11 September 2017

MENENTUKAN PIHAK YANG DITUJU DALAM TAJUK RENCANA

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA 
MENENTUKAN PIHAK YANG DITUJU DALAM TAJUK RENCANA





KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN

Kunci Jawaban: D
Pembahasan

Soal di atas menanyakan tentang opini redaksi dalam kutipan tajuk rencana. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN bahasa Indonesia tahun 2017/2018 termasuk ke ruang lingkup materi membaca nonsastra. Soal di atas tergolong level kognitif aplikasi atau penerapan. Kompetensi yang diuji adalah menyimpulkan isi tersirat dalam teks yaitu, menentukan pihak yang dituju oleh redaksi dalam tajuk rencana dengan tepat.

(Baca BEDAH KISI-KISI UN 2017/2018MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA)

Pihak yang dituju adalah pihak yang diberi saran, kritik atau pandangan penulis resensi. Pihak yang dituju dalam tajuk rencana di atas adalah pemerintah. Opini redaksi pada tajuk rencana di atas adalah agar pemerintah menjaga harga pangan selalu stabil.
Pihak yang memberi saran= redaksi (penulis)
Pihak yang dituju= pemerintah
Saran redaksi= agar pemerintah menjaga harga pangan selalu stabil. 
RINGKASAN MATERI
MENENTUKAN PIHAK YANG DITUJU DALAM TAJUK RENCANA
Tajuk rencana berisi tanggapan, kritik, saran, dan sejenisnya kepada pihak-pihak tertentu, misalnya pemerintah, aparat penegak hukum, anggota legislatif, dan masyarakat.
Contoh Soal Menentukan Pihak yang Dituju dalam Tajuk 
Cermati tajuk berikut
Apakah janji semasa pemilihan presiden hanya berfungsi sebagai penarik simpati? Ataukah janji itu merupakan cita-cita yang muncul dari lubuk hati? Bagaimana kita harus menempatkan janji pemimpin? Yang bijak tentu menilai kinerja pemimpin secara adil. Waktu setahun belum cukup menampilkan hasil yang nyata, lebih-lebih satu prestasi. Apalagi kalau mengingat kondisi yang diwarisi sangat parah. Profesionalisme jelas merupakan modal utama untuk membuat pemerintah berjalan dengan baik. Pekerja profesional membuat tugas dapat dengan mudah terlaksana. Pemerintah kita rupanya tidak cukup terampil untuk mengikuti kiprah kemajuan yang diperlihatkan Cina dan negara-negara Asia lain yang sudah lebih maju.

Permasalahan opini ditujukkan kepada ....
A. pemerintah
B. rakyat
C. Cina
D. negara Asia
E. generasi muda

Pembahasan
Penyebutan kata “pemerintah” dan kata-kata yang semakna, seperti presiden, pemimpin, merupakan bukti kuat bahwa tajuk tersebut ditujukan kepada pemerintah.
Jawaban:A
(http://unassma.blogspot.co.id/2013/03/menentukan-pihak-yang-dituju-dalam.html)

4 comments:

  1. Om bukannya itu jawabnya yang D masyarakat

    ReplyDelete
  2. Pak, bukannya itu C. Pemerintah. Kalo berdasarkan pembahasan Bapak, itu dijawab pemerintah bukannya?

    ReplyDelete