02 May 2017

SOAL OGN 2017 SMP BAHASA INDONESIA MENULIS (PEDAGOGIK)


BAHAN PERSIAPAN OGN 2017 SMP

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

KOMPETENSI PEDAGOGIK MENULIS

1. Berdasarkan KD "Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca" rancangan pembelajaran PAKEM yang tepat adalah....

A.        Guru meminta siswa untuk membaca cerpen yang mereka sukai kemudian menuliskannya menjadi naskah drama sebagai tugas rumah.

B.        Guru meminta siswa membaca sebuah novel secara berkelompok, kemudian mengubahnya menjadi naskah drama dan mementaskannya.

C.        Guru membacakan sebuah cerpen yang disukai oleh siswa kemudian siswa diminta untuk menuliskan kembali dalam bentuk naskah drama.

D.        Guru meminta siswa berdiskusi di perpustakaan tentang cerpen dan mengidentifikasi tokoh cerpen untuk dibuat naskah dramanya kemudian dipentaskan.

2. Dalam pembelajaran menulis dengan KD "Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog

naskah drama". Guru membentuk siswa dalam sebuah kelompok. Kemudian, siswa diminta mendiskusikan perilaku manusia dalam drama tersebut. Setelah itu, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi.

Berdasarkan rancangan pembelajaran tersebut berikut ini media yang tepat adalah....

A.     Video pementasan drama.

B.     Pementasan drama.

C.     Simulasi drama.

D.     Naskah drama.



3. Perhatikan tabel berikut.

KD
Indikator
Teknik penilaian
Soal
Menulis naskah – drama berdasarkan peristiwa nyata
Mampu menulis konflik dalam naskah drama berdasarkan gambar peristiwa
1. tes tertulis
1. Tulislah sebuah dialog drama yang menggambarkan konflik berdasarkan gambar.
2. penugasan
2.Buatlah sebuah naskah drama berdasarkan peristiwa nyata!
3.                   unjuk kerja
3. Buatlah sebuah dialog drama yang menggambarkan konflik berdasarkan gambar.



Berdasarkan tabel di atas hal yang kurang tepat adalah....

A.        Soal untuk penugasan tidak sesuai dengan indikator.

B.        Teknik tes unjuk kerja tidak tepat sesuai dengan indikator.

C.       Indikator tidak dapat mengukur kompetensi dasar.

D.       Soal nomor tiga kurang sesuai dengan indikator.

4. Berdasarkan KD "Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif. Berikut ini materi pembelajaran yang tepat untuk KD tersebut adalah....

A.     Paragraf deskripsi dan laporan.

B.     Paragraf deskriptif dan observasi.

C.    Jenis-jenis paragraf dan laporan.

D.    Jenis-jenis paragraf dan observasi.

5. Berdasarkan KD "Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa" berikut ini adalah kriteria penilaian yang tepat....

A.     Kualitas isi, organisasi dan penyajian isi, gaya bahasa, mekanisme tulisan.

B.     Komposisi surat, pilihan bentuk surat, organisasi isi, bentuk tulisan, tata bahasa.

C.     Ruang lingkup isi, gaya bahasa, mekanisme penulisan surat, tata bahasa.

D.     Bentuk surat, organisasi dan penyajian isi, pilihan kata, dan tata

6. Berdasarkan KD "Menulis notulen rapat sesuai dengan pola penulisannya" berikut ini adalah rancangan pelaksanaan pembelajaran dengan tepat.

A.     Guru memutarkan sebuah rekaman rapat. Guru meminta siswa mendiskusikan hal-hal yang dibahas dalam rapat tersebut. Kemudian, guru meminta siswa mendiskusikan hal-hal yang dilakukan dalam sebuah rapat. Setelah itu, guru memberi penjelasan tentang notulen rapat. Kemudian dalam kelompok siswa diminta untuk menulis notulen rapat.

B.     Guru mengawali dengan penjelasan tentang tujuan dan latar belakang pembelajaran Setelah itu, guru memberikan notulen rapat kepada siswa kemudian siwa diminta untuk mendiskusikan hal-hal yang terdapat dalam notulen rapat. Kemudian guru membuat simulasi rapat dan siswa diminta untuk membuat notula berdasarkan contoh notula yang diberikan.

C.     Guru memutarkan sebuah rekaman rapat. Setelah itu, guru meminta setiap siswa menuliskan satu kalimat berdasarkan rekaman rapat tersebut dan

menempelkannya di papan tulis. Guru bersama-sama dengan siswa mengidentifikasi kalimat-kalimat efektif dan kalimat yang berisi pokok-pokok rapat. Kemudian, guru meminta siswa untuk mendiskusikan kalimat efektif tersebut dalam kelompok.

D.     Guru melakukan curah pendapat dengan siswa tentang notulen rapat. Setelah itu, siswa membentuk kelompok untuk mendiskusikan tentang notula rapat, Kemudian, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. Bersama-sama dengan siswa guru melakukan konfirmasi.

PEMBAHASAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI

POSTINGAN TERKAIT

SOAL MENULIS PROFESIONAL BACA DI SINI

SOAL MENDENGARKAN BACA DI SINI

SOAL MEMBACA BACA DI SINI

SOAL BERBICARA BACA DI SINI


0 komentar:

Post a Comment