KISI-KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN / ULANGAN KENAIKAN KELAS DAN
RINGKASAN MATERI
MAPEL BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA/SMK
MATERI: TEKS PROPOSAL, KARYA ILMIAH, RESENSI, DAN DRAMA
KISI-KISI PAT/UKK KELAS X KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/05/kisi-kisi-pat-ukk-semester-2-tahun.html
KISI-KISI UKK 2016/2017 BAHASA INDONESIA KELAS XI
KURIKULUM 2006
Kompetensi Dasar
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
9.1 Merangkum isi pembicaraan dalam
suatu diskusi atau seminar
|
Disajikan
penggalan pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar, siswa dapat menentukan pokok isi yang
sesuai dengan pembicaraan tersebut
dengan benar.
|
PG
|
1
|
Disajikan
penggalan pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar, siswa dapat menentukan pokok isi yang
tidak sesuai dengan pembicaraan tersebut
dengan benar.
|
PG
|
2
|
|
Disajikan
penggalan pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar, siswa dapat menentukan rangkuman isi pembicaraan
tersebut dengan benar.
|
PG
|
3
|
|
9.2 Mengomentari
pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar
|
Disajikan pernyataan
yang berupa pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar, siswa dapat menentukan kalimat persetujuan yang tepat.
|
PG
|
4
|
Disajikan pernyataan
yang berupa pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar, siswa dapat menentukan kalimat penolakan/sanggahan yang tepat.
|
PG
|
5
|
|
10.1 Mempresentasikan
hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan
bahasa yang baik dan benar
|
Disajikan kutipan laporan
hasil penelitian, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan benar.
|
PG
|
6
|
Disajikan kutipan laporan hasil penelitian, siswa yang kalimatnya tidak efektif, siswa dapat menentukan perbaikan kalimat yang tepat.
|
PG
|
7
|
|
10.2 Mengomentari tanggapan orang
lain terhadap presentasi hasil penelitian
|
Disajikan tanggapan terhadap
presentasi hasil penelitian, siswa dapat mengomentari ketepatan isi tanggapan
tersebut dengan benar.
|
PG
|
8
|
Disajikan tanggapan terhadap
presentasi hasil penelitian, siswa dapat mengomentari kalimat tanggapan dari segi bahasa dengan
tepat.
|
PG
|
9
|
|
11.1 Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata per menit
|
Disajikan dua
teks teks, siswa dapat menentukan perbedaan isi dua teks dengan benar.
|
PG
|
10
|
Disajikan dua
teks teks, siswa dapat menentukan persamaan isi dua teks dengan benar
|
PG
|
11
|
|
11.2
Membedakan fakta dan opini pada editorial dengan membaca intensif
|
Disajikan
penggalan editorial, siswa dapat
menentukan kalimat fakta
dengan benar.
|
PG
|
12
|
Disajikan
penggalan editorial, siswa dapat
menentukan kalimat opini
dengan benar.
|
PG
|
13
|
|
Disajikan
penggalan editorial, siswa dapat
menentukan pihak yang
dituju dengan benar.
|
PG
|
14
|
|
12.1 Menulis rangkuman/ringkasan isi buku
|
Disajikan sebuah
teks yang terdiri atas dua paragraf, siswa dapat menentukan pokok pikiran paragraf
pertama dengan benar.
|
PG
|
15
|
Disajikan sebuah
teks yang terdiri atas dua paragraf, siswa dapat menentukan pokok pikiran paragraf
kedua dengan benar.
|
PG
|
16
|
|
Disajikan sebuah
teks yang terdiri atas dua paragraf, siswa dapat menentukan rangkuman/ringkasan dengan
benar.
|
PG
|
17
|
|
12.2 Menulis
notulen rapat sesuai dengan pola penulisannya
|
Disajikan pendapat
dua orang anggota rapat, siswa dapat menentukan rangkuman atas dua pendapat
tersebut dengan benar.
|
PG
|
18
|
Disajikan penggalan
notulen yang dirumpangkan satu atau
lebih bagian notulen, siswa dapat menentukan bagian yang tepat untuk
melengkapi notulen tersebut dengan benar.
|
PG
|
19
|
|
12.3 Menulis
karya ilmiah seperti hasil pengamatan, dan penelitian
|
Disajikan
data dua buku, siswa dapat
menentukan penulisan daftar
pustaka yang tepat.
|
PG
|
20
|
Disajikan sebuah topik karya ilimiah, siswa dapat
menentukan latar belakang yang sesuai dengan topik karya ilmiah tersebut yang
tepat.
|
PG
|
21
|
|
Disajikan sebuah topik karya tulis, siswa dapat
menentukan rumusan masalah yang tepat.
|
PG
|
22
|
|
Disajikan sebuah penulisan judul dalam karya tulis
yang masih salah, siswa dapat menentukan penulisan judul yang benar.
|
PG
|
23
|
|
Disajikan sebuah kalimat dari karya tulis yang belum
efektif, siswa dapat menentukan perbaikannya dengan benar.
|
PG
|
24
|
|
Disajikan sebuah paragraf yang mengandung kalimat
penjelas yang tidak padu, siswa dapat menentukan kalimat penjelas yang tidak
padu tersebut dengan benar.
|
PG
|
25
|
|
13.1 Mengidentifikasi alur,
penokohan, dan latar dalam cerpen yang dibacakan
|
Disajikan
kutipan cerpen, siswa dapat
menentukan bagian alur (plot) sesuai isi kutipan dengan
benar.
|
PG
|
26
|
Disajikan kutipan
cerpen, siswa dapat menentukan konflik cerpen dengan
benar
|
PG
|
27
|
|
Disajikan kutipan
cerpen siswa dapat menentukan watak tokoh cerpen
dengan benar.
|
PG
|
28
|
|
Disajikan kutipan
cerpen siswa dapat menentukan cara pendeskripsian watak tokoh cerpen dengan benar.
|
PG
|
29
|
|
Disajikan kutipan
cerpen siswa dapat menentukan latar (tempat, waktu,
suasana) cerpen dengan
benar.
|
PG
|
30
|
|
Disajikan kutipan
cerpen siswa dapat menentukan bukti kalimat dari
latar suasana dengan benar.
|
PG
|
31
|
|
13.2 Menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang
dibacakan
|
Disajikan kutipan
cerpen siswa dapat menentukan nilai moral dalam cerpen dengan benar.
|
PG
|
32
|
Disajikan kutipan
cerpen siswa dapat menentukan nilai budaya dalam cerpen dengan benar.
|
PG
|
33
|
|
Disajikan kutipan
cerpen siswa dapat menentukan nilai sosial dalam cerpen dengan benar.
|
PG
|
34
|
|
15.1 Mengungkapkan
hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh
|
Disajikan kutipan teks biografi tokoh pendidikan,
siswa dapat menentukan hal yang menarik tentang tokoh dengan benar.
|
PG
|
35
|
Disajikan kutipan teks biografi tokoh budaya, siswa
dapat menentukan hal yang dapat diteladani dari tokoh dengan benar.
|
PG
|
36
|
|
15.2 Membandingkan unsur
intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan dengan hikayat
|
Disajikan penggalan hikayat, siswa dapat menentukan
karakteristik hikayat yang menonjol dengan benar.
|
PG
|
37
|
Disajikan penggalan hikayat, siswa dapat menentukan
kemustahilan yang terdapat pada
hikayat dengan benar.
|
PG
|
38
|
|
16.2
Menarasikan pengalaman manusia dalam
bentuk adegan dan latar pada naskah drama.
|
Disajikan penggalan naskah drama yang dirumpangkan
dialognya, siswa dapat melengkapinya dengan benar.
|
PG
|
39
|
Disajikan penggalan naskah drama yang dirumpangkan
petujuk lakuannya, siswa dapat melengkapinya dengan benar.
|
PG
|
40
|
|
15.2 Membandingkan unsur
intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan dengan hikayat
|
Disajikan
penggalan novel Indonesia/terjemahan dan penggalan hikayat, siswa dapat
membandingkan unsur intrinsiknya (tema, latar, amanat, nilai kehidupan) dengan benar.
|
Uraian
|
41
|
11.1 Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata per menit
|
Disajikan teks terdiri 3 paragraf, siswa dapat
menentukan ide pokok paragraf dengan tepat
|
Uraian
|
42
|
16.2 Menarasikan pengalaman
manusia dalam bentuk adegan dan latar
pada naskah drama.
|
Disajikan
sebuah ilustrasi berupa pengalaman yang menarik (salah paham dengan teman),
siswa dapat menarasikannya dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama
yang benar.
|
Uraian
|
43
|
11.3
Membedakan fakta dan opini pada editorial dengan membaca intensif
|
Disajikan sebuah editorial, siswa dapat menentukan
kalimat fakta, kalimat opini pada editorial, dan tujuan penulisan editorial dengan benar.
|
Uraian
|
44
|
12.3 Menulis
karya ilmiah seperti hasil
pengamatan, dan penelitian
|
Disajikan sebuah
judul karya ilmiah, siswa dapat menuliskan paragraf latar belakang yang
sesuai dengan judul tersebut dengan benar.
|
Uraian
|
45
|
0 komentar:
Post a Comment