21 May 2017

LATIHAN SOAL TES AKHIR MODUL B PKB / GURU PEMBELAJAR TAHUN 2017 KOMPETENSI PEDAGOGIK

TEORI BELAJAR

1.        Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Peran guru dalam teori ini adalah sebagai fasilitator bagi para siswa sedangkan guru memberikan motivasi, kesadaran mengenai makna kehidupan siswa. Teori ini termasuk aliran ....

A.      Behaviorisme
B.       Humanistik
C.       Sibernetik
D.      Kontruktivisme

2.        Teori belajar yang berpendapat bahwa belajar bahasa pada hakikatnya hanyalah proses pengisian detil kaidah-kaidah atau struktur aturan-aturan bahasa ke dalam LAD yang sudah tersedia secara alamiah pada manusia adalah teori belajar ….

A.      Nativisme
B.       Kognitivisme
C.       Humanistik
D.      Sosial

3.        Aliran ini lebih menekankan bagaimana kegiatan pembelajaran menjadi menarik. Artinya, mendapatkan perhatian dari peserta didik diperlukan alat bantu. Alat bantu ini sejalan dengan perkembangan teknologi. Teori ini tergolong aliran … .

A.      Humannistik
B.       Behaviorisme
C.      Sibernetik
D.      Konstruktivime

4.        Belajar ialah pembentukan hubungan antara stimulus dan respons, dan pengulangan terhadap pengalaman-pengalaman itu memperbesar peluang timbulnya respons benar. Pengulangan dalam belajar akan melatih daya-daya yang ada pada manusia yang terdiri atas daya mengamat, menanggap, mengingat, mengkhayal, merasakan, hingga berpikir yang akan membuat daya-daya tersebut berkembang. Hal ini sesuai dengan prinsip belajar...

A.      Keterlibatan langsung dan pandangan hidup
B.       Perhatian dan motivasi        
C.       Keaktifan
D.      Pengulangan

5.        Siswa belajar sungguh-sungguh dan mendapatkan nilai yang baik dalam ulangan. Nilai yang baik itu mendorong anak untuk belajar lebih giat lagi. Nilai yang baik dapat merupakan operant conditioning atau penguatan positif. Sebaliknya, anak yang mendapatkan nilai yang jelek pada waktu ulangan akan merasa takut tidak naik kelas, karena takut tidak naik kelas ia terdorong untuk belajar lebih giat. Inilah yang disebut penguatan negatif. Pernyataan tersebut merupakan prinsip pembelajaran ....

A.      Tantangan    
B.       Balikan atau penguatan
C.       Perhatian dan motivasi        
D.      Keterlibatan langsung

PEMBAHASAN/MODUL B TEORI BELAJAR BACA DI SINI




4 comments: