18 May 2017

SOAL OGN 2017 MODEL, METODE, STRATEGI, DAN LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN


I.                   SOAL TEORETIS

1.      Dalam mengawali pelajarannya, Pak Dudung merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Langkah yang dilakukan Pak Edi itu merupakan bagian dari model pembelajaran…

A.    saintifik   

B.     berbasis masalah   

C.     penemuan 

D.    berbasis proyek

2.      Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, peserta didik terlebih dahulu diminta untuk mengobservasi suatu fenomena terlebih dahulu. Kemudian peserta didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu tugas guru adalah meransang peserta didik untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Tugas guru adalah mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka.  Kegiatan yang dilakukan guru tersebut mengisyaratkan implementasi  model pembelajaran ....

A.    project based learning      

B.     inquiry learning    

C.     discovery learning

D.    problem based learning

3.      Seorang guru mengajar pada suatu kelas pada jam ke terakhir. Berikut ini yang dapat dilakukan oleh guru agar pembelajaran dapat mencapai tujuan.

A.    Melaksanakan pembelajaran dengan memberikan tugas yang menarik dan merangsang berpikir siswa

B.     Membebaskan kegiatan siswa dan memutarkan film dan musik agar siswa terhibur.

C.     Mengawasi siswa dengan ketat agar tidak ada siswa yang mengantuk.

D.    Meminta siswa mengerjakan LKS dan menjadikan tugas rumah jika tidak selesai.

II.                SOAL APLIKATIF

4.      Dalam suatu pelaksanaan pembelajaran berbicara dengan KD "Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat guru membagi siswa ke dalam kelompok berdasarkan nomor yang sudah ditentukan oieh guru. Dalam kelompok mereka saling bercerita tentang pengalaman yang menarik. Guru menunjuk siswa bemomor tertentu dalam setiap kelompok untuk menyampaikan pengalaman yang paling menarik. Anggota kelompok dan kelompok lain boleh memberikan pendapatnya tentang ketepatan pilihan kata dan ekspresi yang digunakan dengan memberikan alasan yang logis. Bersama dengan siswa guru menyimpulkan hasil diskusi dan memberikan penilaian kelompok yang terbaik.

Berdasarkan konteks pembelajaran langkah yang perlu diperbaiki oleh guru adalah...

A.           Pemberian kesempatan bercerita

B.           Pembagian kelompok

C.           Jenis penilaian

D.           Pemberian nomor pada siswa

5.      Berdasarkan KD "Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat".

Berikut ini rancangan pembelajaran dengan metode yang tepat, kecuali

A.        Metode Iangsung yaitu siswa diajak dalam kegiatan upacara bendera dan membacakan teks perangkat upacaranya.

B.        Metode ceramah yaitu guru memberi penjelasan kepada siswa bagaimana cara membaca teks perangkat upacara dengan benar.

C.       Metode simulasi yaitu guru membuat suasana upacara bendara di kelas dan siswa membaca teks perangkat upacaranya.

D.       Metode bermaian peran yaitu siswa memerankan pelaku dalam upacara bendera yang sedang membacakan teks perangkat upacara.

6.      Dalam pembelajaran dengan KD "Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi" guru membagi siswa dalam kelompok diskusi ahli yang terdiri atas kelompok ahli penginderaan, kelompok ahli perasaan dan pikiran dan kelompok ahli imajinasi. Setelah itu setiap kelompok mempelajari materi tersebut setiap kelompok mengirimkan seorang ahlinya ke setiap kelompok. Setelah itu guru membagikan puisi yang sama untuk dibahas berdasarkan informasi yang telah dikumpulkan dan tim ahli. Setelah itu, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan guru memberi penguatan.

Dalam pembelajaran tersebut guru menggunakan metode....

A.           diskusi kelompok

B.           kontekstual

C.           kepala bemomor

D.           jigsaw

7.      Berdasarkan KD "Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca" rancangan pembelajaran PAKEM yang tepat adalah....

A.        Guru meminta siswa untuk membaca cerpen yang mereka sukai kemudian menuliskannya menjadi naskah drama sebagai tugas rumah.

B.        Guru meminta siswa membaca sebuah novel secara berkelompok, kemudian mengubahnya menjadi naskah drama dan mementaskannya.

C.        Guru membacakan sebuah cerpen yang disukai oleh siswa kemudian siswa diminta untuk menuliskan kembali dalam bentuk naskah drama.

D.        Guru meminta siswa berdiskusi di perpustakaan tentang cerpen dan mengidentifikasi tokoh cerpen untuk dibuat naskah dramanya kemudian dipentaskan.

8.      Berdasarkan KD "Menulis notulen rapat sesuai dengan pola penulisannya" berikut ini adalah rancangan pelaksanaan pembelajaran dengan tepat.

A.     Guru memutarkan sebuah rekaman rapat. Guru meminta siswa mendiskusikan hal-hal yang dibahas dalam rapat tersebut. Kemudian, guru meminta siswa mendiskusikan hal-hal yang dilakukan dalam sebuah rapat. Setelah itu, guru memberi penjelasan tentang notulen rapat. Kemudian dalam kelompok siswa diminta untuk menulis notulen rapat.

B.     Guru mengawali dengan penjelasan tentang tujuan dan latar belakang pembelajaran Setelah itu, guru memberikan notulen rapat kepada siswa kemudian siwa diminta untuk mendiskusikan hal-hal yang terdapat dalam notulen rapat. Kemudian guru membuat simulasi rapat dan siswa diminta untuk membuat notula berdasarkan contoh notula yang diberikan.

C.     Guru memutarkan sebuah rekaman rapat. Setelah itu, guru meminta setiap siswa menuliskan satu kalimat berdasarkan rekaman rapat tersebut dan menempelkannya di papan tulis. Guru bersama-sama dengan siswa mengidentifikasi kalimat-kalimat efektif dan kalimat yang berisi pokok-pokok rapat. Kemudian, guru meminta siswa untuk mendiskusikan kalimat efektif tersebut dalam kelompok.

D.     Guru melakukan curah pendapat dengan siswa tentang notulen rapat. Setelah itu, siswa membentuk kelompok untuk mendiskusikan tentang notula rapat, Kemudian, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. Bersama-sama dengan siswa guru melakukan konfirmasi.

 POSTINGAN TERKAIT
1. BAHAN LENGKAP PERSIAPAN OGN BACA DI SINI
2. CONTOH BEST PRACTICE BABAK FINAL OGN BACA DI SINI
3. CONTOH RISALAH AKADEMIK BABAK FINAL OGN BACA DI SINI



0 komentar:

Post a Comment