PENGEMBANGAN PROPOSAL/RTL DAN LAPORAN INOVASI
GURU DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DI SEKOLAH
Oleh:
Wawan Darmawan
Cepi Safruddin Abd. Jabar[1]
PENDAHULUAN
Dalam
pelaksanaan penguatan pendidikan karakter (PPK) di sekolah, setiap guru sesuai
dengan bidang kompetensinya memiliki pengalaman tersendiri. Mereka dengan
segala keahlian, kreativitas dan inovasinya mengembangkan pembelajaran yang
mengandung muatan pendidikan karakter, baik di kelas, sekolah, maupun di
lingkungan masyarakat. Dengan proses pendidikan yang mengandung penguatan
pendidikan karakter ini diharapkan tumbuh student
sense of place, yaitu kepekaan siswa terhadap lingkungan, mencakup kepekaan
pada lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, lingkungan alam, dan lingkungan
budaya setempat.
Menumbuhkan
kepekaan yang berkarakter tersebut, guru berusaha untuk membuat inovasi
pembelajaran dengan harapan selain aspek pengetahuan tercapai, nilai-nilai yang
berkarakter juga terbentuk, baik afeksi maupun psikomotor peserta didik. Oleh
karena itu, untuk mengembangkan pendidikan karakter diperlukan pendekatan
pembelajaran yang memungkinkan unsur-unsur karakter menjadi bagian dari proses
pembelajaran di dalam kelas. Pendidikan karakter harus menjadi bagian dari
kegiatan pembelajaran di kelas, yaitu dengan
memasukkan atau menyisipkannya (infusing)
ke dalam pengembangan pembelajaran dan menyelaraskannya dengan Kompetensi
Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) pada semua mata pelajaran, sebagaimana tercantum
dalam Kurikulum 2013) (Darmawan, 2015).
Kegiatan
penguatan pendidikan karakter dengan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh para
guru di kelas, mungkin saja ada yang tidak teradministrasikan, mulai dari
perencanaan, pelaksanaan sampai pada penyusunan laporan pelaksanaan. Dengan
demikian tidak mengherankan jika PPK yang dikembangkan guru di dalam kelas atau
sekolah tidak terencana, tidak dapat diketahui hasilnya atau dampak yang
ditimbulkan karena tidak dibuat target-target dalam pencapaiannya. Untuk itu,
dalam memudahkan perencanaan kegiatan inovasi pembelajaran yang berkarakter
sebagai bagian dari program PPK, maka melalui kegiatan “Bimbingan Teknis
Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa bagi Guru Pendidikan Menengah”, kami
menyusun panduan penyusunan Proposal atau Rencana Tindak Lapangan (RTL). Bagi
rekan guru yang sudah melaksanakan pendidikan karakter, dapat menyesuaikan dengan komponen proposal atau RTL
berikut ini. Demikian juga dengan laporan pelaksanaan pengembangan karakter
kami sajikan di sini.
KOMPONEN PROPOSAL
A. Judul
Judul yang baik adalah judul yang mampu
menggambarkan permasalahan yang dihadapi dan tujuan yang ingin dicapai dari
inovasi yang akan dijalankan guru di kelas, ataupun di lingkungan sekolah,
bahkan di rumah. maka dari itu, judul sebaiknya memuat informasi inovasi yang
dijalankan, serta maksud/tujuan yang ingin dicapai dengan menjalankan inovasi
tersebut.[t1]
B. Latar
belakang
Dalam
bagian ini penulis/pengusul harus menjelaskan permasalahan apa yang dihadapi
oleh penulis/pengusul di kelas ataupun di sekolah. hindari menguraikan
permasalahan umum yang sebenarnya tidak terjadi dalam keseharian di
sekolah/kelas. Pengusul bisa mengungkap beberapa peristiwa atau fenomena yang
menyebabkan pentingnya pendidikan karakter yang perlu diterapkan di kelas atau
dalam pembelajaran/di sekolah. Situasi dan kondisi itu harus menjelaskan
situasi terakhir yang terjadi di kelas, sekolah dan atau di lingkungan di mana
pengusul bekerja/berdomisili terkait dengan pendidikan karakter, disertai
contoh-contoh dari masalah tersebut. Perlu juga dielaborasi sejauhmana guru
telah menyelenggarakan pendidikan karakter bangsa sampai saat ini. Uraikan apa
saja capaian yang telah diraih selama kegiatan penanamkan pendidikan karakter,
dan apa saja hambatannya sehingga diperlukan rencana tindak ke depan. [t2]
--------
Mengacu
pada uraian latarbelakang di atas, pada bagian akhir pengusul merumuskan
permasalahan karakter bangsa yang akan dipecahkan melalui inovasi yang ditawarkan.
Lazimnya rumusan masalah ini ditulis dalam bentuk pernyataan pertanyaan.[t3]
---------
Inovasi
yang ditawarkan merupakan suatu langkah yang diambil oleh pengusul dalam rangka
memecahkan permasalahan (menjawab rumusan masalah) yang dihadapi di dalam
kelas.
Pada
bagian ini juga harus tergambarkan bentuk inovasi apa yang diusulkan dan
berikan deskripsi singkat mengapa inovasi yang demikian mampu mengatasi masalah
yang terjadi (khususnya pendidikan karakter).
D. Tujuan
Patut dicatat, bahwa tujuan yang ingin dicapai
adalah untuk memecahkan permasalahan karakter yang telah diungkapkan pada
rumusan masalah yang dituliskan sebelumnya[t5] .
E. Manfaat
Sebutkan
dengan ringkas apa manfaat kongkrit untuk jangka pendek, menengah dan jangka
panjang jika inovasi yang diimplementasikan di sekolah. Manfaat mencakup
keuntungan yang didapatkan dari inovasi yang ditawarkan dalam pembentukan
pendidikan karakter bangsa.
F.
Sumberdaya pendukung
Dijelaskan
dengan kongkrit dan detail tentang sumberdaya apa saja yang dibutuhkan atau
digunakan yang memungkinkan inovasi pendidikan karakter yang ditawarkan dapat
dilaksanakan dengan baik.
G. Alur pikir
dan Strategi Implementasi
Uraian alur pikir bisa digambarkan dengan sebuah
peta konsep/diagram/gambar. Pada bagian strategi implementasi, urutkan dan
deskripsikan tahapan kegiatan pelaksanaan/penerapan pendidikan karakter bangsa
yang akan dilaksanakan oleh guru di kelas. Deskripsi strategi implemetasi bisa
juga menggunakan tabel atau diagram yang menjelaskan tahapan
kegiatan/pelaksanaan.[t6]
H. Rangkuman/Simpulan
Dalam
bagian rangkuman ini tuliskan kembali hal-hal di atas dalam bahasa yang lebih
ringkas tentang permasalahan, proses dan
hasil yang ditemukan. [t7]
Selain
menyusun proposal, guru juga dapat menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL). Adapun
format rencana tindak/action plan adalah sebagai berikut.
SISTEMATIKA RENCANA TINDAK LANJUT
1. Judul/tema: Judul/tema yang dipilih dianggap mampu
menggambarkan permasalahan dan inovasi penguatan pendidikan karakter di
kelas/sekolah. Di sini memuat inovasi penanaman karakter atau inovasi
pembelajaraan dikembangkan[t8] .
2. Nilai
karakter yang dikembangkan:
merumuskan nilai yang relevan dengan judul atau tema yang telah ditentukan
3. Tujuan
dan manfaat: Rumusan
tujuan menggambarkan hasil yang diinginkan dari inovasi yang direncanakan.
Manfaat mencakup keuntungan yang didapatkan dari inovasi pendidikan karakter
bangsa yang terwujud dalam berbagi bentuk.
4. Indikator
yang diharapkan: memuat secara
spesifik indikator-indikator karakter akan dikembangkan. Untuk itu di dalam
bagian ini dituliskan bagaimana kondisi awal dan target capaian yang ingin
diraih
5. Tahapan
implementasi inovasi pendidikan karakter: Urutkan dan deskripsikan tahapan implementasi dari inovasi pendidikan
karakter yang akan dilaksanakan oleh guru di kelas.
6. Permasalahan
yang muncul: pada bagian
ini dijelaskan secara detail permasalah-permasalah yang muncul selama
implementasi inovasi pendidikan karakter dikembangkan guru di sekolah
7. Pemecahan
masalah: menggambarkan
upaya-upaya yang dilakukan oleh guru atau orang yang terlibat dengan penguatan
pendidikan karakter sesuai dengan permasalahan yang muncul.
8. Sumber
daya pendukung: menguraikan
sumber-sumber daya pendukung pada penguatan pendidikan karakter yang akan
dikembangkan, baik manusianya, peserta didik, orang tua, dan masyarakat. Daya
dukung ini juga dapat berupa sarana prasaran yang memberikan pengaruh yang kuat
pada pelaksanaan inovasi PPK.
9. Waktu
Pelaksanaan: gambaran
waktu pelaksanaan dari Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah yang akan
dilaksanakan oleh guru.
10. Berikut ini contoh RTL.
RENCANA
TINDAK LANJUT (RTL)
INOVASI
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH
Nama : ………………………………
Sekolah : ………………………………
Kab/Kota : ………………………………
Provinsi : ………………………………
Judul Inovasi PPK/RTL: “Peningkatan
Kedisiplinan Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Kuis”
No
|
Permasalahan
|
Tujuan
|
Nilai
Karakter yg Dikembangkan
|
Indikator
Keberhasilan
|
Tahapan
Implementasi
Inovasi
|
Pemecahan
Masalah
|
Sumber
Daya Pendukung
|
Waktu
Pelaksanaan
|
|
Kondisi
Awal
|
Target
Capaian
|
||||||||
1
|
Angka
keterlambatan siswa datang di sekolah
cukup tinggi
|
Meningkatkan
tingkat kedisiplinan siswa datang tepat waktu di sekolah
|
Disiplin
|
Rata-rata Kehadiran siswa
perminggu 80%
|
Rata-rata kehadiran siswa
perminggu 100%
|
1. Menginformasikan kegiatan kuis kepada
seluruh siswa dan orang tua
2. Menyusun soal kuis yang berbasis materi
bahasa Indonesia
3. Melaksanakan kuis
4. Mengolah hasil kuis
5. Mengumumkan
|
1.
mengapresiasi
bagi yang hadir tepat waktu
2.
mengganti
bentuk kuis
3.
menambah
kuis banyak yg terlambat
|
Guru, orang tua, dan komite sekolah
|
4
bulan
|
2.
|
dst
|
Jogyakarta, 3 Mei 2017
Guru Mapel
Wawan Darmawan M.Hum
LAPORAN
KEGIATAN
Berikut
ini format laporan pelaksanaan kegiatan inovasi pembelajaran yang dikembangkan.
A. Cover
B. Lembar
Pengesahan
Laporan
yang dibuat harus diberi pengesahan oleh Kepsek dan Pengawas)[t9]
C. Kata
Pengantar
D. Daftar Isi
E. Bab I
Pendahuluan: berisikan uraian Latarbelakang, Rumusan Masalah,
Tujuan, dan Manfaat.
F.
Bab II Metode Pelaksanaan Pendidikan Karakter
Berisikan uraian tentang Inovasi yang ditawarkan,
alur pikir dan strategi implementasi, sumber daya pendukung, serta evaluasi
pelaksanaan penguatan nilai karakter.
G. Bab III
Pelaksanaan Tahapan Inovasi Pembelajaran: Menguraikan
bagaimana tahapan implementasi yang sudah direncanakan dijalankan di
sekolah/kelas sesuai dengan RTL. Jelaskan pula permasalahan yang ditemui ketika
RTL dijalankan dan jelaskan bagaimana menyelesaikannya. Bagaimana tindakan yang
dijalankan dievaluasi, dan bagaimana tindaklanjutnya. Deskripsikan secara
detail bagaimana hasil bisa diperoleh, dan seperti apa hasilnya.
H. Simpulan
Uraikan secara ringkas bagaimana permasalahan
yang dihadapi dan bagaimana inovasi yang ditawarkan itu dijalankan. Jelaskan
pula secara ringkas hasil yang diperoleh dari penerapan inovasi tersebut.[t10]
Catatan:
Untuk laporan progress
report/kemajuan,
format laporan sebagai berikut[t12] . Pelaksanaan Tahapan Inovasi Pembelajaran: Perencanaan
sesuai dengan RTL, Kegiatan dan Waktu Pelaksanaan, Permasalahan yang Muncul,
Upaya Penyelesaian Masalah, dan Hasil yang Dicapai serta Lampiran (sebagai
bukti).
[1] Disampaikan dalam
kegiatan “Bimbingan Teknis Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa bagi Guru
Pendidikan Menengah tanggal 3-10 Mei 2017, di Jakarta dan Yogyakarta”.
TERIMAKASIH, untuk contoh action plan nya, sangat membantu, :)
ReplyDelete