RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 8
Sekolah :
SMP ………….
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VIII/1
Materi Pokok : Unsur-unsur
pembangun Teks Puisi
Alokasi Waktu :
6
x 40 menit (3 pertemuan )
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun,
percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif
sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat
dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara
kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah
konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B.
KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
|
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
3.8
|
Menelaah
unsur-unsur pembangun teks puisi(perjuangan, lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/ atau keragaman budaya,
dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca
|
3.8.1
3.8.2.
3.8.3
|
Menentukan
unsur-usur pembangun puisi
Menjelaskan
unsur-unsur pembangun puisi dari segi bentuk
Menjelaskan
unsur-unsur pembangun puisi dari segi isi
|
4.8
|
Menyajikan gagasan, perasaan, dan pendapat dalam bentuk teks puisi secara
tulis/lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi
|
4.8.1
4.8.2
4.8.3
|
Menjawab pertanyaan
tentang unsur-unsur pembangun puisi
Menyimpulkan unsur-unsur pembangun puisi dari segi bentuk dan isi
Menulis puisi bebas sesuai dengan unsur-unsur
pembangunnya
|
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti
pembelajaran tentang unsur-unsur
pembangun puisi, siswa diharapkan dapat:
1.
menentukan informasi tentang unsur-unsur pembangun puisi secara benar .
2.
menentukan unsur-unsur
pembangun puisi dari segi lahir (bentuk) secara benar.
3.
Menentukan
unsur-unsur pembangun puisi dari segi isi(makna) secara benar.
Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti
pembelajaran tentang unsur-unsur
pembangun puisi, siswa diharapkan dapat:
1.
Menjelaskan
unsur-unsur pembangun puisi dari
segi lahir (bentuk)secara benar.
2.
Menjelaskan unsur-unsur pembangun puisi dari segi
isi( makna) secara benar.
Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti pembelajaran unsur-unsur pembangun puisi, siswa diharapkan dapat:
1. Menjawab
pertanyaan tentang unsur-unsur pembangun puisi dengan benar.
2. Menyimpulkan unsur-unsur
pembangun puisi
dengan benar.
3. Menulis puisi bebas sesuai tema yang sudah ditentukan dengan benar.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Pengertian unsur-unsur
pembangun puisi
2.
Macam-macam unsur pembangun puisi
3.
Langkah-langkah menulis puisi
E. METODE/MODEL PEMBELAJARAN
-
Saintifik
F. MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media::
-
LCD proyektor
2.
Bahan :
a.
Teks puisi “ Sesat” karya Muhzarodin
b.
Unsur-unsur pembangun
puisi
3.
Sumber belajar:
Harsiati,.Titik
dkk.2016. Buku
Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8. Jakarta: Pusat Kurikulum
dan Perbukuan Kementerian, Balitbang, Kemdikbud,
Harsiati,.Titik
dkk. 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia
SMP/MTs Kelas 8. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Kementerian, Balitbang, Kemdikbud.
Kemdikbud.
2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia
edisi 4. Badan Jakarta: Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. .
Keraf Gorys, 1991. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.
Rahmanto. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta:
Kanisius.
Sumardjo, Jakob. 1983. Himpunan Materi Seni Sastra
1,2,3. Solo : Tiga Serangkai.
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
- Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa. (PPK)
- Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
-
Guru menyampaikan KD, indikator, dan tujuan
pembelajaran yang akan dilakukan.
-
Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan
yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan Inti
|
-
Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok yang terdiri dari empat orang. (4C-collaboration)
-
Siswa membaca puisi yang
berjudul “Sesat” Karya Muhzarodin. (literasi)
-
Siswa secara
berkelompok merumuskan
unsur-unsur pembangun
puisi (4C)
-
Siswa mengidentifikasi struktur lahir/bentuk puisi. (HOTS)
-
Siswa
mengidentifikasi struktur batin/isi puisi.
- Dengan dipandu guru, siswa membuat pertanyaan
secara berkelompok mengenai unsur-unsur
pembangun puisi.
- Masing-masing kelompok
mencari informasi dari berbagai sumber informasi atau berdiskusi dengan
anggota kelompoknya tentang unsur-unsur pembangun puisi. (literasi)
- Siswa menuliskan informasi yang diperoleh dari berbagai
sumber tentang unsur-unsur pembangun puisi.
- Siswa mempresentasikan
hasil kerja diskusi kelompok di depan kelas. (4C-communication)
- Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan.
|
60’
|
Penutup
|
- Guru memberi penguatan terkait dengan materi yang
telah dipelajari.
- Siswa dibantu oleh guru menyimpulkan hasil
pembelajaran yang telah berlangsung.
- Siswa menerima tugas dari guru untuk
menemukan unsur-unsur pembangun puisi dari teks puisi yang sudah ditentukan (HOTS)
- Siswa merefleksi proses KBM yang berlangsung.
- Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar
mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. (PPK)
|
10’
|
Pertemuan Kedua
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
- Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
- Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dilakukan.
-
Guru memberikan motivasi kepada siswa
-
Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan
yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan Inti
|
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang
terdiri atas empat orang.
- Siswa menelaah puisi ditentukan oleh guru menurut
unsur-unsur pembangunnya.
- Setiap kelompok membacakan hasil telaah puisinya.
-
Dengan dipandu guru, siswa membuat pertanyaan
secara berkelompok mengenai unsur-unsur pembangun puisi yang yang ditelaahnya..
- Siswa menukarkan hasil kerja dengan hasil kerja
kelompok lain.
- Setiap kelompok memberikan penilaian atas hasil
kelompok lain.
- Setiap kelompok menyampaikan hasil penilaiannya,
kelompok lain menanggapi.
|
60’
|
Penutup
|
- Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran
yang telah berlangsung.
- Siswa menerima tugas dari guru, yaitu menulis puisi
bebas sesuai dengan tema yang ditentukan..
- Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar
mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.
|
10’
|
Pertemuan Ketiga
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
-
Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
-
Guru menyampaikan KD, indikator, dan tujuan
pembelajaran yang akan dilakukan.
-
Guru memberikan motivasi kepada siswa
-
Guru dan siswa menyepakati langkah- langkah kegiatan
yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan Inti
|
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang
terdiri atas 4 orang.
- Siswa secara berkelompok menulis puisi bebas dengan tema yang sudah ditentukan dengan memperhatikan
unsur-unsur pembangunnya.
- Setiap kelompok membacakan puisi hasil ciptaannya.
- Dengan dipandu guru, siswa membuat
pertanyaan yang berkaitan dengan unsur-unsur pembangun puisi.
- Siswa mempresentasikan hasil diskusi
kelompok di depan kelas.
- Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan
tanggapan tentangunsur-unsur pembangun puisi yang diciptakannya..
|
60’
|
Penutup
|
- Guru memberi penguatan terkait dengan materi yang
telah dipelajari.
- Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran
yang telah berlangsung.
- Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar
mengajar dengan mengucap syukur.
|
10’
|
H. PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN
PENGAYAAN
1.
Teknik Penilaian
a.
Sikap (spiritual dan sosial)
Observasi (jurnal)
b.
Pengetahuan
1)
Tes tertulis (Uraian)
2)
Penugasan (Lembar Kerja)
c.
Keterampilan :
Praktik (Penilaian Praktik)
2. Pembelajaran Remedial
Tulis kegiatan pembelajaran remedial
antara lain dalam bentuk:
•
pembelajaran ulang
•
bimbingan
perorangan
•
belajar kelompok
•
pemanfaatan tutor
sebaya
bagi siswa yang belum mencapai
ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi
kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan
dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam
bentuk tugas mengerjakan
soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan
mewawancarai narasumber.
A.
Penilaian
a.
Pengamatan Sikap
a) Teknik Penilaian :observasi
b) Kisi-kisi
No
|
Sikap/Nilai
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Mensyukuri keberadaan bahasa
Indonesia
|
-
Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia dalam menyajikan informasi lisan
maupun tulisan di dalam kelas maupun di luar kelas
|
1
|
2
|
Jujur
|
-
Menunjukkan sikap jujur dalam kegiatan pembelajaran
|
2
|
3
|
Santun
|
1.
Terbiasa menggunakan pilihan kata kalimat, dan gestur dengan santun dalam
setiap komunikasi
2.
Tidak menyela pembicaraan orang lain
|
3
4
|
4
|
Percaya Diri
|
1.
Terbiasa berinisiatif dalam
bahasan memecahkan masalah.
2.
Terbiasa memberi pendapat dalam
bahasan pemecahan masalah.
|
5
6
|
c) Bentuk instrumen :
observasi
d) Instrumen
Lembar Pengamatan Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Santun
|
Percaya diri
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian sikap religius
Rubrik
|
Skor
|
1. Tidak pernah menggunakan bahasa
Indonesia dalam menyajikan informasi lisan maupun tulisan di dalam kelas
maupun di luar kelas
|
1
|
2.
Kadang-kadang menggunakan bahasa Indonesia
dalam menyajikan informasi lisan maupun tulisan di dalam kelas maupun di luar
kelas
|
2
|
3.
Sering menggunakan bahasa
Indonesia dalam menyajikan informasi lisan maupun tulisan di dalam kelas
maupun di luar kelas
|
3
|
4.
Selalu menggunakan bahasa Indonesia dalam menyajikan informasi lisan
maupun tulisan di dalam kelas maupun di luar kelas
|
4
|
Rubrik penilaian sikap jujur
Rubrik
|
Skor
|
1. Sikap jujursama sekali tidak ditunjukan dalam
melakukan kegiatan
|
1
|
2.
Sikap jujur sudah ditunjukan dalam melakukan kegiatan tetapi masih
sedikit dan belum ajeg/konsisten
|
2
|
3.
Sikap jujur sudah ditunjukan dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
|
3
|
4.
Sikap jujur sudahditunjukan dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
|
4
|
Rubrik penilaian sikap santun
Rubrik
|
Skor
|
1.
Tidak terbiasa menggunakan pilihan kata kalimat, dan gestur dengan santun
dalam setiap komunikasi dan tidak menyela pembicaraan orang lain
|
1
|
2.
Kadang-kadang menggunakan pilihan kata kalimat, dan gestur dengan santun
dalam setiap komunikasi dan tidak menyela pembicaraan orang lain
|
2
|
3.
Sering menggunakan pilihan kata kalimat, dan gestur dengan santun dalam
setiap komunikasi dan tidak menyela pembicaraan orang lain
|
3
|
4.
Selalu menggunakan pilihan kata kalimat, dan gestur dengan santun dalam
setiap komunikasi dan tidak menyela pembicaraan orang lain
|
4
|
Rubrik penilaian sikap percaya diri
Rubrik
|
Skor
|
1. Tidak pernah berinisiatif dalam
memecahkan masalah dan tidak pernah memberi pendapat dalam bahasan pemecahan
masalah.Sikap percaya dirisama sekali tidak ditunjukan dalam melakukan kegiatan
|
1
|
2.
Kadang-kadang berinisiatif dalam memecahkan masalah dan
kadang-kadang memberi pendapat dalam
bahasan pemecahan masalah.Sikap percaya dirikadang-kadangditunjukan dalam melakukan kegiatan
|
2
|
3.
Sering berinisiatif dalam memecahkan masalah dan sering memberi pendapat dalam bahasan pemecahan
masalah.Sikap percaya diriseringditunjukan dalam
melakukan kegiatan
|
3
|
4.
Selalu berinisiatif dalam memecahkan masalah dan selalu memberi pendapat dalam bahasan pemecahan
masalah.Sikap percaya selaluditunjukan dalam
melakukan kegiatan
|
4
|
e) Pedoman
Penilaian Sikap
Nilai = Skor yang diperoleh x
100
Skor maksimal
b.
Penilaian Pegetahuan
a) Teknik Penilaian :Tes
tertulis
b) Kisi-kisi
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
3.8.1
Menyebutkan unsur-unsur
pembangun puisi
3.8.2
Menjelaskan
unsur pembangun puisi dari segi lahir/ bentuk
3.8.3
Menjelaskan
unsur pembangun puisi dari segi isi/ makna
|
5
|
c) Bentuk instrumen :
Uraian non objektif
d) Instrumen
AYAH
Kerut di wajah tanda usia senja
Tak menghalangi langkah
tegarmu
Mandi keringat
membanting tulang
Demi kami semua
keluargamu
Fajar menyingsing kau
melangkah
Di senja hari baru kau
kembali
Hanya ada satu tujuan
mulia
Memberi sinar bahagia
bagi kami
Kau memohon pada Tuhan
Berkah keselamatan
untuk ayah
Memberi rahmad dan
kekuatan
Melindungi jalan
kehidupannya
Karya
Yayuk Pratiwi.
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1. Sebutkan
unsur-unsur pembangun puisi yang Anda ketahui!
2. Jelaskan :
a.
Rima yang digunakan dalam puisi yang berjudul “Ayah”
b.
Temukan penggunaan majas yang ter dapat
pada puisi di atas!
c.
Bagaimana pemilihan diksi dalam puisi di
atas!
3.
Apakah tema puisi di atas?
4.
Pesan apa yang ingin disampaikan
pengarang melalui puisi tersebut!
5.
Jelaskan suasana yang tergambar dalam
puisi tersebut!
Pedoman Penskoran
No.
|
Aspek dan Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Kelengkapan
a.
Unsur
pembangun puisi lengkap
b.
Unsur
pembangun puisi kurang lengkap
c.
Unsur
pembangun puisi tidak lengkap
|
3
2
1
|
2.
|
Kesesuaian
a.
Data (kalimat) mendukung atau sesuai dengan unsur pembangun puisi yang dimaksud
b.
Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan unsur pembangun puisi yang dimaksud
c.
Data (kalimat) tidak mendukung atau tidak sesuai
dengan unsur pembangun
puisi yang dimaksud
|
3
2
1
|
e). Pedoman
Penilaian Pengetahuan
Nilai = Skor yang diperoleh x
100
Skor maksimal
c.
Penilaian Keterampilan
a) Teknik Penilaian :Tes
tertulis
b) Kisi-kisi
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
4.3.1 Menulis puisi menurut unsur-unsur pembangunnya
|
4
|
c) Bentuk instrumen :
Uraian
d) Instrumen
1) Setelah memahami unsur-unsur pembangun teks puisi, susunlah
kata-kata tersebut menjadi sebuah puisi!
e)
Pedoman Penilaian Keterampilan
Nilai = Skor yang diperoleh x
100
Skor
maksimal
………., 15 Juli 2017
Mengetahui,
Kepala, Guru,
LAMPIRAN
SESAT
Aku
anak Jawa
Yang
ke Cina harus bersepeda
Yang
ke Amerika harus berkuda
Aku anak sekolah
Matematika
aku tak bias
Sejarah
tak pernah baca
Kimia
banyak senyawa
Fisika
banyak rumusnya
Aku
anak saleh shalat aku terlambat
Kadang
aku tak berangkat
Aku
takut tidak selamat
Di
dunia dan di akherat
Kata
Pak Ustad
Aku
harus segera bertobat
Karya:
Muhzarodin
Sumber
: Kaki Langit Sastra Pelajar
0 komentar:
Post a Comment