04 May 2017

SOAL OGN 2017 BAHASA INDONESIA: EJAAN, KATA, KALIMAT, PARAGRAF, DAN TEKS

BAHAN PERSIAPAN OLIMPIADE GURU NASIONAL (OGN) 2017
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

1.  Menurut Akbary (2011): pendidikan masa depan Iebih mengedepankan aspek kepribadian dari aspek kepandaian.

Kalimat yang paling tepat sebagai pembetulan kalimat kutipan di atas adalah

A.   Menurut Akbary (2011) menyatakan pendidikan masa depan lebih mengedepankan aspek kepribadian daripada aspek kepandaian.

B.   Menurut Akbary (2011) bahwa pendidikan masa-depan lebih mengedepankan aspek kepribadian dari aspek kepandaian.

C.   Akbary (2011) menyatakan pendidikan masa depan lebih mengedepankan aspek kepribadian dari aspek kepandaian.

D.   Akbary (2011) menyatakan bahwa pendidikan masa depan lebih mengedepankan aspek kepribadian daripada aspek kepandaian.

2. kutipan berita berikutl

Hari itu merupakan hari Sabtu tanggal 21 Mei 2009. Pada pukul 14.30 sore Krisdayanti berangkat dengan sedan merahnya dari kompleks perumahan elite Kemayoran Jakarta menuju International School untuk menjemput anaknya pulang dan sekolah. Tapi sayang, hari itu keadaan cuaca kota Jakarta sangat buruk. Awan hitam menutupi hampir semua langit di Jakarta sore itu. Mobil yang dikendarai oleh Krisdayanti melaju sangat cepat dan kondisi jalan saat itu licin karena hujan yang turun terlalu lebat dan mengganggu pandangan saat berkendara.

Rupanya nasib sial sedang menimpa artis senior, Krisdayanti. Tepat di persimpangan jalan bundaran Tamrin, mobil Krisdayanti mengalami kecelakaan yang diakibatkan oleh rem yang blong. Sedan merah yang ia tumpangi Iangsung menabrak sebuah kayu besar yang berada tepat di pinggir trotoar. Kejadian itu sangat mengenaskan dan mengakibatkan rusak yang parah pada mobilnya. Selain itu, luka berat, kepalanya terbentur pada kaca mobil. Saat itu pula warga yang melintas di sekitar lokasi kejadian Iangsung melarikan Krisdayanti ke RSCM.

Kelemahan penulisan teks berita tersebut adalah

A.  Tubuh berita tidak ditulis secara lengkap.

B.  Teras berita tidak ditulis secara tepat.

C.  Bahasa yang digunakan tidak baik dan benar.

D.  Isi berita (5W + 1 H) tidak lengkap.

3.  Dalam buku Terapi Altematif Masakini karya Ridho Antono yang diterbitkan tahun 2010 pada  halaman 37 terdapat kutipan sebagai berikut.

"Masyarakat mulai tidak percaya dengan pengobatan konvensional dan kini mulai melirik pengobatan altematif yang lebih alami" (Dana, 2008:234).

Jika Ubed mengutip pendapat Dani yang dikutip Ridho Antono di atas, penulisan kutipan yang benar adalah

A.   Dani (dalam Ridho Antono, 2010) menyatakan bahwarnasyarakat mulai tidak percaya dengan pengobatan konvensional dan kini mulai melirik pengobatan alternatif yang lebih alami.

B.   Ridho Antono dalam bukunya yang berjudul Terapi Altematif Masakini menyatakan bahwa "Masyarakat mulai tidak percaya dengan pengobatan konvensional dan kini mulai melirik pengobatan altematif yang lebih alami” (Dani, 2008:234).

C.   Dani (2008:234) menyatakan bahwa Masyarakat mulai melirik pengobatan altematif yang lebih alami dan mulai tidak percaya dengan pengobatan konvensional.

D.   Menurut Dani (dalam Antono, 2010), masyarakat mulai melirik pengobatan altematif yang lebih alami dan mulai tidak percaya dengan pengobatan konvensional.

8. Pada saat ini Pemerintah sedang gencar mengembangkan pariwisata. Pariwisata merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang sangat besar jumlahnya. pariwisata juga merupakan sarana terbaik untuk membentuk citra baik bangsa dan negara di mata intemasional.

Kata sambung yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah

A.  Di samping itu,

B.  Oleh karena itu,

C. Untuk itu,

D. Oleh sebab itu,

9. Seorangguru harus memiliki kompetensi profesional (kemampuan bidang studi), kompetensi pedagogik, kepribadian, dan sosial. Kompetensi pedagogik terdiri atas enam sub- kompetensi yaitu kemampuan memahami potensi peserta didik, kemampuan memahami cara belajar pesera didik, kemampuan memberi gambaran pekerjaan pada peserta didik, kemampuan merencanakan pembelajaran yang mendidik, kemampuan melaksanakan interaksi belajar mengajar di kelas, dan kemampuan mengevaluasi.

Kompetensi kepribadian terdiri dari empat sub-kompetensi yaitu kepribadian mantap, kepribadian dewasa, kepribadian mulia, dan kemandirian. Sedangkan komptensi sosial terdiri dari tiga sub kompetensi yaitu kerjasama, komunikasi, dan kontribusi terhariap pengembangan pendidikan.

Penyebab teks di atas termasuk paragraf yang kurang sempuma adalah

A.  ide pokoknya tidak jelas.

B.  tidak memiliki kalimat topik/utama.

C. tidak memiliki kalimat penjelas.

D. kalimat penjelasnya tidak lengkap.

10.  Karena masyarakat menganggap status sosial lebih panting daripada kondisi perekonomian  masyarakat Indonesia pada saat ini masih menganggap bahwa pekerjaan sebagal PNS dianggap Iebih terhormat.

Kalimat berikut yang merupakan pembetulan ejaan kalimat di atas adalah

A.   Karena masyarakat menganggap status sosial Iebih panting daripada kondisi perekonomian, masyarakat Indonesia pada saat ini, masih menganggap bahwa pekerjaan sebagai PNS dianggap Iebih terhormat.

B.   Karena masyarakat menganggap status sosial lebih panting daripada kondisi perekonomian, masyarakat Indonesia pada saat ini masih menganggap bahwa, pekerjaan sebagai PNS dianggap lebih terhormat.

C.   Karena masyarakat menganggap status sosial lebih panting daripada kondisi perekonomian, masyarakat Indonesia pada saat ini masih menganggap bahwa pekerjaan sebagai PNS dianggap lebih terhormat.

D.   Karena masyarakat menganggap status sosial lebih panting daripada kondisi perekonomian, masyarakat Indonesia pada saat ini masih menganggap, bahwa pekerjaan sebagai PNS dianggap lebih terhormat.

POSTINGAN TERKAIT
SOAL MATERI SASTRA BACA DI SINI
SOAL MATERI 4 KETERAMPILAN BERBAHASA BACA DI SINI
SOAL PERKEMBANGAN BAHASA BACA DI SINI
SOAL KEDUDUKAN, FUNGSI, DAN RAGAM BAHASA BACA DI SINI
SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI

PEMBAHASAN / MATERI EJAAN BACA DI SINI
CONTOH BEST PRACTICE BABAK FINAL OGN BACA DI SINI DAN DI SINI


3 comments: