08 September 2017

MENENTUKAN TUJUAN PENULIS TEKS

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA (SOAL NOMOR 7)
MENENTUKAN TUJUAN PENULIS TEKS


SOAL NOMOR 7


KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN

Kunci jawaban: C
Pembahasan

Soal di atas menanyakan tujuan penulis sesuai teks. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMA/MA, soal tersebut termasuk ke dalam ruang lingkup materi membaca nonsastra. Soal tersebut digolongkan ke level kognitif aplikasi atau penerapan yaitu menyimpulkan isi tersirat dalam teks.
(BACA BEDAH KISI-KISI UN 2017-2018/ INDIKATOR SOAL UN)
Tujuan penulis teks dapat disimpulkan dari isi teks. Paragraf di atas berisi deskripsi cara berladang komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat. Antara lain, dilaksanakan dengan gotong royong. Seluruh warga terlibat dan tidak mendapatkan upah. Pemilik lading cukup menyediakan bahan, peralatan, dan konsumsi. Dengan demikian disimpulkan bahwa tujuan penulis sesuai isi teks adalah mendeskripsikan cara berladang komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat.
RINGKASAN MATERI
Tujuan penulis pada suatu teks dapat disimpulkan dari jenis teks (genre) dan fungsi teks. Berikut ini disajikan genre teks dan fungsi teks.

GENRE
TIPE TEKS
LOKASI SOSIAL
Menggambarkan (Describing)
Laporan (Report):
melaporkan informasi
Buku rujukan, dokumenter, buku panduan, laporan eksperimental (penelitian), presentasi kelompok
Deskripsi: menggambarkan peristiwa, hal, sastra
Pengamatan diri, objek, lingkungan, perasaan, dll.
Menjelaskan (Explaining)
Eksplanasi: menjelaskan sesuatu
Paparan, pidato/ceramah, tulisan ilmiah (popular)
Memerintah (Instructing)
Instruksi/ Prosedur: menunjukkan bgm sesuatu dilakukan
Buku panduan/ manual (penerapan), instruksi pengobatan, aturan olahraga, rencana pembelajaran (RPP), instruksi, resep, pengarahan/pengaturan
Berargumen (Arguing)
Eksposisi: memberi pendapat atau sudut pandang
(MEYAKINKAN/Mempengaruhi): iklan, kuliah, ceramah/pidato, editorial, surat pembaca, artikel Koran/majalah
Diskusi
(MENGEVALUASI suatu persoalan dengan sudut pandang tertentu, 2 atau lebih) 
Respon/ review
Menanggapi teks sastra, kritik sastra, resensi
Menceritakan (Narrating)
Rekon (Recount): menceritakan peristiwa secara berurutan
Jurnal, buku harian, artikel Koran, berita, rekon sejarah, surat, log, garis waktu (time line)
Narasi: menceritakan kisah atau nasehat
Prosa (Fiksi ilmiah, fantasi, fabel, cerita rakyat, mitos, dll.), dan drama.
Puisi
Puisi, puisi rakyat (pantun, syair, gurindam)
Sumber
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.  Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

16 comments:

  1. nomor 7 knapa jawabanya bukan A?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jawaban a itu masuk ke dalam cara berladang komunitas dayak jalai

      Delete
    2. Menurut saya jawabanya A, bukan C, karena tidak menerangkan tata cara bergotong royong, tetapi lebih menekankan budaya gotong royong yang masih melekat di daerah tersenut

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Tujuannya ada di kalimat utama mas bro (gotong-royong). paragraf sisanya penjabaran dari gotong royong-tersebut.

    ReplyDelete
  4. Kenapa dr kmrn gue buka blog ini jawabannya salah mulu dah

    ReplyDelete
  5. Iya sama gan, dari kemarin beda pikiran sama jawaban di blog ini wkw

    ReplyDelete
  6. Ini jawaban dari pusat apa pendapat penulis blog ini aja?

    ReplyDelete
  7. makasih pak zuhri, sangat bermanfaat, sehat selalu pak

    #hargaipakzuhri

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Jawabanya A, klo c itu dari segi pengelihatan aja udah salah

    ReplyDelete