08 May 2017

OGN 2017 BAHASA INDONESIA: TIPS MENENTUKAN KALIMAT UTAMA PARAGRAF


MENENTUKAN KALIMAT UTAMA PARAGRAF

Kalimat utama merupakan kalimat berisi ide pokok. Kalimat utama dapat ditemukan di awal, akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf.

Ciri kalimat utama di antaranya:

1. Mengandung permasalahan yang dapat diuraikan lebih lanjut;

2. Biasanya berupa kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri;

3.  Dalam paragraf induktif, kalimat utama sering ditandai kata-kata kunci, seperti jadi atau dengan demikian.

Tentukan kalimat utama paragraf berikut!

No
Paragraf
Kalimat Utama
1
1) Jamur memang bisa menjadi hidangan yang lezat dan menyehatkan. 2) Namun, tidak semua jamur yang ada di dunia bisa dijadikan hidangan layak dikonsumsi. 3) Beberapa jamur mengandung zat racun yang bisa membahayakan tubuh. 4) Senyawa berbahaya yang terdapat dalam beberapa jenis jamur, di antaranya amatoksin, muskarin, kholin, giromitrin, falin, atropin, dan asam halvevat. 5) Senyawa-senyawa tersebut bisa menyebabkan kematian.

Jamur memang bisa menjadi hidangan yang lezat dan menyehatkan.
2
(1) Masalah tenaga kerja  menyangkut jutaan jiwa  dan  masalahnya selalu saling memengaruhi. (2) Faktor demografis memengaruhi jumlah dan komposisi angkatan kerja. (3) Hal ini justru berdampak pada pertumbuhan penduduk usia kerja yang jauh lebih cepat daripada pertumbuhan penduduk secara keseluruhan. (4) Di sisi lain, rata-rata pertumbuhan perusahaan yang sahamnya dicatatkan di bursa efek Indonesia rata-rata lebih dari 15%, bahkan sejumlah perusahaan milik negara mampu tumbuh di atas 20%. (5) Masalah ketenagakerjaan di Indonesia sangat besar dan kompleks.

Masalah ketenagakerjaan di Indonesia sangat besar dan kompleks.
3
1) Taman kota merupakan ruang di dalam kota yang ditata untuk menciptakan keindahan, kenyamanan, keamanan, dan kesehatan bagi penggunanya. 2) Taman kota dilengkapi bebe¬rapa fasilitas untuk kebutuhan masyarakat kota sebagai tempat rekreasi. 3) Selain itu, taman kota difungsikan sebagai paru-paru kota, pengendali iklim mikro, konservasi tanah dan air, dan habitat berbagai flora dan fauna. 4) Apabila terjadi suatu bencana, taman kota dapat difungsikan sebagai tempat posko pe¬ngungsian. 5) Pepohonan yang ada di taman kota dapat memberikan manfaat keindahan, penangkal angin, dan penyaring cahaya mata¬hari.
Taman kota merupakan ruang di dalam kota yang ditata untuk menciptakan keindahan, kenyamanan, keamanan, dan kesehatan bagi penggunanya.
4
1) Kematian anak usia dibawah satu tahun di Indonesia sangat memprihatinkan. 2) Menurut survai Demografi dan Kesehatan Indonesia, angka kematian bayi tahun 2007 adalah 34 per 1.000 kelahiran hidup. 3) Angka kematian bayi di Indonesia diperkirakan tertinggi diantara negara ASEAN. 4) Ada 75 persen dari kematian bayi berumur dibawah satu tahun karena Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), konflikasi perinatal bayi umur 0-28 hari, dan diare. 5) Oleh karena itu, upaya mengatasi ketiga penyebab utama kematian bayi itu harus diutamakan
Oleh karena itu, upaya mengatasi ketiga penyebab utama kematian bayi itu harus diutamakan.
5
(1) Beras merah merupakan jenis beras dengan kandungan vitamin B dan vitamin E yang tinggi. (2) Manfaat beras merah sangat baik untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. (3) Hal ini disebabkan beras merah kaya akan serat alami, gizi, vitamin, dan kandungan mineral yang tinggi. (4) Hampir semua petani Indonesia membudidayakannya di lahannya. (5) Beras merah juga mengandung berbagai zat seperti fenolat yang merupakan antioksidan kuat, selenium, dan zat-zat lainnya.
Beras merah merupakan jenis beras dengan kandungan vitamin B dan vitamin E yang tinggi.
6
Sebuah sekolah mengadakan angket budi pekerti yang dipandu guru BK di kelas XII IPA 2 . Hasilnya diketahui bahwa Ridho, Alfian, dan Dhanu selalu berkunjung ke panti asuhan dua bulan sekali. Kemudian, Aziz, Tia, dan Zahra adalah anak-anak yang segera tanggap menggalang bantuan sosial jika mendengar terjadi musibah di suatu daerah. Berbeda dengan Ulil, Annas, dan Tifa. Ketiga anak ini suka bersedekah pada fakir miskin. Selanjutnya, teman-teman sekelas lainnya
adalah anak-anak yang ringan hati menyumbang jika ada teman sekelas mereka yang tidak mampu membayar iuran sekolah. Jadi, siswa kelas XII IPA 2 berjiwa sosial tinggi.
Jadi, siswa kelas XII IPA 2 berjiwa sosial tinggi.


POSTINGAN TERKAIT
1. TIPS MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF BACA DI SINI
2. JENIS-JENIS PARAGRAF BACA DI SINI
3. BERBAGAI STRUKTUR TEKS BACA DI SINI
4. PERSIAPAN OGN 2017 PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL BACA DI SINI

0 komentar:

Post a Comment