JENIS-JENIS TEKS DI SMA/MA/SMK
KURIKULUM
2013 (REVISI)
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
No.
|
Kelas
X
|
Kelas
XI
|
Kelas
XII
|
1
|
Laporan hasil observasi
|
Prosedur
|
Surat lamaran pekerjaan
|
2.
|
Eksposisi
|
Eksplanasi
|
Teks sejarah
|
3.
|
Anekdot
|
Ceramah
|
Editorial
|
4.
|
Hikayat
|
Cerpen
|
Novel
|
5.
|
Negosiasi
|
Proposal
|
Artikel
|
6.
|
Debat
|
Karya ilmiah
|
Esai
|
7.
|
Biografi
|
Resensi
|
|
8.
|
Puisi
|
Drama
|
(sumber permendikbud nomor 24 tahun 2016 dan Silabus
Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA/MAK versi 2016 Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan)
KLASIFIKASI
JENIS-JENIS TEKS
RUANG LINGKUP
KOMPETENSI BERBASIS TEKS (GENRE)
GENRE
|
TIPE TEKS
|
Lokasi Sosial
|
Menggambarkan (Describing)
|
Laporan (Report):
melaporkan
informasi
|
Buku rujukan, dokumenter,
buku panduan, laporan eksperimental (penelitian), presentasi kelompok
|
Deskripsi:
menggambarkan peristiwa, hal, sastra
|
Pengamatan diri, objek,
lingkungan, perasaan, dll.
|
|
Menjelaskan (Explaining)
|
Eksplanasi: menjelaskan
sesuatu
|
Paparan, pidato/ceramah,
tulisan ilmiah (popular)
|
Memerintah (Instructing)
|
Instruksi/
Prosedur: menunjukkan bgm sesuatu dilakukan
|
Buku panduan/ manual
(penerapan), instruksi pengobatan, aturan olahraga, rencana pembelajaran
(RPP), instruksi, resep, pengarahan/pengaturan
|
Berargumen (Arguing)
|
Eksposisi:
memberi pendapat atau sudut pandang
|
(MEYAKINKAN/Mempengaruhi):
iklan, kuliah, ceramah/pidato, editorial, surat pembaca, artikel
Koran/majalah
|
Diskusi
|
(MENGEVALUASI suatu
persoalan dengan sudut pandang tertentu, 2 atau lebih)
|
|
Respon/ review
|
Menanggapi teks sastra,
kritik sastra, resensi
|
|
Menceritakan (Narrating)
|
Rekon (Recount): menceritakan peristiwa
secara berurutan
|
Jurnal, buku harian,
artikel Koran, berita, rekon sejarah, surat, log, garis waktu (time line)
|
Narasi:
menceritakan kisah atau nasehat
|
Prosa (Fiksi ilmiah,
fantasi, fabel, cerita rakyat, mitos, dll.), dan drama.
|
|
Puisi
|
Puisi, puisi rakyat
(pantun, syair, gurindam)
|
(Sumber Silabus Bahasa
Indonesia SMA/SMK/MA/MAK versi 2016 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)
0 komentar:
Post a Comment