GLOSARIUM
MODUL PEDAGOGIK KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK
1. Karakter
: kata sifat, watak, akhlak, atau tabiat
2. Minat
: Sebagai suatu perangkat mental yang terdiri dari suatu campuran dari
perasaan, harapan, pendirian,, prasangka, rasa takut atau kecenderungan lain
yang mengarahkan individu kepada suatu pilihan tertentu
3. Motivasi ekstrinsik
: faktor yang dating dari luar individu tetapi memberi pengaruh terhadap
kemauan belajar
4. Pertumbuhan fisik
: perubahan-perubahan fisik yang terjadi dan merupakan gejala primer dalam
pertumbuhan remaja. Fisik atau tubuh manusia merupakan sistem organ yang
kompleks dan sangat mengagumkan.
5. Potensi peserta didik
: kemampuan yang mungkin dikembangkan atau menunjang potensi lain. Potensi ini
meliputi potensi fisik, intelektual, kepribadian, minat, potensi moral dan
religious.
6. Sosio-emosional
: perubahan yang terjadi pada diri setiap individu dalam ranah afektif yang
menyertai setiap keadaan atau perilaku individu.
7. Periode pranatal
: Periode sebelum lahir, masih dalam kandungan.
8. Penalaran prakonvensional
: Tingkat penalaran yang paling rendah dalam teori perkembangan moral Kohlberg, yakni
penalaran moral masih dikendalikan oleh imbalan dan hukuman.
9. Penalaran konvensional
: Tingkat penalaran kedua atau tingkat menengah dalam teori perkembangan moral
Kohlberg, yakni mau menaati standar-standar internal tertentu atau diri
sendiri, tetapi masih belum mau menaati standar-standar internal orang lain,
termasuk orang tua atau masyarakat.
10. Penalaran pascakonvensional
: Tingkat penalaran paling tinggi dalam teori perkembangan moral Kohlberg,
yakni moralitas benar-benar diinternalisasi dan tidak didasarkan pada
standar-standar orang lain.
Sumber
Wibowo,
Hari dkk. 2017. Karakteristik Peserta
Didik. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
Terimakasih atas informasi dan ilmunya
ReplyDeleteterima kasih telah berbaagi ilmu semoga ilmunya semakin bertambah lagi,
ReplyDelete