KISI-KISI OLIMPIADE GURU NASIONAL KOMPETENSI PEDAGOGIK
NO
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
1
|
Perkembangan Kognitif
PEMBAHASAN/MATERI PERKEMBANGAN KOGNITIF BACA DI
SINI
|
Peserta ujian dapat menentukan hakikat kognisi
SOAL PERKEMBANGAN KOGNITIF BACA DI
SINI
|
2
|
Kesulitan Belajar
PEMBAHASAN KESULITAN BELAJAR SISWA BACA DI
SINI
|
Peserta ujian dapat menentukan jenis kesulitan belajar
Peserta ujian dapat menentukan factor penyebab kesulitan
belajar
SOAL KESULITAN BELAJAR SISWA BACA DI
SINI
|
3
|
Teori Belajar
PEMBAHASAN TEORI BELAJAR BACA DI
SINI
|
Peserta ujian dapat menentukan teori belajar berdasarkan
pernyataan tertentu
SOAL TEORI BELAJAR BACA DI
SINI
|
4
|
Prinsip Pengembangan Materi Pembelajaran
PEMBAHASAN PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN BACA DI
SINI
|
Peserta dapat menentukan prinsip pengembangan materi pembelajaran
SOAL PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN BACA DI
SINI
|
5
|
Metode, model, strategi pembelajaran
PEMBAHASAN MATERI MODEL-MODEL PEMBELAJARAN BACA DI
SINI
|
Peserta ujian dapat menentukan jenis metode, model, atau
strategi pembelajaran
Peserta ujian dapat menentukan langkah pembelajaran yang
tepat
|
6
|
Media Pembelajaran
PEMBAHASAN MATERI MEDIA PEMBELAJARAN BACA DI
SINI
|
Peserta ujian dapat menentukan media yang tepat dalam
pembelajaran
|
7
|
Penilaian
PEMBAHASAN MATERI PENILAIAN BACA DI
SINI
|
Peserta ujian dapat menentukan teknik-teknik penilaian
|
KISI-KISI OGN BAHASA INDONESIA KOMPETENSI PROFESIONAL
BIDANG
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
Bahasa
|
Tanda Baca
|
Peserta
olimpiade dapat menentukan penggunaan berbagai tanda baca (koma, titik koma,
titik dua, tanda pisah) yang tepat.
|
imbuhan
|
Peserta
olimpiade dapat menentukan penggunaan berbagai imbuhan (-nya, ke-an) dengan
tepat
|
|
Imbuhan asing
|
Peserta
olimpiade dapat menentukan penulisan imbuhan asing (non-, pra-, intra-, dsb.)
dengan tepat
|
|
Kata ulang
|
Peserta
olimpiade dapat menentukan makna kata ulang dengan tepat
|
|
Kata
berimbuhan
|
Peserta
olimpiade dapat menggunakan kata berimbuhan (ber-an) dengan tepat
|
|
Frasa
|
Peserta
olimpiade dapat menentukan hubungan unsur pembentuk frasa
|
|
Kalimat
efektif
|
Peserta
olimpiade dapat menggunakan kalimat efektif
|
|
Peserta olimpiade
dapat memperbaiki kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif
|
||
Paragraf
|
Peserta
olimpiade dapat menentukan ide pokok paragraf
|
|
Peserta
olimpiade dapat menentukan kalimat utama paragraf
|
||
Peserta
olimpiade dapat menentukan kalimat tidak padu dalam paragraf
|
||
Peserta
olimpiade dapat mengurutkan kalimat acak menjadi paragraf yang padu
|
||
Sastra
|
Pantun
|
Peserta
olimpiade dapat melengkapi baris pantun
|
Peserta
olimpiade dapat menentukan alasan kekurangan pantun
|
||
Syair
|
Peserta
olimpiade dapat membedakan isi syair dan puisi baru
|
|
Puisi baru
|
Peserta
olimpiade dapat menentukan maksud puisi
|
|
Peserta dapat
menentukan suasana puisi
|
||
Prosa
(cerpen/novel)
|
Peserta
olimpiade dapat menentukan konflik tokoh
|
|
Peserta
olimpiade dapat menentukan kalimat esai sastra prosa
|
||
Drama
|
Peserta
olimpiade dapat membedakan drama dan teater
|
|
Peserta
olimpiade dapat menentukan suasana berdasarkan dialog dalam teks drama
|
0 komentar:
Post a Comment