A. CONTOH SOAL PENILAIAN TEORETIS
1. Pendekatan tes yang berusaha menafsirkan
hasil tes yang diperoleh siswa dengan membandingkannya dengan patokan telah
ditetapkan, sebelum hasil tes itu sendiri diperoleh, dan bahkan sebelum
kegiatan pengajaran dilakukan, patokan yang akan dipergunakan untuk menentukan
batas kelulusan itu telah ditetapkan dinamakan ....
A. penilaian
acuan norma
B.
penilaian
acuan patokan
C. penilaian
portofolio
D. penilaian
autentik
2. Penilaian yang dilakukan oleh pendidik
yang dapat berupa pekerjaan rumah baik secara individu ataupun kelompok adalah
….
A. produk
B. proyek
C. portofolio
D.
penugasan
3.
Nilai akhir untuk ranah pengetahuan
diambil dari nilai….
A. median
B. modus
C. rerata
D. optimal
4. Setelah melakukan tes formatif, Bu Bella
menganalisis hasil tes siswanya. Di luar dugaan, soal nomor 3 yang dianggap
bertaraf mudah, justru dijawab salah oleh hampir 75% peserta didik yang pandai,
dan sebaliknya, dijawab benar oleh kebanyakan peserta didik ysng dianggap
kurang. Hal ini mengindikasikan ....
A.
butir
soal memiliki daya beda yang rendah
B. butir
soal valid dan reliabel
C. butir
soal tergolong sukar
D. butir
soal tergolong mudah
B. CONTOH SOAL PENILAIAN APLIKATIF
5. Dalam sebuah pembelajaran berbicara
dengan KD "Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan
menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif ".
Berdasarkan konteks pembelajaran tersebut rancangan
jenis tes yang tepat adalah....
A. Unjuk
kerja menulis pengalaman yang mengesankan
B.
Portofolio bercerita pengalaman yang
paling mengesankan
C. Tes lisan bercerita pengalaman yang
paling mengesankan
D.
Tes lisan menjawab pertanyaan dari guru
dengan kalimat efektif
6. Berdasarkan KD "Mendeskripsikan alur novel
remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan" teknik evaluasi yang tepat
adalah...
A.
tes
tertulis, tes rumpang, pilihan ganda
B.
pilihan ganda, observasi, penilaian
unjuk kerja
C.
tes rumpang, tes lisan, observasi
D.
penilaian portofolio, tes unjuk kerja,
tes essai
7. Dalam
sebuah pembelajaran dengan KD "menanggapi siaran atau informasi dari media
elektronik (berita dan nonberita) " guru melaksanakan tes formatif
berbentuk tes esai. Berikut ini pertanyaan yang tepat untuk jenis tes
berdasarkan KD tersebut...
A.
Bagaimana
pendapatmu tentang berita yang baru saja kalian dengarkan?
B.
Buatlah kesimpulan dari acara talk show
yang baru saja kalian lihat!
C.
Tuliskan kembali isi berita yang baru
saja kalian dengarkanl
D.
Apa yang menyebabkan kejadian dalam
berita yang baru kalian dengarkan?
8.
Perhatikan tabel berikut.
KD
|
indikator
|
Soal
|
Menanggapi
siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)
|
Mampu
memberi pendapat tentang isi berita yang didengar
|
1.
Tuliskan apa yang terjadi dalam
rekaman yang baru kalian dengarkan?
|
2.
Bagaimana pendapat kalian tentang isi rekaman yang baru saja kalian dengarkan
|
||
3.
Apakah kalian setuju dengan
pernyataan narasumber dalam rekaman tersebut?
|
||
4. Catat pokok-pokok rekaman yang barn
kalian dengarkan!
|
Berdasarkan
tabel di atas rancangan soal yang tepat adalah....
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C. 2 dan 3
D.
2 dan 4
9. Perhatikan
tabel berikut.
KD
|
Indikator
|
Teknik penilaian
|
Soal
|
Menulis naskah – drama berdasarkan
peristiwa nyata
|
Mampu menulis konflik dalam naskah
drama berdasarkan gambar peristiwa
|
1. tes tertulis
|
1. Tulislah sebuah dialog drama yang
menggambarkan konflik berdasarkan gambar.
|
2. penugasan
|
2.
Buatlah sebuah naskah drama
berdasarkan peristiwa nyata!
|
||
3.
unjuk kerja
|
3. Buatlah sebuah dialog drama yang
menggambarkan konflik berdasarkan gambar.
|
Berdasarkan
tabel di atas hal yang kurang tepat adalah....
A. Soal untuk penugasan tidak sesuai
dengan indikator.
B.
Teknik tes unjuk kerja tidak tepat
sesuai dengan indikator.
C.
Indikator tidak dapat mengukur
kompetensi dasar.
D.
Soal nomor tiga kurang sesuai dengan
indikator.
10.
Berdasarkan KD "Menulis surat
pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa" berikut ini
adalah kriteria penilaian yang tepat....
A. Kualitas isi, organisasi dan
penyajian isi, gaya bahasa, mekanisme tulisan.
B.
Komposisi surat, pilihan bentuk surat,
organisasi isi, bentuk tulisan, tata bahasa.
C.
Ruang lingkup isi, gaya bahasa,
mekanisme penulisan surat, tata bahasa.
D.
Bentuk surat, organisasi dan penyajian
isi, pilihan kata, dan tata
PEMBAHASAN PENILAIAN
BACA DI SINI
BACA BAHAN LENGKAP
PERSIAPAN OGN DI SINI
CONTOH RISALAH AKADEMIK FINAL OGN BACA
DI SINI
0 komentar:
Post a Comment