PEMBAHASAN SOAL UN
2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA (SOAL NOMOR 7)
MENENTUKAN TUJUAN PENULIS TEKS
KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN
Kunci jawaban: C
Pembahasan
Soal di atas menanyakan tujuan penulis sesuai teks. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMA/MA, soal tersebut termasuk ke dalam ruang lingkup materi membaca nonsastra. Soal tersebut digolongkan ke level kognitif aplikasi atau penerapan yaitu menyimpulkan isi tersirat dalam teks.
(BACA BEDAH KISI-KISI UN 2017-2018/ INDIKATOR SOAL UN)
Tujuan penulis teks dapat disimpulkan dari isi teks. Paragraf di atas berisi deskripsi cara berladang komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat. Antara lain, dilaksanakan dengan gotong royong. Seluruh warga terlibat dan tidak mendapatkan upah. Pemilik lading cukup menyediakan bahan, peralatan, dan konsumsi. Dengan demikian disimpulkan bahwa tujuan penulis sesuai isi teks adalah mendeskripsikan cara berladang komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat.
RINGKASAN MATERI
Tujuan penulis pada suatu teks dapat disimpulkan dari jenis teks (genre) dan fungsi teks. Berikut ini disajikan genre teks dan fungsi teks.
Sumber
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
MENENTUKAN TUJUAN PENULIS TEKS
SOAL NOMOR 7
Kunci jawaban: C
Pembahasan
Soal di atas menanyakan tujuan penulis sesuai teks. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMA/MA, soal tersebut termasuk ke dalam ruang lingkup materi membaca nonsastra. Soal tersebut digolongkan ke level kognitif aplikasi atau penerapan yaitu menyimpulkan isi tersirat dalam teks.
(BACA BEDAH KISI-KISI UN 2017-2018/ INDIKATOR SOAL UN)
Tujuan penulis teks dapat disimpulkan dari isi teks. Paragraf di atas berisi deskripsi cara berladang komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat. Antara lain, dilaksanakan dengan gotong royong. Seluruh warga terlibat dan tidak mendapatkan upah. Pemilik lading cukup menyediakan bahan, peralatan, dan konsumsi. Dengan demikian disimpulkan bahwa tujuan penulis sesuai isi teks adalah mendeskripsikan cara berladang komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat.
RINGKASAN MATERI
Tujuan penulis pada suatu teks dapat disimpulkan dari jenis teks (genre) dan fungsi teks. Berikut ini disajikan genre teks dan fungsi teks.
GENRE
|
TIPE TEKS
|
LOKASI SOSIAL
|
Menggambarkan
(Describing)
|
Laporan (Report):
melaporkan
informasi
|
Buku rujukan,
dokumenter, buku panduan, laporan eksperimental (penelitian), presentasi
kelompok
|
Deskripsi:
menggambarkan peristiwa, hal, sastra
|
Pengamatan
diri, objek, lingkungan, perasaan, dll.
|
|
Menjelaskan (Explaining)
|
Eksplanasi:
menjelaskan sesuatu
|
Paparan,
pidato/ceramah, tulisan ilmiah (popular)
|
Memerintah (Instructing)
|
Instruksi/
Prosedur: menunjukkan bgm sesuatu dilakukan
|
Buku panduan/
manual (penerapan), instruksi pengobatan, aturan olahraga, rencana
pembelajaran (RPP), instruksi, resep, pengarahan/pengaturan
|
Berargumen (Arguing)
|
Eksposisi:
memberi pendapat atau sudut pandang
|
(MEYAKINKAN/Mempengaruhi):
iklan, kuliah, ceramah/pidato, editorial, surat pembaca, artikel
Koran/majalah
|
Diskusi
|
(MENGEVALUASI
suatu persoalan dengan sudut pandang tertentu, 2 atau lebih)
|
|
Respon/
review
|
Menanggapi
teks sastra, kritik sastra, resensi
|
|
Menceritakan
(Narrating)
|
Rekon (Recount): menceritakan peristiwa
secara berurutan
|
Jurnal, buku
harian, artikel Koran, berita, rekon sejarah, surat, log, garis waktu (time
line)
|
Narasi:
menceritakan kisah atau nasehat
|
Prosa (Fiksi
ilmiah, fantasi, fabel, cerita rakyat, mitos, dll.), dan drama.
|
|
Puisi
|
Puisi, puisi
rakyat (pantun, syair, gurindam)
|
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
BACA PEMBAHASAN SOAL NOMOR 1-25 SOAL UN 2016/2017
BACA JUGA PEMBAHASAN JENIS-JENIS TEKS PADA KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013 MATERI UN 2017/2018
BACA JUGA PEMBAHASAN JENIS-JENIS TEKS PADA KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013 MATERI UN 2017/2018
makasi ya
ReplyDeletenomor 7 knapa jawabanya bukan A?
ReplyDeletejawaban a itu masuk ke dalam cara berladang komunitas dayak jalai
DeleteMenurut saya jawabanya A, bukan C, karena tidak menerangkan tata cara bergotong royong, tetapi lebih menekankan budaya gotong royong yang masih melekat di daerah tersenut
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteKok yakinnya A ya wkwk
ReplyDeleteTujuannya ada di kalimat utama mas bro (gotong-royong). paragraf sisanya penjabaran dari gotong royong-tersebut.
ReplyDeleteKenapa dr kmrn gue buka blog ini jawabannya salah mulu dah
ReplyDeleteIya sama gan, dari kemarin beda pikiran sama jawaban di blog ini wkw
ReplyDeleteIni jawaban dari pusat apa pendapat penulis blog ini aja?
ReplyDeletemakasih pak zuhri, sangat bermanfaat, sehat selalu pak
ReplyDelete#hargaipakzuhri
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletejawabannya ko bukan a ?
ReplyDeleteJawabanya A, klo c itu dari segi pengelihatan aja udah salah
ReplyDelete