagian ini dituliskan bagaimana kondisi awal dan target capaian yang ingin diraih
5.     Tahapan implementasi inovasi pendidikan karakter: Urutkan dan deskripsikan tahapan implementasi dari inovasi pendidikan karakter yang akan dilaksanakan oleh guru di kelas.
6.     Permasalahan yang muncul: pada bagian ini dijelaskan secara detail permasalah-permasalah yang muncul selama implementasi inovasi pendidikan karakter dikembangkan guru di sekolah
7.     Pemecahan masalah: menggambarkan upaya-upaya yang dilakukan oleh guru atau orang yang terlibat dengan penguatan pendidikan karakter sesuai dengan permasalahan yang muncul.
8.     Sumber daya pendukung: menguraikan sumber-sumber daya pendukung pada penguatan pendidikan karakter yang akan dikembangkan, baik manusianya, peserta didik, orang tua, dan masyarakat. Daya dukung ini juga dapat berupa sarana prasaran yang memberikan pengaruh yang kuat pada pelaksanaan inovasi PPK.
9.     Waktu Pelaksanaan: gambaran waktu pelaksanaan dari Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah yang akan dilaksanakan oleh guru.
10.  Berikut ini contoh RTL.














RENCANA TINDAK LANJUT (RTL)
INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH

Nama        :     ………………………………
Sekolah      :     ………………………………
Kab/Kota   :     ………………………………
Provinsi     :     ………………………………


Judul Inovasi PPK/RTL:Peningkatan Kedisiplinan Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia  melalui Kuis”

No
Permasalahan
Tujuan
Nilai Karakter yg Dikembangkan
Indikator Keberhasilan

Tahapan Implementasi
Inovasi
Pemecahan Masalah
Sumber Daya Pendukung
Waktu Pelaksanaan

Kondisi Awal
Target Capaian
1

Angka keterlambatan siswa datang di sekolah  cukup tinggi
Meningkatkan tingkat kedisiplinan siswa datang tepat waktu di sekolah





Disiplin
Rata-rata Kehadiran siswa perminggu 80%







Rata-rata kehadiran siswa perminggu 100%

1.       Menginformasikan kegiatan kuis kepada seluruh siswa dan orang tua
2.       Menyusun soal kuis yang berbasis materi bahasa Indonesia
3.       Melaksanakan kuis
4.       Mengolah hasil kuis
5.       Mengumumkan

1.     mengapresiasi bagi yang hadir tepat waktu
2.     mengganti bentuk kuis
3.     menambah kuis banyak yg terlambat
Guru, orang tua, dan  komite sekolah
4 bulan
2.
dst









Jogyakarta, 3 Mei 2017
Guru Mapel

Wawan Darmawan M.Hum


LAPORAN KEGIATAN

Berikut ini format laporan pelaksanaan kegiatan inovasi pembelajaran yang dikembangkan.



A.       Cover

B.       Lembar Pengesahan

Laporan yang dibuat harus diberi pengesahan oleh Kepsek dan Pengawas)[t9] 

C.       Kata Pengantar

D.       Daftar Isi

E.       Bab I Pendahuluan: berisikan uraian Latarbelakang, Rumusan Masalah, Tujuan, dan Manfaat.  

F.        Bab II Metode Pelaksanaan Pendidikan Karakter

Berisikan uraian tentang Inovasi yang ditawarkan, alur pikir dan strategi implementasi, sumber daya pendukung, serta evaluasi pelaksanaan penguatan nilai karakter.

G.       Bab III Pelaksanaan Tahapan Inovasi Pembelajaran: Menguraikan bagaimana tahapan implementasi yang sudah direncanakan dijalankan di sekolah/kelas sesuai dengan RTL. Jelaskan pula permasalahan yang ditemui ketika RTL dijalankan dan jelaskan bagaimana menyelesaikannya. Bagaimana tindakan yang dijalankan dievaluasi, dan bagaimana tindaklanjutnya. Deskripsikan secara detail bagaimana hasil bisa diperoleh, dan seperti apa hasilnya.

H.       Simpulan

Uraikan secara ringkas bagaimana permasalahan yang dihadapi dan bagaimana inovasi yang ditawarkan itu dijalankan. Jelaskan pula secara ringkas hasil yang diperoleh dari penerapan inovasi tersebut.[t10] 




Catatan:

Untuk laporan progress report/kemajuan, format laporan sebagai berikut[t12] . Pelaksanaan Tahapan Inovasi Pembelajaran: Perencanaan sesuai dengan RTL, Kegiatan dan Waktu Pelaksanaan, Permasalahan yang Muncul, Upaya Penyelesaian Masalah, dan Hasil yang Dicapai serta Lampiran (sebagai bukti).





[1]  Disampaikan dalam kegiatan “Bimbingan Teknis Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa bagi Guru Pendidikan Menengah tanggal 3-10 Mei 2017, di Jakarta dan Yogyakarta”.

1 comment:

  1. TERIMAKASIH, untuk contoh action plan nya, sangat membantu, :)

    ReplyDelete