02 May 2017

SOAL OGN 2017 SMP BAHASA INDONESIA MENULIS (PROFESIONAL)


BAHAN PERSIAPAN OGN 2017 SMP

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

KOMPETENSI PROFESIONAL MENULIS

1.    Seorang guru akan menulis karya ilmiah dengan topik pendidikan karakter bangsa bagi anak SMP.

Kerangka inti karangan yang baik untuk topik di atas adalah

A.   pentingnya pendidikan karakter bangsa bagi anak SMP, bentuk pendidikan karakter bangsa bagi anak SMP,Iangkah pendidikan karakter bangsa bagi anak SMP,sasaran pendidikan karakter bangsa.

B.   pentingnya pendidikan karakter bangsa bagi anak SMP, sasaran pendidikan karakter  bangsa, langkah pendidikan karakter bangsa bagi anak SMP, bentuk pendidikan arakter bangsa bagi anak SMP.

C.   bentuk pendidikan karakter bangsa bagi anak SMP, sasaran pendidikan karakter bangsa, pentingnya pendidikan karakter bangsa bagi anak SMP, langkah pendidikan karakter bangsa bagi anak SMP.

D.   sasaran pendidikan karakter bangsa, pentingnya pendidikan karakter bangsa bagi anak SMP, langkah pendidikan karakter bangsa bagi anak SMP, bentuk pendidikan karakter bangsa bagi anak SMP.

2.     Bupati Muaro Jambi akan mendaftarkan karyawannya untuk mengikuti diklat yang ditawarkan oleh Balai Diktat Provinsi.

Pembuka surat yang tepat sesuai dengan ilustrasi di atas adalah

A.        Memperhatikan surat Saudara nomor 17/13/BD/2010 tanggal 15 Maret 2010, kami sampaikan nama-nama berikut ini untuk didaftar sebagai peserta diklat.

B.        Dalam rangka menjalin kerjas ama dengan lembaga Anda, dengan inl kami daftarkan karyawan kami untuk mengikuti diklat yang Anda tawarkan.

C.       Sehubungan dengan surat nomor 17/B/BD/2010 tanggal 15 Maret 2010, kami mengirimkan peserta diklat yang Anda tawarkan.

D.       Sehubungan dengan surat Saudara nomor 17/B/BD/2010 tanggal 15 Maret 2010, kami menyampaikan daftar nama peserta diklat (seperti terlampir).

3.    Walikota Banjarmasin mengundang para bupati /walikota se-Kalimantan Selatan dalam acara resmi di Kantor Walikota.

Paragraf penutup surat tersebut yang paling tepat adalah…

A. Demikian undangan kami, atas kehadirannya kami ucapkan terima kasih.

B. Atas perhatian dan kehadiran Saudara, diucapkan terima kasih.

C. Atas perhatian dan kehadiran Saudara, kami sampaikan terima kasih.

D. Demikian undangan kami, tak lupa kami sampaikan terima kasih.

4.    Ragena adalah siswa kelas III SMA di Surabaya. la kos karena tidak mempunyai keluarga di kota itu. Ketika akan ujian akhir, Ragena belum melunasi uang sekolah, ia juga memerlukan dana untuk kebutuhan sehari-hari. Ragena akhimya memberitahukan kepada orang tuanya di luar Jawa, dan ia mohon doa restu agar ujian berhasil dengan balk.

Kalimat isi inti surat yang santun sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah

A.        Ibu/Bapak, dalam waktu dekat saya akan ujian semester. Untuk itu, mohon doa restu dan Bapak/Ibu. Jangan lupa, uang sekolah harus segera dilunasi.

B.        Saya mohon dikirimi uang untuk membayar SPP dan untuk kebutuhan sehari-hari. Ibu/Bapak, bulan depan saya juga akan mengikuti ujian sekolah.

C.       Saya mohon doa restu Bapak / Ibu agar hasil ujian saya balk. Di samping itu, saya mohon dikirimi uang untuk melunasi uang sekolah dan kebutuhan sehari-hari.

D.       Ibu/Bapak yang terhormat, saya mohon doa restu karena akan ujian bulan depan, dan saya minta kirim uang untuk membayar SPP dan kebutuhan sehari-hari.

5.    SMAN 1 berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang. Sekolah ini beralamat di jalan Veteran 7 dengan nomor telepon 0345.556677.

Penulisan kepala surat yang tepat adalah

A. DINAS PENDIDIKAN KOTA LUMAJANG

SMA NEGERI 1

JALAN VETERAN 7 LUMAJANG, TELEPON 0345.556677

B.                 PEMERINTAH KABUPATEN LUMAJANG DINAS PENDIDIKAN

SMA NEGERI 1 LUMAJANG

Jalan Veteran 7 Lumajang, Telepon 0345.556677

C.                DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN LUMAJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 Jalan Veteran 7 Lumajang, Telepon 0345.556677

D.                PEMERINTAH KABUPATEN LUMAJANG DINAS PENDIDIKAN

SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1

Jalan Veteran 7, Lumajang, Telepon 0345.556677

6.   Seorang kepala SMA meminta kepada wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk segera mengadakan rapat persiapan ujian akhir semester. Hasil rapat harus segera disampaikan kepada kepala sekolah.

Kalimat memo yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah

A.        Ujian semester sudah dekat. Mohon segera dilakukan rapat persiapan. Hasil rapat harap segera dilaporkan.

B.        Saya mohon wakil kepala bidang kurikulum untuk segera melakukan rapat persiapan ujian semester. Setelah selesai, hasilnya harap dilaporkan kepada saya.

C.       Tolong segera dilakukan rapat persiapan ujian akhir semester di sekolah kita. Hasilnya tolong segera dilaporkan kepada kepala sekolah.

D.       Harap segera dilakukan persiapan ujian. Hasilnya segera laporkan.



7.    Pentingnya pendidikan dapat dilihat dari berbagai segi. Segi yang dimaksudkan antara lain adalah segi ekonomi dan segi sosial. Melalui pendidikan yang tinggi diharapkan kehidupan ekonomi seseorang akan membaik. Melalui pendidikan yang tinggi pula status sosial seseorang akan meningkat.

Kalimat yang tepat mengawali paragraf di atas adalah …

A.                 Pendidikan merupakan upaya seseorang untuk meningkatkan kualitas diri dalam kehidupan.

B.                 Dalam kehidupan yang demikian kompleks, pendidikan merupakan hal yang sangat panting.

C.                Dalam kehidupan yang semakin modern, pendidikan dapat dilakukan Pemerintah atau swadaya masyarakat.

D.                Pendidikan merupakan langkah awal seseorang untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

8.    Salah satu faktor yang dianggap panting dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan adalah kinerja guru. Kinerja guru menjadi panting karena guru memiliki kegiatan pokok merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik, serta melaksanakan tugas tambahan (UU No. 14 Tahun 2005). Hal tersebut berarti bahwa tugas pokok guru bukan hanya mengajar, tetapi banyak aktivitas lain yang harus dilakukan guru. Pelaksanaan terhadap kegiatan pokok tersebut menjadi indikator berkuatitas atau tidaknya kegiatan pendidikan. Oleh karena itu, mengetahui pelaksanaan kegiatan pokok guru juga merupakan hal yang sangat panting. ....

Kalimat yang paling tepat mengakhiri paragraf tersebut adalah

A.   Salah satu cara yang dapat dipakai untuk mengetahui pelaksanaan tugas pokok guru adalah dengan mendeskripsikan waktu yang digunakan guru dalam melaksanakan kegiatan pokok tersebut.

B.   Dengan demikian, perlu dilakukan suatu kegiatan yang memungkinkan para guru melaksanakan tugas pokoknya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

C.   Berbagai kegiatan sangat mungkin dilakukan untuk mengetahui apakah seorang guru merencanakan, melaksanakan, menilai hasil pembelajaran, membimbing siswa, dan melaksanakan tugas tambahan.

D.   Untuk itu, mengetahui berbagai tugas dan kegiatan yang dilakukan guru dalam melaksanakan kegiatan kependidikan merupakan hat yang sangat penting dalam rangka mengetahui beban guru.

PEMBAHASAN / MATERI MENULIS BACA DI SINI

POSTINGAN TERKAIT

SOAL MENULIS PEDAGOGIK BACA DI SINI

SOAL MENDENGARKAN BACA DI SINI

SOAL MEMBACA BACA DI SINI

SOAL BERBICARA BACA DI SINI


0 komentar:

Post a Comment