21 September 2017

Makna Kata Berlambang / Simbolik

Pembahasan soal UN 2017/2018 Bahasa Indonesia SMA/MA
Menentukan makna kata berlambang/simbolik

Kunci jawaban: C
Pembahasan
Soal di atas menanyakan makna kata pada karya sastra. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018 termasuk ke ruang lingkup materi membaca sastra level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kompetensi yang diuji adalah Mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik.
BACA BEDAH KISI-KISI UN 2017/2018BAHASA INDONESIA SMA/MA
Makna lambang mercusuar dalam kutipan tersebut adalah penuntun (jawaban C). Fungsi mercusuar adalah sebagai pedoman/penunjuk arah bagi pelaut. Penggunaan kata mercusuar untuk melambangkan janji setia yang berfungsi sebagai pedoman atau dasar sikap/tindakan tokoh Sie untuk mencintai suaminya apa adanya dan merawatnya dengan sungguh-sungguh.
Penggunaan kata berlambang oleh penyair termasuk majas simbolik. Majas simbolik merupakan gaya bahasa yang membandingkan suatu hal dengan simbol lain, dapat berupa lambang, tokoh, hewan, ataupun benda. Simbol yang digunakan dalam majas ini mempunyai makna tertentu yang mewakili suatu hal yang ingin disampaikan (http://dosenbahasa.com/contoh-majas-simbolik). Penggunaan simbol atau lambang tentunnya memiliki kesamaan sifat atau ciri antara simbol atau lambang dengan sesuatu hal yang ingin disampaikan.
Untuk menentukan makna lambang mercusuar pada kutipan teks tersebut dapat dilakukan dengan memahami makna mercusuar dan dikaitkan dengan konteks penggunaan dalam teks.

Mercusuar adalah sebuah bangunan menara dengan sumber cahaya di puncaknya untuk membantu navigasi kapal laut. ... Mercusuar biasanya digunakan untuk menandai daerah-daerah yang berbahaya, misalnya karang dan daerah laut yang dangkal (https://id.wikipedia.org/wiki/Mercusuar).
Bangunan tinggi ini biasanya didirikan di kawasan laut yang dipenuhi oleh batuan karang, atau pada perairan laut dangkal yang luas. Dilengkapi sistem lampu sorot yang bersinar terang pada malam hari. Mercusuar sangat membantu para pelaut untuk lebih berhati-hati membawa kapalnya di kawasan laut (http://fungsi.info/fungsi-mercusuar/)
Berdasarkan penjelasan di atas salah satu fungsi mercusuar adalah sebagai pedoman bagi pelaut. Kata yang memiliki makna yang sama/hampir sama adalah penuntun. penuntun/pe·nun·tun/ n 1 petunjuk untuk melakukan suatu pekerjaan; pedoman; 2 alat untuk menuntun; 3 orang yang menuntun; (https://kbbi.web.id/tuntun).
Pada kutipan di atas kata mercusuar melambangkan janji setia. Bagi pelaut mercusuar adalah pedoman/arah berlayar di lautan. Bagi istri janji setia adalah pedoman/penuntun dalam mengarungi bahtera kehidupan.
Ringkasan Materi
Pengertian Majas Simbolik
Majas simbolik termasuk dalam salah satu kategori majas perbandingan. Sesuai dengan namanya, majas simbolik merupakan gaya bahasa yang membandingkan suatu hal dengan simbol lain, dapat berupa lambang, tokoh, hewan, ataupun benda. Simbol yang digunakan dalam majas ini mempunyai makna tertentu yang mewakili suatu hal yang ingin disampaikan.
Fungsi Majas Simbolik
Fungsi penggunaan majas simbolik adalah untuk memperhalus makna sesungguhnya yang ingin disampaikan serta memberikan efek yang menarik bagi pendengar. Majas simbolik dapat digunakan untuk menyampaikan gagasan, mengkritik atau beropini terhadap suatu hal atau seseorang. Dengan kata lain, majas simbolik digunakan untuk menyampaikan pesan secara tersirat atau implisit. Simbol yang digunakan merupakan simbol yang sudah umum digunakan. Baik pembicara maupun lawan bicara sudah mengetahui tentang simbol yang digunakan.
Contoh Majas Simbolik
Berikut disajikan beberapa penggunaan majas simbolik dalam kalimat:

  1. Warna putih adalah warna kesukaan ibu karena melambangkan kesucian.
  2. Warna merah pada bendera negara Indonesia melambangkan keberanian.
Macam-macam kata Berlambang
Kata berlambang dalam karya sastra, khususnya puisi dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
a. Lambang benda
Perhatikan contoh berikut.

Burung dara jantan
Yang dulu kau pelihara
Kini telah terbang menemui jodohnya
(WS Rendra)

Baris burung dara jantan merupakan lambang/simbol yang berarti anak laki-laki.
b. Lambang warna
Pada contoh di bawah ini lambang warna hitam digunakan untuk mengungkapkan perasaan duka.
Ini dari kami bertiga
Pita hitam pada karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang ditembak mati
Siang tadi
Salemba
(Karangan Bunga karya Taufik Ismail)
c. Lambang bunyi
Lambang bunyi berarti makna khusus bunyi alat musik atau perpaduan bunyi-bunyi tertentu.

Seruling di pasir ipis, merdu
Antara gundukan pohonan pina
Tembang menggema di dua kaki
Burangrang-Tangkubanperahu
(Priangan Si Jelita karya Ramadhan K.H.)
d. Lambang suasana

Lambang suasana berarti menggambarkan suatu peristiwa atau keadaan dengan hal lain. Perhatikan contoh berikut.
Tuhanku
aku mengembara di negeri asing
Tuhanku
di pintu-Mu aku mengetuk
aku tidak bisa berpaling
(Doa karya Chairil Anwar)
Pada baris yang ditandai dengan garis bawah, penyair mencoba mengungkapkan suasana kegelisahan karena jauh dari Tuhan. Kegelisahan itu dilambangkan dengan mengembara di negeri yang asing  (http://bahasapedia.com/kata-konotasi-dan-lambang-dalam-puisi/).

BACA PEMBAHASAN SOAL NOMOR 1-25 SOAL UN 2016/2017

2 comments: