BAHAN PERSIAPAN OGN 2017 SMP
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI PEDAGOGIK MENULIS
1. Berdasarkan KD "Menulis naskah drama
berdasarkan cerpen yang sudah dibaca" rancangan pembelajaran PAKEM yang
tepat adalah....
A.
Guru
meminta siswa untuk membaca cerpen yang mereka sukai kemudian menuliskannya
menjadi naskah drama sebagai tugas rumah.
B.
Guru meminta siswa membaca sebuah novel
secara berkelompok, kemudian mengubahnya menjadi naskah drama dan
mementaskannya.
C.
Guru membacakan sebuah cerpen yang
disukai oleh siswa kemudian siswa diminta untuk menuliskan kembali dalam bentuk
naskah drama.
D.
Guru meminta siswa berdiskusi di
perpustakaan tentang cerpen dan mengidentifikasi tokoh cerpen untuk dibuat
naskah dramanya kemudian dipentaskan.
2. Dalam pembelajaran menulis dengan KD
"Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog
naskah
drama". Guru membentuk siswa dalam sebuah kelompok. Kemudian, siswa
diminta mendiskusikan perilaku manusia dalam drama tersebut. Setelah itu,
setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
Berdasarkan rancangan pembelajaran tersebut berikut
ini media yang tepat adalah....
A.
Video
pementasan drama.
B.
Pementasan drama.
C.
Simulasi drama.
D.
Naskah drama.
3. Perhatikan tabel berikut.
KD
|
Indikator
|
Teknik penilaian
|
Soal
|
Menulis
naskah – drama berdasarkan peristiwa nyata
|
Mampu
menulis konflik dalam naskah drama berdasarkan gambar peristiwa
|
1. tes tertulis
|
1. Tulislah sebuah dialog drama yang
menggambarkan konflik berdasarkan gambar.
|
2. penugasan
|
2.Buatlah sebuah
naskah drama berdasarkan peristiwa nyata!
|
||
3.
unjuk kerja
|
3. Buatlah sebuah dialog drama yang
menggambarkan konflik berdasarkan gambar.
|
Berdasarkan tabel di atas hal yang kurang tepat
adalah....
A.
Soal
untuk penugasan tidak sesuai dengan indikator.
B.
Teknik tes unjuk kerja tidak tepat
sesuai dengan indikator.
C.
Indikator tidak dapat mengukur
kompetensi dasar.
D.
Soal nomor tiga kurang sesuai dengan
indikator.
4. Berdasarkan KD "Menulis hasil observasi
dalam bentuk paragraf deskriptif. Berikut ini materi pembelajaran yang tepat
untuk KD tersebut adalah....
A.
Paragraf deskripsi dan laporan.
B.
Paragraf
deskriptif dan observasi.
C.
Jenis-jenis paragraf dan laporan.
D.
Jenis-jenis paragraf dan observasi.
5. Berdasarkan KD "Menulis surat pribadi dengan
memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa" berikut ini adalah kriteria
penilaian yang tepat....
A. Kualitas isi, organisasi dan
penyajian isi, gaya bahasa, mekanisme tulisan.
B.
Komposisi surat, pilihan bentuk surat,
organisasi isi, bentuk tulisan, tata bahasa.
C.
Ruang lingkup isi, gaya bahasa,
mekanisme penulisan surat, tata bahasa.
D.
Bentuk surat, organisasi dan penyajian
isi, pilihan kata, dan tata
6. Berdasarkan KD "Menulis notulen rapat sesuai
dengan pola penulisannya" berikut ini adalah rancangan pelaksanaan
pembelajaran dengan tepat.
A.
Guru memutarkan sebuah rekaman rapat.
Guru meminta siswa mendiskusikan hal-hal yang dibahas dalam rapat tersebut.
Kemudian, guru meminta siswa mendiskusikan hal-hal yang dilakukan dalam sebuah
rapat. Setelah itu, guru memberi penjelasan tentang notulen rapat. Kemudian
dalam kelompok siswa diminta untuk menulis notulen rapat.
B. Guru mengawali dengan penjelasan
tentang tujuan dan latar belakang pembelajaran Setelah itu, guru memberikan
notulen rapat kepada siswa kemudian siwa diminta untuk mendiskusikan hal-hal
yang terdapat dalam notulen rapat. Kemudian guru membuat simulasi rapat dan
siswa diminta untuk membuat notula berdasarkan contoh notula yang diberikan.
C.
Guru memutarkan sebuah rekaman rapat.
Setelah itu, guru meminta setiap siswa menuliskan satu kalimat berdasarkan
rekaman rapat tersebut dan
menempelkannya
di papan tulis. Guru bersama-sama dengan siswa mengidentifikasi kalimat-kalimat
efektif dan kalimat yang berisi pokok-pokok rapat. Kemudian, guru meminta siswa
untuk mendiskusikan kalimat efektif tersebut dalam kelompok.
D.
Guru melakukan curah pendapat dengan
siswa tentang notulen rapat. Setelah itu, siswa membentuk kelompok untuk
mendiskusikan tentang notula rapat, Kemudian, setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusinya. Bersama-sama dengan siswa guru melakukan konfirmasi.
PEMBAHASAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI
POSTINGAN TERKAIT
SOAL MENULIS PROFESIONAL BACA DI SINI
SOAL MENDENGARKAN BACA DI SINI
SOAL MEMBACA BACA DI SINI
SOAL BERBICARA BACA DI SINI
0 komentar:
Post a Comment