16 September 2017

MEMBANDINGKAN BERBAGAI TEKS (ISI, POLA PENYAJIAN, BAHASA)

PERBEDAAN ISI DUA TEKS
PEMBAHASAN SOAL UN 206/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA (NOMOR 14)
BACA JUGA: PREDIKSI SOAL, KUNCI JAWABAN, DAN PEMBAHASAN LENGKAP 50 NOMOR KLIK DI SINI

KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN
Kunci Jawaban: E
Pembahasan
Soal di atas menanyakan perbedaan isi kedua teks. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2016/2017 Bahasa Indonesia SMA termasuk ke ruang lingkup materi membaca nonsastra level kognitif penalaran. Kompetensi yang diuji yaitu menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks.


Isi teks 1 adalah populasi gajah sumatera. Hal ini dapat disimpulkan dari kalimat kedua, ketiga, dan keempat yang menjelaskan jumlah / populasi gajah sumatera yang tersisa di alam liar (sekitar 2000 -2700), dan yang mati dibunuh dan diracun manusia. 
Isi teks 2 adalah perkembangan kelinci sumatera yang awalnya hidup liar di Afrika dan mulai dikenal di Nusantara saat masa kolonial.  
Ringkasan Materi
MENYIMPULKAN PERSAMAAN DAN PERBEDAAN ISI TEKS

Menyimpulkan merupakan bentuk penalaran dengan menghubung-hubungkan data/fakta-fakta yang ada. Menyimpulkan persamaan dan perbedaan isi teks artinya menyampaikan persamaan dan perbedaan isi teks berdasarkan data/fakta dalam teks . 
Ada dua prinsip dalam menyimpulkan, yaitu masuk akal atau logis dan mampu mencakup data-data yang ada.

Langkah-langkah menyimpulkan adalah sebagai berikut.
a.       Carilah data/fakta-fakta/informasi yang ada dalam teks tersebut.
b.      Ajukan pendapat berdasarkan fakta-fakta tersebut. 
1.      Membandingkan Isi dan Pola Penyajian Beberapa Jenis Teks Nonsastra (Berita, Eksposisi, Prosedur, Editorial, dan Ulasan/Resensi)

 Teks adalah naskah yang ditulis dengan tata organisasi tertentu (struktur/pola penyajian tertentu). Teks nonsastra adalah naskah yang berisi permasalahan nonsastra. Termasuk dalam teks nonsastra, misalnya teks berita, teks eksposisi, teks prosedur kompleks, teks editorial, dan teks ulasan. Struktur teks menjadi ciri yang menandai jenis teks tersebut.

 a.      Teks Berita
Teks berita merupakan teks yang berisi berita tentang segala yang terjadi dunia yang ditulis di media cetak, disiarkan di radio, ditayangkan di televisi, atau diunggah di situs. Teks berita berisi fakta.

Teks berita dibuat dengan struktur: orientasi ^ peristiwa ^ sumber berita. 
Orientasi
Pembuka tentang hal yang akan diberitakan (semacam abstraksi berita)
Peristiwa
Merupakan tahap inti berita. Pada tahap ini berita dinarasikan sedemikian rupa hingga tersaji beberapa fakta yang dimunculkan kemudian (tersusun atas paragraf-paragraf)
Sumber Berita
Referensi  dari narasumber di dalam berita.

Contoh: 
Orientasi
Duta Besar Amerika Serikat untuk Jepang Caroline Kennedy menjalani “kencan” istimewa dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Sabtu (12/4). (Paragraf 1)
Peristiwa
Di tengah hawa sejuk awal musim semi dan keindahan pemandangan bunga sakura di lereng Gunung Fuji, Abe mengajak Kennedy berjalanjalan dengan kecepatan tinggi. “Saya berharap Duta Besar Kennedy akan menikmati paket lengkap Jepang: keindahan bunga sakura, Gunung Fuji, dan teknologi tercanggih,” ujar Abe santai sebelum memulai perjalanan. (Paragraf 2)
Hari itu, Abe mengajak Kennedy menjajal kereta api (KA) magnetik supercepat yang akan ditawarkan kepada AS. KA canggih ini menggunakan teknologi magnetic levitation (maglev) yang menerapkan daya angkat magnetis sebagai sumber tenaga penggerak utama. (Paragraf 3)
….
(Paragraf 4 -15)

Sumber Berita
  1. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe
  2. Operator KA Central Japan Railway
  3. Pemerintahan Presiden Barack Obama
  4. Harian bisnis Nikkei

b.      Teks Eksposisi
Teks eksposisi adalah teks yang berfungsi untuk mengungkapkan gagasan atau mengusulkan sesuatu berdasarkan argumentasi yang kuat. Teks eksposisi berisi satu sisi argumentasi: sisi yang mendukung atau sisi yang menolak.

Struktur teks eksposisi adalah: pernyataan pendapat (tesis) ^ argumentasi ^ penegasan ulang pendapat.

 Contoh:

Pernyataan pendapat (tesis)
Indonesia menjadi buah bibir pada saat pelaksanaan Sidang Tahunan International Monetery Fund (IMF)/ World Bank (WB) 2012 Tokyo, 9-14 Oktober 2012 lalu.Newsletter resmi yang dibagikan IMF kepada seluruh peserta sidang mengkat satu topik khusus mengenai Indonesia. Media itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standard Charteredvyang mengatakan bahwa ekonomi  Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030. (Paragraf 1)
Argumentasi
Keyakinan itu tentu beralasan. Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok consuming class. Angka ini adalah angka terbesar di dunia setelah Cina dan India. Dengan kekuatan itu pula, pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor tujuh di dunia dengan nilai pendapatan nasional sebesar 1,8 triliun dolar AS dari sektor pertanian, konsumsi, dan energi. (Paragraf 2)
Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 miliar dolar AS tahun 2011. Angka itu akan terus tumbuh hingga mencapai 1,8 triliun dolar AS mulai tahun 2017. Pada tahun 2030 hanya Amerika Serikat, Cina, India, Jepang, Brasil, dan Rusia, yang berada di atas ekonomi Indonesia. (Paragraf 3)
….
(Paragraf  4-7)


Penegasan ulang pendapat
Apabila potensi itu tidak diwujudkan dalam aksi dan momentum yang baik dan dilewatkan begitu saja karena kita begitu asyik dengan urusan lain, prediksi para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan. Tentunya pilihan ada di tangan kita semua saat ini.
(Paragraf 8)

c.       Teks Prosedur Kompleks
Teks prosedur kompleks adalah teks yang berisi langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Langkah-langkah itu biasanya tidak dapat dibalik-balik. Teks prosedur yang langkahnya dapat dibalik-balik disebut teks protokol. 
Struktur teks prosedur kompleks adalah: tujuan yang akan dicapai ^ langkah-langkah.
Contoh:

Tujuan yang akan dicapai
Apa Yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?

Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran berlalu lintas. Dengan memerhatikan hal ini, ketika melakukan pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan. (Paragraf 1)

Langkah-langkah
Pertama, kenali si petugas. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang tercantum di pakaian seragamnya. Mereka mempunyai kewajiban menunjukkan tanda pengenal. Nama dan pangkat polisi menjadi penting apabila polisi bertindak di luar prosedur. Jangan hentikan kendaraan Anda jika ada orang berpakaian preman mengaku sebagai polisi lalu lintas (polantas)! (Paragraf 2)

…. 
(Paragraf 3-5)
Kelima, terima atau tolak tuduhan. Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan polantas, yaitu menerima atau menolak tuduhan tersebut. Apabila menerima tuduhan, Anda harus bersedia membayar denda ke bank. Anda akan diberi surat tilang berwarna biru. Tanda tanganilah surat bukti


 pelanggaran berlalu lintas itu. Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan. Surat atau kendaraan yang ditahan dapat diambil jika Anda dapat menunjukkan bukti pembayaran denda. Jika menolak tuduhan, katakan keberatan Anda dengan sopan. Anda akan diberi surat bukti pelanggaran berlalu lintas berwarna merah sebagai undangan untuk mengikuti sidang. Penentuan hari sidang memerlukan waktu 5--12 hari. Barang sitaan baru dapat dikembalikan kepada pelanggar setelah ada keputusan hakim. (Paragraf 6)


d.      Teks Editorial
Teks editorial adalah teks pada koran atau majalah yang merupakan ungkapan wawasan atau gagasan terhadap sesuatu yang mewakili koran atau majalah tersebut. Editorial juga disebut tajuk rencana.
Teks editorial atau tajuk rencana disusun dengan struktur: pernyataan pendapat (thesis statement) ^ argumentasi (arguments) ^ pernyataan ulang pendapat (reiteration).
Contoh:

Pernyataan pendapat
Menjual Sembari Menjaga Nirwana
Indonesia adalah surga sekaligus kisah nyata, bukan isapan jempol belaka atau romantisme dari masa lalu. Ada begitu banyak tempat indah yang tersembunyi dan masih perawan. Sayangnya, tempat-tempat itu belum digarap serius sebagai tujuan wisata. Jangankan membuat program wisata yang kreatif, membangun prasarananya saja kerap tidak dilakukan pemerintah. (Paragraf 1)
Argumentasi
Dalam beberapa tahun terakhir, bahkan keindahan sejumlah tempat terancam oleh eksploitasi alam yang salah dan serakah. Padahal, dengan pariwisata, daerah bias mendapatkan penghasilan sekaligus memelihara alam selingkungannya. (Paragraf 2)

Di Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah, ironi itu terpampang nyata. … (Paragraf  3-9)
Pernyataan ulang pendapat
Indonesia memang surga sekaligus kisah nyata. Di tangan para pemangku kepentingan terletak tanggung jawab merayakannya. (Paragraf 10)


e.       Teks Ulasan
Teks ulasan adalah teks yang dihasilkan dari sebuah analisis terhadap berbagai hal. Teks ulasan dibuat agar orang lain dapat memahami hasil penafsiran dan evaluasi yang dilakukan.
Struktur teks ulasan adalah: orientasi ^ tafsiran isi ^ evaluasi ^ rangkuman.
Orientasi
Gambaran umum karya sastra yang akan diulas. Gambaran umum karya sastra dapat berupa paparan tentang nama, kegunaan, dan sebagainya.
Tafsiran isi
Pandangan pengulas tentang karya yang diulas. Pada bagian ini penulis biasanya membandingkan karya tersebut dengan karya lain yang dianggap mirip. Penulis juga menilai kekurangan dan kelebihan karya yang diulas.
Evaluasi
Penilaian terhadap karya, penampilan, dan produksi. Berisi gambaran secara terperinci suatu karya atau suatu benda yang diulas. Hal ini bisa berupa bagian, ciri, dan kualitas karya tersebut.
Rangkuman
Ulasan akhir berupa simpulan karya tersebut.

Contoh soal
Cermatilah teks berikut!
Teks 1
Kehadiran Komet Ikeya-Seki yang dapat dilihat secara mata telanjang dan penampakannya berlangsung berhari-hari membuat beredar isu kala itu bahwa akan terjadi mala petaka besar. Isu itu kian membuat ngeri ketika orang-orang dapat menyaksikan secara jelas ekor Komet Ikeya-Seki yang tampak begitu besar dan seolah- olah akan membelah angkasa.

Teks 2
Gerhana bulan muncul apabila bulan sedang beroposisi dengan matahari. Karena kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sebesar 5°, tidak setiap oposisi bulan dengan matahari akan mengakibatkan terjadinya gerhana bulan. Perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan memunculkan 2 titik potong yang disebut node, yaitu titik tempat bulan memotong bidang ekliptika. Gerhana bulan ini akan terjadi saat bulan berposisi pada node tersebut. Bulan membutuhkan waktu 29,53 hari untuk bergerak dari satu titik oposisi ke titik oposisi lainnya. Seharusnya, jika terjadi gerhana bulan akan diikuti dengan gerhana matahari dan kedua node tersebut terletak pada garis yang menghubungkan antara matahari dengan bumi.

Persamaan kedua teks tersebut adalah ....
A.        membahas peristiwa malapetaka di bumi akibat komet
B.        menjelaskan gejala alam yang muncul di malam hari
C.        menguraikan perpindahan bintang atau planet di alam
D.        memperkirakan timbulnya bencana akibat perubahan alam
E.         membicarakan gejala alam yang terjadi di ruang angkasa

Jawaban: E

Persamaan kedua teks tersebut adalah membicarakan gejala alam yang terjadi di ruang angkasa (pilihan jawaban E).
Bacalah kedua teks berikut!

Teks Berita I
Penutupan penambangan pasir ilegal di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, berdampak pada terpuruknya usaha penjualan pasir di Kabupaten Pamekasan. Sejumlah tempat penjualan pasir hitam dari Pasirian, Kabupaten Lumajang, pun terancam gulung tikar.
"Sekarang stok pasir sudah habis. Sudah tidak ada yang masuk lagi. Banyak pelanggan kecewa karena tidak terlayani," kata Kholiq, pengusaha pasir di Jalan Raya Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Selasa (6/10/2015).

    Teks Berita II
Tiga titik penambangan pasir ilegal yang beroperasi di sepanjang Sungai Serayu, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ditutup. Penutupan tersebut dilakukan oleh tim gabungan Polda Jawa Tengah dan Balai Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Wilayah Serayu Selatan, Rabu (7/10/2015). Penutupan penambangan pasir  tanpa perlawanan. Bahkan, saat dilakukan penutupan, mereka sudah kabur. Diduga penertiban tersebut sudah bocor. Ketiga penambangan pasir ilegal yang ditutup berada di Desa Tumiyang, Kecamatan Kebasen, Desa Srowot, Kecamatan Kalibagor, dan Desa Somakaton, Kecamatan Somagede. Penambangan tersebut berada di sepanjang Sungai Serayu.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah….

Teks Berita 1
Teks Berita II
A
apa, bagaimana, siapa, di mana, kapan
siapa, apa, bagai­mana, kapan, di mana
B
apa, mengapa, siapa, di mana, kapan
apa, siapa, kapan, bagaimana, di mana
C
siapa, apa, di mana, mengapa, kapan
bagaimana, kapan, siapa, apa, di mana
D
mengapa, siapa, apa, di mana, kapan
siapa, di mana, kapan, bagaimana, apa
E
apa, mengapa, di mana, siapa, kapan
siapa, kapan, mengapa, apa, di mana
Jawaban : B

Bacalah kedua teks berikut dengan saksama!

Teks 1
Cara Menghilangkan Ketombe pada Rambut
Ada dua bahan ampuh untuk menghilangkan ketombe pada mahkota kepala Anda. Ketombe bisa dihilangkan dengan menggunakan baking soda dan cuka apel. Kandungan basa pada baking soda bisa menjaga kelembapan rambut Anda. Sementara cuka apel bisa membersihkan kotoran yang ada di rambut.
Untuk menggunakan baking soda dan cuka apel, silakan Anda campur baking soda atau soda kue dengan setengah cangkir air putih. Gunakan baking soda tersebut untuk sampo rambut Anda. Di tahap ini, Anda boleh mencampur baking soda dengan sampo biasa. Kemudian, bilas rambut dengan campuran satu cangkir cuka apel dengan setengah cangkir air. Takaran air ini untuk menyeimbangkan tingkat Ph pada cuka apel. Gunakan perawatan rambut menggunakan baking soda dan cuka apel ini selama dua bulan. Tak hanya bersih dari ketombe, rambut Anda juga akan tampak sehat berkilau.
Teks 2
Manfaat Jamu Tradisional
Obat tradisional atau yang sering disebut  jamu masih mendapat tempat di hati kita, masyarakat. Jamu dipercaya mempunyai banyak kelebihan jika dibandingkan dengan obat-obatan modern seperti yang banyak beredar di pasaran. Jamu juga dianggap lebih sesuai dengan kebanyakan penyakit modern, seperti diabetes.
Berikut adalah kelebihan obat tradisional:
  1. Obat tradisional mempunyai efek samping yang lebih kecil apabila digunakan secara tepat., baik waktu penggunaan, takaran, cara pemakaian, pemilihan bahan maupun penyesuaian dengan indikasi tertentu.
  2. Ada efek komplementer dan/atau sinergisme dalam ramuan obat tradisional (komponen bioaktif tanaman obat).
  3. Satu tanaman yang sangat murah mempunyai banyak manfaat farmakologi.
  4. Obat tradisional lebih sesuai untuk penyakit metabolik, seperti diabetes, kolestrol, batu ginjal, dan hepatitis (metabolik), dan penyakit degeneratif, seperti rematik, asma, tukak lambung, ambeien, dan pikun.
Keunggulan obat tradisional jika dibandingkan dengan obat modern lebih aman dan ekonomis. Apabila dikonsumsi dalam waktu lama dan terus-menerus, obat modern akan mengakibatkan efek samping yang dapat memicu penyakit baru.
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut di atas adalah ….           


Teks 1
Teks 2
A
Tujuan - langkah-langkah
Pendapat – argumentasi
B
Pengantar – langkah-langkah
Pendapat – penegasan pendapat
C
Tujuan – langkah-langkah
Pendapat – argumentasi – penegasan ulang pendapat
D
Pengantar – langkah-langkah
Argumentasi – penegasan ulang pendapat
E
Abstraksi – langkah-langkah
Penegasan pendapat - argumentasi

Jawaban : C
2.      Membandingkan Penggunaan Bahasa Beberapa Jenis Teks.

Tiap jenis teks memiliki ciri kebahasaan tersendiri sehingga penggunaan bahasa tiap jenis teks juga berbeda antara satu dengan yang lain. Teks biografi misalnya, teks ini menggunakan kata ganti, kata hubung, rujukan kata, waktu, aktivitas tempat, dan kata kerja. Sementara teks ulasan atau resensi mempunyai ciri kebahasaan, antara lain menggunakan kata sifat, rujukan kata, dan kalimat-kalimatnya cenderung panjang (kalimat kompleks). Oleh karena itu, salah satu yang harus dipertimbangkan dalam membandingkan penggunaan bahasa adalah jenis teks. 
Selain untuk jenis teks yang berbeda, membandingkan penggunaan bahasa juga dapat diterapkan pada jenis teks yang sama. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan kata ganti, kata hubung, rujukan kata, kata kerja, jenis kalimat (tunggal/majemuk), atau unsur bahasa lain yang digunakan pada kedua teks.

Contoh soal
Bacalah kedua teks berikut! 
Bacaan I
Banyak lho aktivitas keseharian kita yang tanpa kita sadari adalah aktivitas yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebagai contoh aktivitas pola tidur yang baik, pola makan yang baik, dan pola keseharian yang baik. Nah, aktivitas itu jika benar-benar dilakukan sangat menjamin tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Cara menjaga kesehatan seperti ini tidak perlu mengeluarkan uang banyak dibanding dengan cara modern dan instan. Cara alami kayak gini juga bisa menjadi cara menjaga kesehatan tubuh mulai dari paru-paru, jantung, dan mata. Selanjutnya cara-cara tersebut bisa dilakukan dengan olahraga rutin, makan teratur, banyak minum air putih, mengonsumsi obat herbal, dan menjalani pola hidup sehat.

Bacaan II
Mengonsumsi pola makan seimbang me­rupakan anjuran mendasar yang hakiki bagi semua orang. Di mana asupan zat gizi yang terkonsumsi menentukan aspek kesehatan nutrisi setiap individu. Zat gizi tersebut, di antaranya karbohidrat, tepung-tepungan, gula, lemak, protein, vitamin, mineral, dan serat.
Pola makan sehat dan seimbang sangat bermanfaat bagi tubuh. Manfaat tersebut, di antaranya menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, pola makan sehat dan seimbang dapat meningkatkan konsentrasi serta kinerja otak. Pola makan tidak sehat akan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh, salah satunya menyebabkan ketidakmaksimalan kinerja tubuh dalam melaksanakan aktivitas.
Perbedaan penggunaan bahasa kedua bacaan tersebut adalah menggunakan

Bacaan 1
Bacaan II
A.
bahasa ilmiah
bahasa sehari-hari
B.
bahasa baku
bahasa tidak baku
C.
bahasa resmi
bahasa santai
D.
bahasa sehari-hari
bahasa ilmiah
E.
bahasa ilmiah
bahasa santai

Jawaban : D

  1. Bacalah kedua teks berikut dengan saksama!

Teks 1
Kita tidak pernah berpikir tentang berapa banyak racun yang kita kumpulkan dari udara tercemar dan makanan yang sudah diproses secara kimiawi. Lebih dari 90% orang tidak menyadari bahwa banyak substansi kimiawi berukuran mikroskopik, logam berat, dan racun memengaruhi tubuh mereka setiap hari. Kita tidak dapat melihat semua substansi berbahaya tersebut, tetapi mereka benar-benar menyerang tubuh kita.
Bagaimana cara mengetahui hal-hal tersebut benar memengaruhi tubuh kita (tanpa menggunakan mikroskop)? Cara terbaik adalah melakukan tes urin menggunakan ubi bit (beetroot). Apakah urin Anda berwarna merah setelah minum jus ubi bit? Jika ya, Anda mungkin merasa khawatir karena itu berarti bahwa Anda mungkin memiliki kebocoran saluran pencernaan.

Teks 2
Sebuah video menghebohkan para netizen. Video yang diunggah Wisa Rahardi per  tanggal 20 Januari 2016 itu menjadi buah bibir di dunia maya. 
Dalam video berdurasi 8 menit 23 detik itu, terlihat seorang pria berpakaian ala Ustaz terlihat sedang menggandakan uang. Namun anehnya, ia mengeluarkan uang pecahan Rp50 ribu rupiah dari kantong plastik, dan tidak habis-habis! 
Si Ustaz hanya terlihat mengaduk-aduk kantong plastik itu dengan tangannya dan terus mengeluarkan helai demi helai uang tanpa henti. Sementara di sekelilingnya terlihat beberapa pria dan seorang wanita dengan baju tank top, menghitung uang yang berhasil dikeluarkan. 
Tidak ada keterangan lebih lanjut dari video ini. Namun akun pengunggahnya menuliskan informasi bahwa video ini nyata dan bukan rekayasa.
Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah ....


Teks 1
Teks 2
A
menggunakan kosakata asli bahasa Indonesia
menggunakan kosakata bahasa asing
B
menggunakan bahasa resmi
menggunakan bahasa santai
C
menggunakan bahasa bidang ilmu
menggunakan bahasa sehari-hari
D
menggunakan perumpamaan
menggunakan bahasa lugas
E
menggunakan bahasa lugas
menggunakan bahasa santai

Jawaban : A

(Sumber: Buku Detik-detik UN Bahasa Indonesia tahun 2017, Penerbit Intan Pariwara)

BACA PEMBAHASAN SOAL NOMOR 1-25 SOAL UN 2016/2017

6 comments: