I.
SOAL
TEORETIS
1.
Dalam mengawali pelajarannya, Pak Dudung
merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik,
mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan
serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh
pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah
yang dilakukan Pak Edi itu merupakan bagian dari model pembelajaran…
A.
saintifik
B. berbasis
masalah
C. penemuan
D. berbasis
proyek
2.
Sebelum memulai proses belajar-mengajar
di dalam kelas, peserta didik terlebih dahulu diminta untuk mengobservasi suatu
fenomena terlebih dahulu. Kemudian peserta didik diminta mencatat
masalah-masalah yang muncul. Setelah itu tugas guru adalah meransang peserta
didik untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Tugas guru
adalah mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan
mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka.
Kegiatan yang dilakukan guru tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ....
A. project
based learning
B. inquiry
learning
C. discovery
learning
D.
problem
based learning
3.
Seorang guru mengajar pada suatu kelas
pada jam ke terakhir. Berikut ini yang dapat dilakukan oleh guru agar
pembelajaran dapat mencapai tujuan.
A.
Melaksanakan
pembelajaran dengan memberikan tugas yang menarik dan merangsang berpikir siswa
B. Membebaskan
kegiatan siswa dan memutarkan film dan musik agar siswa terhibur.
C. Mengawasi
siswa dengan ketat agar tidak ada siswa yang mengantuk.
D. Meminta
siswa mengerjakan LKS dan menjadikan tugas rumah jika tidak selesai.
II.
SOAL
APLIKATIF
4.
Dalam suatu pelaksanaan pembelajaran
berbicara dengan KD "Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata
dan ekspresi yang tepat guru membagi siswa ke dalam kelompok berdasarkan nomor
yang sudah ditentukan oieh guru. Dalam kelompok mereka saling bercerita tentang
pengalaman yang menarik. Guru menunjuk siswa bemomor tertentu dalam setiap
kelompok untuk menyampaikan pengalaman yang paling menarik. Anggota kelompok
dan kelompok lain boleh memberikan pendapatnya tentang ketepatan pilihan kata dan
ekspresi yang digunakan dengan memberikan alasan yang logis. Bersama dengan
siswa guru menyimpulkan hasil diskusi dan memberikan penilaian kelompok yang
terbaik.
Berdasarkan konteks
pembelajaran langkah yang perlu diperbaiki oleh guru adalah...
A.
Pemberian kesempatan bercerita
B.
Pembagian kelompok
C.
Jenis
penilaian
D.
Pemberian nomor pada siswa
5.
Berdasarkan KD "Membacakan berbagai
teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat".
Berikut
ini rancangan pembelajaran dengan metode yang tepat, kecuali
A.
Metode Iangsung yaitu siswa diajak dalam
kegiatan upacara bendera dan membacakan teks perangkat upacaranya.
B.
Metode
ceramah yaitu guru memberi penjelasan kepada siswa bagaimana cara membaca teks
perangkat upacara dengan benar.
C.
Metode simulasi yaitu guru membuat suasana
upacara bendara di kelas dan siswa membaca teks perangkat upacaranya.
D.
Metode bermaian peran yaitu siswa
memerankan pelaku dalam upacara bendera yang sedang membacakan teks perangkat
upacara.
6.
Dalam pembelajaran dengan KD
"Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan,
pikiran, dan imajinasi melalui diskusi" guru membagi siswa dalam kelompok
diskusi ahli yang terdiri atas kelompok ahli penginderaan, kelompok ahli
perasaan dan pikiran dan kelompok ahli imajinasi. Setelah itu setiap kelompok
mempelajari materi tersebut setiap kelompok mengirimkan seorang ahlinya ke
setiap kelompok. Setelah itu guru membagikan puisi yang sama untuk dibahas
berdasarkan informasi yang telah dikumpulkan dan tim ahli. Setelah itu, setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan guru memberi penguatan.
Dalam pembelajaran
tersebut guru menggunakan metode....
A.
diskusi kelompok
B.
kontekstual
C.
kepala bemomor
D.
jigsaw
7.
Berdasarkan KD "Menulis naskah
drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca" rancangan pembelajaran PAKEM
yang tepat adalah....
A.
Guru
meminta siswa untuk membaca cerpen yang mereka sukai kemudian menuliskannya
menjadi naskah drama sebagai tugas rumah.
B.
Guru meminta siswa membaca sebuah novel
secara berkelompok, kemudian mengubahnya menjadi naskah drama dan
mementaskannya.
C.
Guru membacakan sebuah cerpen yang
disukai oleh siswa kemudian siswa diminta untuk menuliskan kembali dalam bentuk
naskah drama.
D.
Guru meminta siswa berdiskusi di
perpustakaan tentang cerpen dan mengidentifikasi tokoh cerpen untuk dibuat
naskah dramanya kemudian dipentaskan.
8.
Berdasarkan KD "Menulis notulen
rapat sesuai dengan pola penulisannya" berikut ini adalah rancangan
pelaksanaan pembelajaran dengan tepat.
A.
Guru memutarkan sebuah rekaman rapat.
Guru meminta siswa mendiskusikan hal-hal yang dibahas dalam rapat tersebut.
Kemudian, guru meminta siswa mendiskusikan hal-hal yang dilakukan dalam sebuah
rapat. Setelah itu, guru memberi penjelasan tentang notulen rapat. Kemudian
dalam kelompok siswa diminta untuk menulis notulen rapat.
B. Guru mengawali dengan penjelasan
tentang tujuan dan latar belakang pembelajaran Setelah itu, guru memberikan
notulen rapat kepada siswa kemudian siwa diminta untuk mendiskusikan hal-hal
yang terdapat dalam notulen rapat. Kemudian guru membuat simulasi rapat dan
siswa diminta untuk membuat notula berdasarkan contoh notula yang diberikan.
C.
Guru memutarkan sebuah rekaman rapat.
Setelah itu, guru meminta setiap siswa menuliskan satu kalimat berdasarkan
rekaman rapat tersebut dan menempelkannya di papan tulis. Guru bersama-sama
dengan siswa mengidentifikasi kalimat-kalimat efektif dan kalimat yang berisi
pokok-pokok rapat. Kemudian, guru meminta siswa untuk mendiskusikan kalimat
efektif tersebut dalam kelompok.
D.
Guru melakukan curah pendapat dengan
siswa tentang notulen rapat. Setelah itu, siswa membentuk kelompok untuk
mendiskusikan tentang notula rapat, Kemudian, setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusinya. Bersama-sama dengan siswa guru melakukan konfirmasi.
POSTINGAN TERKAIT
1. BAHAN LENGKAP PERSIAPAN OGN BACA DI SINI
2. CONTOH BEST PRACTICE BABAK FINAL OGN BACA DI SINI
3. CONTOH RISALAH AKADEMIK BABAK FINAL OGN BACA DI SINI
0 komentar:
Post a Comment