02 May 2017

SOAL OGN 2017 SMP BAHASA INDONESIA MEMBACA (PEDAGOGIK)


BAHAN PERSIAPAN OGN 2017 SMP

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

KOMPETENSI PEDAGOGIK MEMBACA

1.  Dalam sebuah pembelajaran sastra dengan KD "Menemukan unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik hikayat" Guru dapat menggunakan sumber-sumber belajar sebagai berikut ....

A.     Hikayat, 1001 malam, gurindam 12, Siti Nurbaya

B.     Hikayat 1001 Malam, Hikayat Panca Tantra

C.    Laskar Pelangi, Perempuan di Sarang Penyamun, Hikayat Panca Tantra

D.    Ainun & Habibi, Edensor, Syair, Hikayat 1001 Ma'am

2.  Berdasarkan KD "Menemukan yang terkandung di dalam sastra Melayu klasik" berikut ini materi yang tepat adalah

A.        Nilai-nilai pendidikan karakter dalam roman

B.        Agama dan moral dalam pantun

C.        Nilal-nilai sosial dalam gurindam

D.        Nilai-nilai budaya dan perjuangan dalam hikayat

3. Berdasarkan KD "Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai

Berikut ini adalah indikator yang tepat untuk KD tersebut, kecuali....

A.        Mampu menemukan kata-kata sulit dalam artikel popular.

B.        Mampu menemukan makna kata tertentu dalam kamus.

C.       Mampu menemukan kata-kata bersinonim dalam kamus.

D.       Mampu melakukan membaca memindai kamus besar bahasa Indonesia.

4.  Dalam pembelajaran di kelas guru akan meminta siswa untuk membaca cepat teks nonsastra

dengan kecepatan 250 kpm. Selanjutnya setelah membaca siswa diminta untuk mencari ide pokok dari teks tersebut.

Berdasarkan konteks pembelajaranan tersebut berikut ini media yang tepat adalah....

A.     kamus, jadwal penerbangan

B.     indeks buku, artikel, opini, iklan

C.    cerpen, katalog belanja

D.    artikel, opini, kolom

5.     Dalam pembelajaran dengan KD "Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi" guru membagi siswa dalam kelompok diskusi ahli yang terdiri atas kelompok ahli penginderaan, kelompok ahli perasaan dan pikiran dan kelompok ahli imajinasi. Setelah itu setiap kelompok mempelajari materi tersebut setiap kelompok mengirimkan seorang ahlinya ke setiap kelompok. Setelah itu guru membagikan puisi yang sama untuk dibahas berdasarkan informasi yang telah dikumpulkan dan tim ahli. Setelah itu, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan guru memberi penguatan.

Dalam pembelajaran tersebut guru menggunakan metode....

A.     diskusi kelompok

B.     kontekstual

C.    kepala bemomor

D.    jigsaw

PEMBAHASAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI

POSTINGAN TERKAIT

SOAL MEMBACA PROFESIONAL BACA DI SINI

SOAL MENDENGARKAN BACA DI SINI

SOAL BERBICARA BACA DI SINI

SOAL MENULIS BACA DI SINI


1 comment: