RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
: SMA Negeri 2 Boyolali
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: X1/Ganjil
|
Materi Pokok
|
: Teks ceramah
|
Alokasi Waktu
|
: 6 x 45 Menit (2X
pertemuan)
|
A. Kompetensi
Inti
K1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
K2
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
K3
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, ceramahal, dan
metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
ceramahal pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
K4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
|
|
3.6
Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6.1 Mengidentifikasi
isi dan struktur dalam teks ceramah.
3.6.2 Mengidentifikasi
kaidah kebahasaan dalam teks ceramah
|
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
|
|
4.6
Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek
kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
4.6.1 Menentukan
aspek-aspek yang disunting dalam teks ceramah
4.6.2 Menyampaikan
hasil suntingan teks ceramah teks ceramah dengan memperhatikan penguasaan
materi. vokal, gesture, ekspresi, dan intonasi.
|
C.
Tujuan
pembelajaran
Melalui
kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL
dengan model saintifik
peserta didik dapat mengidentifikasi isi dan struktur dalam teks ceramah,
mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah, menentukan aspek-aspek
yang disunting dalam teks ceramah, dan menyampaikan hasil suntingan teks
ceramah teks ceramah dengan memperhatikan penguasaan materi. vokal, gestur,
ekspresi, dan intonasi dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab,
bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.
D. Materi
Struktur Teks Ceramah
·
Pembukaan
·
Isi
·
Penutup
E. Pendekatan, Metode dan
Model Pembelajaran
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Model Pembelajaran : Active Learning
3. Metode : diskusi kelompok, tanya jawab,
penugasan
G.
Media/Alat, dan Bahan Sumber
Belajar
1.
Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2.
Sumber
Belajar :
a. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas XI
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
1.
Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan
dan saling mendoakan.
2.
Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan
dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.
Peserta didik menyimak
kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif
tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
5.
Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati contoh teks ceramah yang dibawa.
2. Peserta didik mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks
ceramah.
Menanya
3. Peserta didik bertanya jawab tentang struktur dan kaidah kebahasaan
teks ceramah.
4. Peserta didik memberi komentar terhadap struktur dan kaidah kebahasaan
teks ceramah.
Menalar
1.
Peserta didik duduk secara
berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.
Peserta didik secara
berdiskusi mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks ceramah.
Mencoba
1. Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis struktur dan kaidah
kebahasaan teks ceramah.
5. Peserta didik mencoba menuliskan struktur dan kaidah kebahasaan teks
ceramah.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.
Peserta didik secara
berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
2.
Peserta didik yang lain memberikan komentar dan
masukan
atas penampilan temannya.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
70 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan guru
bersama peserta didik
1. Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1. Melakukan
penilaian.
2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks ceramah lainnya.
3. Menyampaikan
rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4. Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
10 menit
|
Pertemuan 2 (@4 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
1.
Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan
dan saling mendoakan.
2.
Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan
dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.
Peserta didik menyimak
kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif
tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
5.
Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
1.
Peserta
didik mengamati teks ceramah
2.
Peserta
didik mengidentifikasi aspek-aspek yang perlu disunting dalam teks ceramah
yang disajikan
Menanya
1.
Peserta
didik bertanya jawab tentang aspek-aspek yang perlu disunting dalam teks
ceramah yang disajikan
Menalar
1.
Peserta
didik menentukan aspek-aspek yang perlu disunting dalam teks ceramah yang
disajikan
Mencoba
1.
Peserta
didik mencoba menuliskan aspek-aspek yang disunting dalam teks ceramah yang
disajikan
Mengomunikasikan/menyajikan
1.
Peserta
menyampaikan hasil suntingan
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
150 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan guru bersama
peserta didik
1.
Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.
Melakukan
penilaian.
2.
Memberikan tugas kepada peserta didik
untuk Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
3.
Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian:
a.
Penilaian Sikap :Observasi/pengamatan
b.
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c.
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2. Bentuk Penilaian:
a.
Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b.
Tes tertulis :uraian dan lembar kerja
c.
Unjuk
kerja :lembar penilaian
presentasi
d.
Portofolio :pedoman
penilaian portofolio
3. Remedial
a.
Pembelajaran remedial
dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.
Tahapan pembelajaran
remedial dilaksanakan melalui remidial teaching
(klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.
Tes remedial, dilakukan
sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan,
maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
4.
Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai
nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.
Siswa yang mencapai nilai
diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.
Siswa yang mencapai nilai
diberikan materi
melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
LAMPIRAN: MATERI TEKS CERAMAH
Bagian-bagian teks ceramah meliputi
pembukaan, isi, penutup.
1.
Pembukaan
Berupa
pengenalan isu, masalah, ataupun pandangan pembicara tentang topic yang akan
dibahasnya. Bagian ini sama dengan isi dalam teks eksposisi, yang disebut
dengan isu.
2.
Isi
Berupa
rangkaian argument pembicara berkaitan dengan pendahuluan atau tesis. Pada
bagian ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat argument-argumen
pembicara.
3.
Penutup
Berupa
penegasan kembali atas pernyataan-pernyataan sebelumnya.
Menentukan topic yang dapat
dijadikan bahan ceramah adalah:
a.
pengalaman pribadi,
b.
hobi dan keterampilan,
c.
pengalaman dalam pekerjaan,
d.
pelajaran sekolah atau kuliah,
e.
pendapat pribadi,
f.
peristiwa hangat dan pembicara public,
g.
masalah keagamaan,
h.
problem pribadi,
i.
biografi tokoh terkenal, dan
j.
minat khalayak
INTRUMEN
PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan :
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Tahun pelajaran
: 2018/2019
Kelas/Semester :
XI / 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia–
Wajib
NO
|
WAKTU
|
NAMA
|
KEJADIAN/
PERILAKU
|
BUTIR SIKAP
|
POS/
NEG
|
TINDAK LANJUT
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
INSTRUMEN
PENUGASAN 1
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA
NEGERI 2 BOYOLALI
|
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
|
|
Kelas
|
:
|
XI
|
|
Kompetensi
dasar
|
:
|
3.6
|
Menganalisis
isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah
|
Indikator
|
:
|
3.6.1
|
Mengidentifikasi isi dan struktur dalam teks
ceramah.
|
|
|
3.6.2
|
Mengidentifikasi
kaidah kebahasaan dalam teks ceramah
|
Materi
|
:
|
Teks
ceramah
|
Contoh Tugas:
1.
Berkelompoklah
dan diskusikanlah struktur teks tentang sikap berbahasa para siswa.
Jelaskanlah
bagian yang merupakan tesis, rangkaian argument, dan penegasannya.
Bagian-bagian Teks
|
Isi Teks
|
Penjelasan
|
pembukaan
|
|
|
isi
|
|
|
Penutup
|
|
|
2.
Bacakanlah
laporan kerja kelompokmu di depan kelompok lain!
Tugas
1. Cermatilah kembali sebuah teks ceramah yang telah kamu
baca/simak
Secara
berkelompok, identifikasilah kaidah-kaidah yang ada pada teks tersebut
Catatlah
hasilnya dalam format laporan seperti berikut.
Topik :………………………….
Penceramah:…………………….
Tempat/waktu:…………………..
Kaidah Kebahasaan
|
Contoh
|
Kata ganti orang pertama
|
|
Kata ganti orang kedua (sapaan)
|
|
Kata sambung sebab akibat
|
|
Kata sambung temporal
|
|
Kata-kata teknis
|
|
Kata-kata mental
|
|
Kata-kata persuasive
|
|
INSTRUMEN
PENUGASAN 2
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA N 2 Boyolali
|
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
|
|
Kelas
|
:
|
XI
|
|
Kompetensi
dasar
|
:
|
4.6
|
Mengkonstruksi
ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan
menggunakan struktur yang tepat
|
Indikator
|
:
|
4.6.1
|
Menentukan aspek-aspek yang disunting dalam teks ceramah
|
|
|
4.6.2
|
Menyampaikan
hasil suntingan teks ceramah teks ceramah dengan memperhatikan penguasaan
materi. vokal, gesture, ekspresi, dan intonasi.
|
Materi
|
:
|
Teks ceramah
|
Contoh Tugas:
Susunlah kerangka untuk topik ceramah yang telah kamu
rumuskan.
Topik:………………………….
|
|
Pembukaan (tesis, pengenalan isu)
|
|
Isi (rangkaian argument)
|
|
Penutup (penegasan)
|
|
RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN
Nama Peserta didik/kelompok : …………………………………………………
Kelas :
…………………………………………………
Tanggal Pengumpulan :
...............................................................
No
|
Kategori
|
Skor
|
Alasan
|
1.
|
1. Apakah
teks ceramah yang ditulis lengkap ?
|
|
|
2.
|
3. Apakah
terdapat uraian tentang struktur ceramah?
|
|
|
3.
|
Apakah
bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan
sesuaidengan kaidah EYD?
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 =
sangat kurang
INSTRUMEN
TES TERTULIS
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
|
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
|
|
Kelas
|
:
|
XI
|
|
Kompetensi
dasar
|
:
|
3.6
|
Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam
ceramah
|
Indikator
|
:
|
3.6.1
|
Mengidentifikasi isi dan struktur dalam teks ceramah.
|
|
|
3.6.2
|
Mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah
|
Materi
|
:
|
Teks ceramah
|
Tes
Tertulis
Disediakan teks ceramah
1. Identifikasilah
struktur dan aspek kebahasaan dalam teks ceramah
2. Kemukakan hasil identifikasimu terhadap
struktur dan aspek kebahasaan teks ceramah
tersebut
Tertulis (soal HOTS)
a. Identifikasilah
teks ceramah dengan memperhatikan struktur
dan aspek kebahasaan dalam teks ceramah!
b. Buatlah
rancangan teks ceramah dengan memuat struktur
dan aspek kebahasaannya!
c. Presentasikanlah
hasil kerjamu dihadapan teman-temanmu.
RUBRIK PENILAIAN
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks ceramah
dengan sangat tepat
|
4
|
a.
Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks ceramah dengan tepat
|
3
|
|
b.
Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks ceramah dengan kurang tepat
|
2
|
|
c.
Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks ceramah dengan tidak tepat
|
1
|
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
3
|
Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat
tepat
|
4
|
|
d.
Peserta didik mengemukakan komentar
dengan tepat
|
3
|
|
e.
Peserta didik mengemukakan komentar
dengan kurang tepat
|
2
|
|
f.
Peserta didik mengemukakan komentar
dengan tidak tepat
|
1
|
INSTRUMEN
PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA N 2 Boyolali
|
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
|
|
Kelas
|
:
|
XI
|
|
Kompetensi
dasar
|
:
|
4.6
|
Mengkonstruksi
ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan
menggunakan struktur yang tepat
|
Indikator
|
:
|
4.6.1
|
Menentukan aspek-aspek yang disunting dalam teks ceramah
|
|
|
4.6.2
|
Menyampaikan
hasil suntingan teks ceramah teks ceramah dengan memperhatikan penguasaan
materi. vokal, gesture, ekspresi, dan intonasi.
|
Materi
|
:
|
Teks ceramah
|
1. Lembar Soal Keterampilan
Mari berlatih menyusun teks ceramah! Langkah-langkah
penyusunan teks ceramah sebagai berikut.
a.
Menginventarisasi
macam-macam kegiatan yang pernah atau dapat dilakukan.
b.
Menentukan tema
kegiatan
c.
Membuat kerangka
dalam bentuk topik-topik kegiatan secara garis besar.
d.
Mensistematisasikan
kerangka dengan benar dan mudah dipahami pembaca.
e.
Mengumpulkan
bahan-bahan.
f.
Mengembangkan
kerangka menjadi sebuah petunjuk yang jelas dan lengkap.
Buatlah
sebuah teks ceramah dengan baik dan
benar!
Rubrik Penilaian
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
Peserta didik membuat teks ceramah dengan sangat baik
|
4
|
g.
Peserta didik membuat teks ceramah dengan baik
|
3
|
h.
Peserta didik membuat teks ceramah kurang
baik
|
2
|
i.
Peserta didik membuat teks ceramah tidak baik
|
1
|
INSTRUMEN
PENILAIAN PORTO FOLIO
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA
NEGERI 2 BOYOLALI
|
||
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
|
||
Kelas
|
:
|
XI
|
||
Materi
|
:
|
Menganalisis Teks ceramah
|
||
Kompetensi
dasar
|
:
|
3.6
|
Menganalisis
isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah
|
|
|
|
4.6
|
Mengkonstruksi
ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan
menggunakan struktur yang tepat
|
|
Indikator
|
:
|
3.6.1
|
Mengidentifikasi isi dan struktur dalam teks
ceramah.
|
|
|
|
3.6.2
|
Mengidentifikasi
kaidah kebahasaan dalam teks ceramah
|
|
|
|
4.6.1
|
Menentukan
aspek-aspek yang disunting dalam teks ceramah
|
|
|
|
4.6.2
|
Menyampaikan
hasil suntingan teks ceramah teks ceramah dengan memperhatikan penguasaan
materi. vokal, gesture, ekspresi, dan intonasi.
|
Tugas I
1.
Simpan setiap tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas
masing-masing/tiap kelas beda warna map
2.
Buat rangkuman dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman
dibuat pada kertas folio bergaris.
3.
Batas waktu pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir
PEDOMAN
PENSKORAN:
KRITERIA
YANG DINILAI
|
SKOR
MAKSIMAL
|
Peserta didik menyimpan semua tugas
yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan tugas dikerjakan dengan benar,
serta dikumpulkan tepat waktu
|
4
|
Peserta didik menyimpan
tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang
lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu
|
3
|
Peserta didik menyimpan
tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang
lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu
|
2
|
Peserta didik menyimpan
tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan salah, dan
kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu
|
1
|
Peserta didik tidak menyimpan satu
pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak pernah mengumpulkan tugas
|
0
|
LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis Tugas :
Kelas :
Semester/ Tahun Pelajaran : / 2018 - 2019
No
|
Nama
Peserta didik
|
Tugas
KD
|
Nilai
|
Tanda
Tangan
|
Ket.
(Tgl
Pengumpulan)
|
|
Peserta
Didik
|
Guru
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KISI-KISI
SOAL HOTS
Tahun
Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XI
Semester : 1
(dua)
Kurikulum : 2013
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Kelas/
Semester
|
Indikator
Soal
|
Level
Kognitif
|
Bentuk
Soal
|
Nomor
Soal
|
1
|
3.6
Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah
|
Mengidentifikasi isi dan struktur dalam teks ceramah
|
XI/1
|
Disajikan
teks ceramah, peserta didik dapat mengidentifikasi isi dan struktur dalam teks ceramah
|
C4
|
Uraian
|
1
|
2
|
Mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks
ceramah
|
XI/1
|
Disajikan teks ceramah, peserta didik dapat mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah
|
C5
|
uraian
|
2
|
|
3
|
4.6 Mengkonstruksi ceramah
tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan
menggunakan struktur yang tepat
|
Menentukan aspek-aspek yang disunting dalam teks
ceramah
|
XI/1
|
Disajikan teks ceramah peserta didik
dapat menentukan aspek-aspek yang disunting dalam teks ceramah
|
C2
|
uraian
|
3
|
4
|
Menyampaikan hasil suntingan teks ceramah teks
ceramah dengan memperhatikan penguasaan materi. vokal, gesture, ekspresi, dan
intonasi.
|
XI/1
|
Disajikan teks ceramah peserta didik
dapat menyampaikan hasil suntingan teks ceramah teks ceramah dengan
memperhatikan penguasaan materi. vokal, gesture, ekspresi, dan intonasi.
|
C5
|
uraian
|
4
|
|
5
|
|
Mengomentari
teks ceramah
|
XI/1
|
Disajikan penampilan siswa membaca teks ceramah, peserta didik dapat
memberikan solusi terhadap pertanyaan teks ceramah dengan benar
|
C2
|
uraian
|
5
|
KARTU SOAL HOTS
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 1
(satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi
Dasar
|
:
|
3.6 Menganalisis isi,
struktur, dan kebahasaan dalam ceramah
4.6
Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek
kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat
|
Materi
|
:
|
Teks ceramah
|
Indikator Soal Nomor 1
|
:
|
Disajikan teks ceramah, peserta didik dapat mengidentifikasi isi dan struktur dalam teks ceramah
dengan benar
|
Indikator Soal Nomor 2
|
:
|
Disajikan teks ceramah, peserta
didik dapat mengidentifikasi kaidah
kebahasaan dalam teks ceramah dengan benar
|
Indikator Soal Nomor 3
|
:
|
Disajikan teks ceramah peserta didik dapat menentukan aspek-aspek yang
disunting dalam teks ceramah dengan benar.
|
Indikator Soal Nomor 4
|
:
|
Disajikan teks ceramah peserta didik dapat menyampaikan hasil suntingan
teks ceramah teks ceramah dengan memperhatikan penguasaan materi. vokal,
gesture, ekspresi, dan intonasi dengan benar.
|
Indikator Soal Nomor 5
|
:
|
Disajikan penampilan siswa membaca teks ceramah, peserta didik
dapat memberikan solusi terhadap pertanyaan teks
ceramah dengan benar
|
Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru
Mata Pelajaran,
Suyanta,
S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041989031014 NIP
197207081998011001
contoh teks ceramah, soal dan pembahasan kd 3.6 4.6 dong gan.
ReplyDeleteitu malah contohnya teks eksplanasi
trm kasih koreksinya... siaap
ReplyDeleteoke, ditunggu hasilnya
Deletesudah saya edit, Pak ............
DeleteIzin duplikat sebagai pembendaharaan disekolah kami terima kasih pak.
ReplyDeletesilakan, Pak Eko Joko Pramono... RPP ini sekadar pembanding
Deleteizin comot pak sebagai referensi, terima kasih.
ReplyDelete