RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah
|
: SMA
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa dan Sastra Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: X1/Ganjil
|
Materi Pokok
|
:Teks
Prosedur
|
Alokasi Waktu
|
: 6 x 45 Menit (2X pertemuan)
|
A. Kompetensi
Inti
K1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
K2
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
K3
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
K4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
|
|
3.1
Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan
dalam teks prosedur
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1 menunjukan pernyataan umum dalam suatu
kegiatan
3.1.2 menuliskan tahapan-tahapan sebagai
prosedur melakukan suatu kegiatan
|
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI
KI 4
|
|
4.1
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan
organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
4.1.1 mengungkapkan pernyataan umum dan
tahapan-tahapan secara lisan.
4.1.2 menuliskan pernyataan umum dan
tahapan-tahapan.
|
C. Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik,
dan CLIL dengan model saintifik peserta
didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan
tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan, mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan dan
menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan rasa
ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif
selama proses pembelajaran.
D.
Materi
Struktur
teks prosedur:
· Pernyataan Umum
· Tahapan-tahapan
· Penegasan ulang
E.
Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Model Pembelajaran :Active Learning
3. Metode : diskusi kelompok, tanya jawab,
penugasan
G.
Media/Alat, dan Bahan Sumber
Belajar
1.
Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2.
Sumber
Belajar :
a. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas XI
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan
dan saling mendoakan.
2.
Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan
dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.
Peserta didik menyimak
kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif
tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
5.
Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari,metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati dua contoh teks prosedur
2. Peserta didik mengidentifikasi dua contoh teks prosedur bersama-sama
Menanya
1. Peserta didik bertanya jawab tentang bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan
dalam teks prosedur
2. Peserta didik memberi komentar terhadap bentuk pernyataan umum dan
tahapan-tahapan dalam teks prosedur
Menalar
1.
Peserta didik duduk secara
berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.
Peserta didik secara
berdiskusi mengidentifikasi bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam
teks prosedur.
3.
Peserta didik secara
berkelompok mencari contoh teks prosedur lain dari berbagai sumber.
Mencoba
1.
Peserta didik mencoba
menentukan dan menganalisis bentuk pernyataan umum dari teks prosedur yang
dipilih.
2.
Peserta didik mencoba
menentukan dan menganalisis tahapan-tahapan dari teks prosedur yang dipilih.
3.
Peserta didik mencoba
menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan dalam
teks prosedur.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.
Peserta didik secara
berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
2.
Peserta didik yang lain memberikan komentar dan
masukan atas penampilan temannya.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
70 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan guru
bersama peserta didik
1. Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.
Melakukan
penilaian.
2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks prosedur lainnya dan memilih satu teks prosedur untuk diidentifikasi pernyataan umum
dan tahapan-tahapannya secara individu
3. Menyampaikan
rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4. Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
10 menit
|
Pertemuan 2 (@4 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan
dan saling mendoakan.
2.
Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan
dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.
Peserta didik menyimak
kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif
tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
5.
Peserta didik menerima informasi tentang hal-halyang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati video “langkah-langkah
membuat slime”.
2. Peserta didik mengidentifikasi video tersebut mana
yang termasuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan.
Menanya
1. Peserta didik bertanya jawab tentang video
“langkah-langkah membuat slime”.
2. Peserta didik memberi komentar terhadap video
tersebut mana yang termasuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan.
Menalar
1.
Peserta
didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.
Peserta
didik berdiskusi untuk mengidentifikasi bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan
dalam teks prosedur dalam video.
Mencoba
1.
Peserta
didik mencoba menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan sesuai dengan
video yang diamati.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.
Peserta
didik secara berkelompok mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya
secara lisan dengan memperhatikan intonasi dan lainnya.
2.
Peserta didik yang lain memberikan
komentar dan masukanatas
penampilan temannya.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
150 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan guru bersama
peserta didik
1.
Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.
Melakukan
penilaian.
2.
Memberikan tugas kepada peserta didik
untuk membawa contoh lain dari teks prosedur baik dari
koran, majalah atau buku sumber lainnya.
3.
Menyampaikan
rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya, yaitu struktur dan
unsur kebahasaan teks prosedur.
4.
Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian:
a.
Penilaian Sikap :Observasi/pengamatan
b.
Penilaian Pengetahuan : TesTertulis
c.
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2. Bentuk Penilaian:
a.
Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b.
Tes tertulis :uraian danlembar kerja
c.
Unjuk
kerja :lembar penilaian
presentasi
d.
Portofolio : pedoman penilaian
portofolio
3. Remedial
a.
Pembelajaran remedial
dilakukan bagi peserta
didik yang capaian KD-nya
belum tuntas
b.
Tahapan pembelajaran
remedial dilaksanakan melalui remidial teaching
(klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.
Tes remedial, dilakukan
sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan,
maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
4.
Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai
nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.
Siswa yang mencapai nilai
diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.
Siswa yang mencapai nilai
diberikan materi melebihi
cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
LAMPIRAN MATERI TEKS PROSEDUR
TEKS
PROSEDUR
A.
Contoh
Kiat Berwawancara Kerja
Bagi perusahaan, wawancara merupakan kesempatan untuk menggali kualifkasi calon pegawai secara lebih mendalam, melihat kecocokannya dengan posisi yang ditawarkan, kebutuhan dan sifat perusahaan. Wawancara pun menjadi ajang tanya jawab antara pewawancara dengan
calon.
Agar mudah dipahami oleh mitra bicara, kita harus berbicara dengan jelas. Jaga agar kita tidak berbicara terlalu cepat atau lambat, atur juga suara agar jelas terdengar. Suara yang terlalu pelan membuat kita terlihat kurang percaya diri, sementara suara yang terlalu keras membuat kita terlihat agresif. Penggunaan bahasa yang baik juga menjadi suatu keharusan.
Selain itu, perhatikan betul apa yang disampaikan pewawancara agar kita dapat memerikan jawaban yang relevan. Tak ada salahnya menanyakan kembali atau mencoba mengulangi pertanyaan yang diajukan untuk memastikan bahwa pemahaman kita sudah benar. Namun, jangan melakukannya terlalu sering karena justru akan membuat pewawancara mempertanyakan daya tangkap kita.
Bahasa tubuh pun ikut memegang peranan. Gerakan nonverbal seperti mengangguk atau sikap tubuh yang agak condong ke depan menunjukkan bahwa kita tertarik pada apa yang disampaikan si pewawancaraa. Pastikan pula kita menjaga kontak mata dengan pewawancara, karena kontak mata penting dalam proses komunikasi, termasuk dalam wawancara kerja.
Singkatnya, akan lebih baik jika kita
mampu menampilkan sikap yang antusias secara verbal maupun nonverbal. Oleh
karena itu, hindari bahasa tubuh yang dapat diartikan negatif, seperti
menggoyangkan kaki, mengetuk-ngetuk jari, atau menghindari kontak mata. Cara
berbicara
yang percaya diri namun tidak terkesan sombong dapat menarik minat pewawancara.
yang percaya diri namun tidak terkesan sombong dapat menarik minat pewawancara.
Pada saat berbicara, hindari uraian yang
panjang lebar dan berteletele. Cobalah mengemas kalimat secara singkat dan
terfokus, namun tetap menarik. Kita diharapkan mampu menunjukkan bahwa kita
adalah orang yang tepat untuk posisi yang ditawarkan. Ceritakanlah kemampuan
atau
pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Hindari mengkritik atasan atau rekan kerja sebelumnya karena ini menunjukkan sikap yang tidak profesional.
Selama wawancara berlangsung, jadilah diri sendiri. Ungkapan ini mungkin terdengar klise, namun jauh lebih baik menjadi diri sendiri dan berbicara dengan jujur, daripada mencoba mengatakan sesuatu yang menurut kita akan membuat pewawancara merasa terkesan. Jangan
melebih-lebihkan kualifkasi kita, apalagi mengelabui dengan memberikan data yang tidak benar. Cepat atau lambat, pewawancara akan menemukan bahwa data tersebut hanyalah karangan. Tunjukkan bahwa kita mampu mengenali diri kita sendiri dengan tepat.
pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Hindari mengkritik atasan atau rekan kerja sebelumnya karena ini menunjukkan sikap yang tidak profesional.
Selama wawancara berlangsung, jadilah diri sendiri. Ungkapan ini mungkin terdengar klise, namun jauh lebih baik menjadi diri sendiri dan berbicara dengan jujur, daripada mencoba mengatakan sesuatu yang menurut kita akan membuat pewawancara merasa terkesan. Jangan
melebih-lebihkan kualifkasi kita, apalagi mengelabui dengan memberikan data yang tidak benar. Cepat atau lambat, pewawancara akan menemukan bahwa data tersebut hanyalah karangan. Tunjukkan bahwa kita mampu mengenali diri kita sendiri dengan tepat.
Pewawancara biasanya memberikan kesempatan
kepada kita untuk mengajukan pertanyaan di akhir wawancara. Gunakanlah
kesempatan ini secara elegan dengan cara menunjukkan rasa ingin tahu kita
tentang lingkup dan deskripsi tugas posisi yang dilamar, kesempatan
pengembangan diri, dan sebagainya. Ini wajar, karena bersikap pasif dan
menyerahkan segala sesuatu kepada pihak perusahaan tidak akan menambah nilai kita
di mata pewawancara.
Calon yang mau bertanya dalam porsi yang tepat menunjukkan kesungguhan minatnya pada posisi yang ditawarkan dan juga pada perusahaan. Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan mengenai gaji dan tunjangan. Pewawancara sangat menghargai kandidat yang mampu menentukan nominal gaji yang ia harapkan, karena dianggap dapat melakukan penilaian atas kemampuannya dan tugas-tugas yang akan dilakukan. Tentu saja angkanya harus logis sambil tetap membuka kesempatan untuk negosiasi.
Dengan persiapan matang dan unjuk diri yang baik saat wawancara, kita telah meninggalkan kesan yang layak untuk dipertimbangan oleh perusahaan
(Sumber: “Unjuk Diri yang Baik dalam Wawancara Kerja” dalam Kompas dengan pengubahan).
Calon yang mau bertanya dalam porsi yang tepat menunjukkan kesungguhan minatnya pada posisi yang ditawarkan dan juga pada perusahaan. Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan mengenai gaji dan tunjangan. Pewawancara sangat menghargai kandidat yang mampu menentukan nominal gaji yang ia harapkan, karena dianggap dapat melakukan penilaian atas kemampuannya dan tugas-tugas yang akan dilakukan. Tentu saja angkanya harus logis sambil tetap membuka kesempatan untuk negosiasi.
Dengan persiapan matang dan unjuk diri yang baik saat wawancara, kita telah meninggalkan kesan yang layak untuk dipertimbangan oleh perusahaan
(Sumber: “Unjuk Diri yang Baik dalam Wawancara Kerja” dalam Kompas dengan pengubahan).
B.
Pengertian
Teks
prosedur adalah Teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang harus
dilaksanakan dalam melakukan suatu kegiatan sehingga suatu kegiatan itu dapat
terlaksana dengan baik dan berhasil..
C. Fungsi
Teks prosedur berfungsi
untuk menjelaskan langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan dalam
melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan sehingga pekerjaan atau kegiatan itu
dapat terlaksana dengan baik.
D. Struktur
Teks prosedur dibentuk oleh ungkapan tentang tujuan, langkahlangkah, dan penegasan ulang.
1. Tujuan merupakan pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks. Pada contoh teks berjudul “Kiat Berwawancara Kerja”, pendahuluan yang dimaksud berupa pengertian wawancara dan
manfaat bagi suatu perusahaan (paragraf 1)
2. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan (paragraf 2-9)
3. Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjukpetunjuk itu dijalankan dengan baik (paragraf 10)
Teks prosedur dibentuk oleh ungkapan tentang tujuan, langkahlangkah, dan penegasan ulang.
1. Tujuan merupakan pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks. Pada contoh teks berjudul “Kiat Berwawancara Kerja”, pendahuluan yang dimaksud berupa pengertian wawancara dan
manfaat bagi suatu perusahaan (paragraf 1)
2. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan (paragraf 2-9)
3. Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjukpetunjuk itu dijalankan dengan baik (paragraf 10)
E.
Aspek kebahasaan
Berikut aspek kebahasaan
teks prosedur.
1. Banyak menggunakan
kata-kata kerja perintah (imperatif). Kata
kerja imperatif dibentuk oleh akhiran –kan, -i, dan partikel –lah.
kerja imperatif dibentuk oleh akhiran –kan, -i, dan partikel –lah.
Bentuk dasar
|
Imbuhan/Partikel
|
Bentukan Kata
|
perhati
|
-kan
|
perhatikan
|
pasti
|
-kan
|
pastikan
|
tunjuk
|
-kan
|
tunjukkan
|
cerita
|
-kan
|
ceritakan
|
hindar
|
-i
|
hindari
|
jadi
|
-lah
|
jadilah
|
2. Banyak menggunakan kata-kata teknis yang berkaitan dengan topik yang dibahasnya.
3. Banyak menggunakan konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan
4. Banyak menggunakan pernyataan persuasif
5. Apabila prosedur itu berupa resep dan petunjuk penggunaan alat, akan digunakan gambaran terperinci tentang benda dan alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna.
INTRUMEN
PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan :
SMA …….
Tahun pelajaran
: 2018/2019
Kelas/Semester :
XI / 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia–
Wajib
NO
|
WAKTU
|
NAMA
|
KEJADIAN/
PERILAKU
|
BUTIR SIKAP
|
POS/
NEG
|
TINDAK LANJUT
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA ………
|
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia - Wajib
|
|
Kelas
|
:
|
XI
|
|
Kompetensi
dasar
|
:
|
3.1
|
Mengonstruksi informasi berupa
pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
Indikator
|
:
|
3.1.1
|
Menunjukan pernyataan
umum dalam suatu kegiatan
|
|
|
3.1.2
|
Menuliskan tahapan-tahapan sebagai
prosedur melakukan suatu kegiatan
|
Materi
|
:
|
Teks Prosedur
|
Contoh Tugas:
Jawablah pertanyaan
berikut!
|
|
1.
|
Mengapa
bagian atas dinamakan “penjelasan umum”?
|
2.
|
Apakah
tahapan-tahapan pada bagian selanjutnya sudah jelas?
|
3.
|
Apakah
perbedaan utama teks prosedur dengan jenis teks lainnya?
|
4.
|
Dari
isinya, menjelaskan tentang apakah teks prosedur tersebut?
|
5.
|
Bagaimana
karakteristik umum dari teks prosedur?
|
6.
|
Berdasarkan
isinya, apa fungsi teks prosedur?
|
7.
|
Kemukakanlah
sebuah contoh teks prosedur yang kamu temukan dari koran atau majalah!
|
Jawablah pertanyaan
berikut!
|
|
1.
|
Bacalah
kembali kedua teks berjudul “cara menghidupkan komputer”dan “cara mematikan komputer”! manakah
bagian-bagian yang termasuk ke dalam penyataan umum dan tahapan-tahapan
melakukan suatu kegiatan?
|
2.
|
Carilah
bacaan atau buku tentang perintah melakukan suatu kegiatan. Catatlah
langkah-langkahnya. Kemudian, simpulkan menurut pendapatmu sehingga kamu
memahami makna langkah-langkah tersebut!
|
INSTRUMEN
PENUGASAN2
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA …………
|
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
|
|
Kelas
|
:
|
XI
|
|
Kompetensi
dasar
|
:
|
4.1
|
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan
dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
|
Indikator
|
:
|
4.1.1
|
Mengungkapkan
pernyataan umum dan tahapan
|
|
|
4.1.2
|
Menuliskan pernyataan umum dan tahapan
|
Materi
|
:
|
Teks Prosedur
|
Contoh Tugas:
1.
Identifikasilah teks prosedur di atas berdasarkan format tabel berikut!
2. Dari
isinya menjelaskan tentang apakah teks prosedur itu?
3. Temukan
kata kerja imperatif pada teks prosedur di atas!
4. Temukan
enam konjungsi pada teks prosedur tersebut!
5. Temukan
pernyataan persuasif pada teks prosedur di atas!
6. Berikanlah
tanggapan dengan bahasamu sendiri pada teks tersebut?
7. Tuliskan
kembali isi teks prosedur tersebut dengan menggunakan bahasamu sendiri secara
singkat dan jelas!
|
RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN
Nama Peserta didik/kelompok : …………………………………………………
Kelas :
…………………………………………………
Tanggal Pengumpulan :
...............................................................
No
|
Kategori
|
Skor
|
Alasan
|
1.
|
1. Apakah teks
prosedur yang ditulis lengkap?
|
|
|
2.
|
3. Apakah terdapat
uraian tentang struktur prosedur?
|
|
|
3.
|
Apakah bahasa
yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan
kaidah PUEBI?
|
|
|
4.
|
Apakah terdapat pernyataan umum?
|
|
|
5.
|
Apakah terdapat tahapan-tahapan?
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Kriteria:
5 = sangatbaik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 =
sangat kurang
INSTRUMEN
TES TERTULIS
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA ……………..
|
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
|
|
Kelas
|
:
|
XI
|
|
Kompetensi
dasar
|
:
|
3.1
|
Mengonstruksi informasi berupa
pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
Indikator
|
:
|
3.1.1
|
Menunjukan pernyataan
umum dalam suatu kegiatan
|
|
|
3.1.2
|
Menuliskan tahapan-tahapan sebagai
prosedur melakukan suatu kegiatan
|
Tes
Tertulis
Disediakan dua teks prosedur
1. Identifikasilah
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
2. Tuliskan tahapan-tahapan dalam teks prosedur tersebut
3. Kemukakan komentarmu
terhadap kedua teks prosedur
tersebut
Tertulis (soal HOTS)
1.
Identifikasilah teks prosedur dengan memperhatikan
isi, pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam
teks prosedur!
2.
Buatlah rancangan teks prosedur dengan memuat pernyataan
umum dan tahapan-tahapannya!
3.
Presentasikanlah hasil kerjamu dihadapan
teman-temanmu.
RUBRIK PENILAIAN
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Peserta didik mengidentifikasi isi teks prosedur
dengan sangat tepat
|
4
|
a.
Peserta didik mengidentifikasi
isi teks prosedur dengantepat
|
3
|
|
b.
Peserta didik mengidentifikasi
isi teks prosedur dengan kurang tepat
|
2
|
|
c.
Peserta didik mengidentifikasi
isi teks prosedur dengan tidak tepat
|
1
|
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
2
|
Peserta didik menulis tahapan teks prosedur sangat
tepat
|
4
|
d.
Peserta didik menulis tahapan teks prosedur tepat
|
3
|
|
e.
Peserta didik menulis tahapan teks prosedurkurang
tepat
|
2
|
|
f.
Peserta didik menulis tahapan teks prosedur tidak
tepat
|
1
|
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
3
|
Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat
tepat
|
4
|
g.
Peserta didik mengemukakan komentar
dengan tepat
|
3
|
|
h.
Peserta didik mengemukakan komentar
dengan kurang tepat
|
2
|
|
i.
Pesertad idik mengemukakan komentar
dengan tidak tepat
|
1
|
INSTRUMEN
PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA
…………
|
||
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
|
||
Kelas
|
:
|
XI
|
||
Materi
|
:
|
Menganalisis dan memerankan dialog prosedur
|
||
Kompetensi
dasar
|
:
|
4.1
|
Merancang
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi
yang tepat secara lisan dan tulis
|
|
Indikator
|
:
|
4.1.1
|
Mengungkapkan
pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan.
|
|
|
|
4.1.2
|
Menuliskan
pernyataan umum dan tahapan-tahapan
|
1. Lembar Soal Keterampilan
1. Buatlah
sebuah teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan
umum dan tahapan-tahapannya.
2. Identifikasilah teks tersebut sesuai dengan pernyataan
umum dan tahapan-tahapannya.
2.
Rubrik
Penilaian
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan umum dan tahapan-tahapannyasangat
sesuai isi teks
|
4
|
j.
Peserta didik membuat teksprosedur dengan
memperhatikan pernyataan
umum dan tahapan-tahapannya sesuai isi teks
|
3
|
|
k.
Peserta didik membuat teksprosedur dengan
memperhatikan pernyataan
umum dan tahapan-tahapannya kurang sesuai isi
teks
|
2
|
|
l.
Peserta didik membuat teksprosedur dengan
memperhatikan pernyataan
umum dan tahapan-tahapannya tidaksesuaiisiteks
|
1
|
|
2
|
Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks
prosedur sangat
lengkap dan sangat sesuai dengan topik
|
4
|
m.
Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan
teks prosedur lengkapdansesuaidengantopik
|
3
|
|
n.
Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan
teks prosedur kurang
lengkap dan kurang dengantopik
|
2
|
|
o.
Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan
teks prosedur tidak
lengkap dan tidak sesuai isi teks
|
1
|
INSTRUMEN
PENILAIAN PORTO FOLIO
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA
……………
|
||
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
|
||
Kelas
|
:
|
XI
|
||
Materi
|
:
|
Menganalisis Teks prosedur
|
||
Kompetensi
dasar
|
:
|
3.1
|
Mengonstruksi informasi berupa
pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
|
|
|
4.1
|
Merancang
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi
yang tepat secara lisan dan tulis
|
|
Indikator
|
:
|
3.1.1
|
Menunjukan pernyataan umum dalam suatu
kegiatan
|
|
|
|
3.1.2
|
Menuliskan
tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan
|
|
|
|
4.1.1
|
Mengungkapkan
pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan.
|
|
|
|
4.1.2
|
Menuliskan
pernyataan umum dan tahapan-tahapan
|
Tugas I
1.
Simpan setiap tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas
masing-masing/tiap kelas beda warna map
2.
Buat rangkuman dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman
dibuat pada kertas folio bergaris.
3.
Batas waktu pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir
PEDOMAN
PENSKORAN:
KRITERIA
YANG DINILAI
|
SKOR
MAKSIMAL
|
Peserta didikmenyimpan semua
tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan tugas dikerjakan dengan
benar, serta dikumpulkan tepat waktu
|
4
|
Peserta didik menyimpan
tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang
lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu
|
3
|
Peserta didik menyimpan
tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang
lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu
|
2
|
Peserta didik menyimpan
tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan salah, dan
kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu
|
1
|
Peserta didiktidak menyimpan satu
pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak pernah mengumpulkan tugas
|
0
|
LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis Tugas :
Kelas :
XI
Semester/ Tahun Pelajaran : 1/
2018/2019
No
|
Nama
Peserta didik
|
Tugas
KD
|
Nilai
|
Tanda
Tangan
|
Ket.
(Tgl
Pengumpulan)
|
|
Peserta
Didik
|
Guru
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KISI-KISI
SOAL HOTS
Tahun
Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XI
Semester : 1
(dua)
Kurikulum : 2013
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Kelas/
Semester
|
Indikator
Soal
|
Level
Kognitif
|
Bentuk
Soal
|
Nomor
Soal
|
1
|
3.1 Mengonstruksi informasi berupa
pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
Menunjukan pernyataan umum dalam suatu
kegiatan
|
XI/1
|
Disajikan
teks prosedur, peserta didik dapat menunjukan
pernyataan umum dalam suatu kegiatan
|
C4
|
Uraian
|
1
|
2
|
Menuliskan tahapan-tahapan sebagai
prosedur melakukan suatu kegiatan
|
XI/1
|
Disajikan teks prosedur,
peserta didik dapat menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur
melakukan suatu kegiatan
|
C5
|
uraian
|
2
|
|
3
|
4.1 Merancang
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi
yang tepat secara lisan dan tulis
|
Mengungkapkan pernyataan umum
dantahapan-tahapan secara lisan.
|
XI/1
|
Disajikan teks
prosedur peserta didik dapat mengungkapkan
pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan.
|
C2
|
uraian
|
3
|
4
|
Menuliskan pernyataan umum dan
tahapan-tahapan
|
XI/1
|
Disajikan teks
prosedur peserta didik dapat menuliskan
pernyataan umum dan tahapan-tahapan.
|
C5
|
uraian
|
4
|
|
5
|
Mengomentari
teks prosedur
|
XI/1
|
Disajikan video tentangprosedurpeserta didik dapat
memberikan solusi terhadap pertanyaan teks prosedur dengan benar
|
C2
|
uraian
|
5
|
KARTU SOAL HOTS
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 1(satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi
Dasar
|
:
|
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
Materi
|
:
|
Teks prosedur
|
Indikator Soal Nomor 1
|
:
|
Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menunjukan pernyataan
umum dalam suatu kegiatan dengan
benar
|
Indikator Soal Nomor 2
|
:
|
Disajikan teks prosedur, peserta
didik dapat menuliskan
tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatandengan benar
|
Indikator Soal Nomor 3
|
:
|
Disajikan teks prosedur peserta didik dapat mengungkapkan
pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan dengan jelas.
|
Indikator Soal Nomor 4
|
:
|
Disajikan teks prosedur peserta didik dapat menuliskan
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan benar.
|
Indikator Soal Nomor 5
|
:
|
Disajikan video tentang prosedur peserta didik dapat
memberikan solusi terhadap pertanyaan teks prosedur dengan benar
|
Boyolali,
2 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 2
Boyolali Guru
Mata Pelajaran,
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041989031014 NIP
197207081998011001
Assalamualaikum. Terima kasih Pak Zuhri sudah membagikan contoh RPPnya, ini sangat membantu saya dalam menyusun RPP.
ReplyDeleteSaya izin mengcopy ya, Pak Zuhri. Terima kasih.
terima kasih pak zuhri sdh mengshare rppnya sgt membantu sekali..
ReplyDeletebagus sekli rpp nya, kegiatanny sederhana, tersistem, dan komplit. Saya yakin, tujuan pembelajaran akan tercapai...terima kasih ya Pak
ReplyDeleteusps postage
ReplyDeleteforever stamps
stamps
the best pak zuhri
ReplyDelete