01 August 2017

ISTILAH PADA MODUL KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK (KKA-2)


GLOSARIUM MODUL PEDAGOGIK KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK 
1.      Karakter : kata sifat, watak, akhlak, atau tabiat
2.      Minat : Sebagai suatu perangkat mental yang terdiri dari suatu campuran dari perasaan, harapan, pendirian,, prasangka, rasa takut atau kecenderungan lain yang mengarahkan individu kepada suatu pilihan tertentu

3.      Motivasi ekstrinsik : faktor yang dating dari luar individu tetapi memberi pengaruh terhadap kemauan belajar
4.      Pertumbuhan fisik : perubahan-perubahan fisik yang terjadi dan merupakan gejala primer dalam pertumbuhan remaja. Fisik atau tubuh manusia merupakan sistem organ yang kompleks dan sangat mengagumkan.
5.      Potensi peserta didik : kemampuan yang mungkin dikembangkan atau menunjang potensi lain. Potensi ini meliputi potensi fisik, intelektual, kepribadian, minat, potensi moral dan religious.
6.      Sosio-emosional : perubahan yang terjadi pada diri setiap individu dalam ranah afektif yang menyertai setiap keadaan atau perilaku individu.
7.      Periode pranatal : Periode sebelum lahir, masih dalam kandungan.
8.      Penalaran prakonvensional : Tingkat penalaran yang paling rendah dalam teori perkembangan moral Kohlberg, yakni penalaran moral masih dikendalikan oleh imbalan dan hukuman.
9.      Penalaran konvensional : Tingkat penalaran kedua atau tingkat menengah dalam teori perkembangan moral Kohlberg, yakni mau menaati standar-standar internal tertentu atau diri sendiri, tetapi masih belum mau menaati standar-standar internal orang lain, termasuk orang tua atau masyarakat.
10.  Penalaran pascakonvensional : Tingkat penalaran paling tinggi dalam teori perkembangan moral Kohlberg, yakni moralitas benar-benar diinternalisasi dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain.
Sumber


Wibowo, Hari dkk. 2017. Karakteristik Peserta Didik. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2 comments:

  1. Terimakasih atas informasi dan ilmunya

    ReplyDelete
  2. terima kasih telah berbaagi ilmu semoga ilmunya semakin bertambah lagi,

    ReplyDelete