13 September 2017

MENENTUKAN KATA RUJUKAN

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA
MENENTUKAN KATA RUJUKAN

KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN

Kunci jawaban: A
Pembahasan

Soal di atas menanyakan kata rujukan. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018 termasuk dalam ruang lingkup materi membaca nonsastra level kognitif aplikasi atau penerapan. Kompetensi yang diuji adalah menentukan makna rujukan (kata penunjuk ini, itu, tersebut, atau tadi) dalam paragraf dengan tepat.
Pada paragraf di atas kata itu merujuk pada kata-kata mudah ditemukan (jawaban A).
Jika kata itu diganti dengan kata mudah ditemukan maka akan terbentuk kalimat-kalimat berikut.
Dia memanfaatkan bahan berupa kayu nangka karena pohon itu mudah ditemukan. Selain mudah ditemukan, kayu nangka punya kadar air yang baik sehingga bisa bertahan lama.
Agar tidak terjadi pengulangan kata-kata mudah ditemukan digantikan kata rujukan itu sehingga diperoleh rangkaian kalimat berikut.      
Dia memanfaatkan bahan berupa kayu nangka karena pohon itu mudah ditemukan. Selain itu, kayu nangka punya kadar air yang baik sehingga bisa bertahan lama. 
Ringkasan Materi
Pengertian Kata Rujukan
Kata rujukan adalah kata yang menunjuk pada kata lain yang telah digunakan sebelumnya sebagai pengganti dari kata aslinya. Kata rujukan umumnya menggunakan kata-kata seperti disini, disana, ini, itu, dia, ia, tersebut dll
Contoh sederhananya adalah sebagai berikut :

1.                  Tadi pagi Rina terlambat masuk kelas. Dia bangun kesiangan.
Kata dia dalam kalimat di atas merujuk pada bagian sebelumnya yaitu Rina. Singkatnya, Kata Rina dalam kalimat tersebut adalah kata yang dirujuk, sedangkan kata dia dalam kalimat tersebut adalah kata yang merujuk
Bila diperjelas kalimat tersebut bisa saja menjadi.
Tadi pagi Rina terlambat masuk kelas. Rina bangun kesiangan.
Namun karena menggunakan kata rujukan, kata Rina digantikan dengan kata rujukan “dia” dalam kalimat tersebut agar tidak terjadi pengulangan kata.
Macam-Macam Kata Rujukan
Kata rujukan sendiri terbagi menjadi 3 jenis kata rujukan:
1.                  Kata rujukan benda atau hal : Ini, itu, tersebut
2.                  Kata rujukan tempat : di sini, di sana, di situ.
3.                  Kata rujukan orang atau personil atau yang kedudukannya sama seperti orang/makhluk hidup. Contohnya: dia, Ia, beliau, mereka.
(https://salamadian.com/contoh-kata-rujukan-kalimat-rujukan/)

2.                  Aku dibesarkan di Kota Tegal. Di kota itu aku dibesarkan oleh kedua orang tuaku dengan penuh kasih sayang dalam rumah sederhana. Di sana tinggal aku bersama beberapa 3 orang kakakku yang siap melindungi. Meskipun berbeda ayah, mereka tetap memperlakukan aku selayaknya adik sendiri. Kerukunan terasa sekali dirasakan di rumah kami. Ini semua karena didikan ibuku. Beliau adalah orang yang penuh kasih dan sayang untuk kami anak-anaknya. Dari beliau kami belajar banyak hal seperti makna berbagi, hidup rukun, dan toleransi. Nilai tersebut sampai kini masih kami lakukan meski kami telah menjadi dewasa.
Rujukan kata yang terdapat pada paragraf di atas adalah:
Itu yang merujuk pada Tegal
Di sana yang merujuk pada rumah sederhana
Mereka yang merujuk pada kakak-kakakku
Beliau yang merujuk pada ibu
Tersebut yang merujuk pada berbagi, hidup rukun, dan toleransi(http://farichinfarich.blogspot.co.id/2014/09/rujukan-kata.html)

6 comments:

  1. knapa nggak jawabannya yang B min karna kata itu nya yang dibilang soal digaris miring bukan yang diatasnya

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum.. pak, saya mau tanya. Apakah perbedaan antara kata ganti dengan kata rujukan. Sebb dlm pikiran saya ke dua nya sama pak. Terimaksih sebelumnya pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata rujukan adalah kata yang merujuk pada kata lain yang disebutkan sebelumnya. Contohnya ini, itu, tersebut, dll.

      Delete