09 June 2017

50 ISTILAH DAN AKRONIM PADA PROGRAM PKB –GURU PEMBELAJAR- TAHUN 2017

Berikut disajikan daftar istilah dan akronim disertai dengan pengertian dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) tahun 2017 yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK).

Sebagaimana telah diketahui bahwa pada tahun 2017, Ditjen GTK mengembangkan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang merupakan kelanjutan dari Program Guru Pembelajar dengan tujuan utama untuk meningkatkan kompetensi guru yang ditunjukkan dengan kenaikkan capaian nilai UKG dengan rata-rata nasional yaitu 70. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini dilaksanakan berbasis komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (komunitas GTK).

Ada beberapa istilah yang mungkin masih asing dan belum dipahami oleh sebagian Bapak/Ibu.

Misalnya

1.      Komunitas GTK: Komunitas yang telah terdaftar dan teregistrasi secara resmi di SIM Pembinaan Karier Guru

2.      Learning Management System(LMS): Sistem manajemen pembelajaran secara elektronik, misalnya moodle, dan blackboard

3.      Mentor : Guru yang membimbing peserta dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan moda daring kombinasi.

4.      Moda daring kombinasi: Model pembelajaran bagi guru yang dilakukan secara daring dan tatap muka dengan didampingi oleh mentor serta difasilitasi oleh pengampu

5.      Smiley face: Instrumen untuk mengukur reaksi peserta terhadap proses pembelajaran, berupa “kepuasan peserta”


Di bawah ini 50 (lima puluh) istilah dan akronim pada Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang merupakan kelanjutan Program Guru Pembelajar.







0 komentar:

Post a Comment