ALIRAN-ALIRAN
LINGUISTIK
1.
Roman Jakobson mengembangkan metode
komunikasi sastra di Praha. Aliran linguisitik yang dikembangkan bernama
.....
A. Deskriptif
B. Fungsional
C. Struktural
D. Transformasi
2.
Salah satu ciri dari teori linguistik
strukural adalah bahasa merupakan kebiasaan (habit). Hal ini memiliki
makna….
A. Pembelajaran
bahasa menggunakan metode kontekstual yakni suatu bentuk kegiatan yang
menyesuaikan dalam kehidupan nyata
B. Pembelajaran
bahasa menggunakan metode komunikatif yakni suatu kegiatan berbahasa dalam
konteks/ penggunaan komunikasi
C. Pembelajaran
bahasa menggunakan metode whole languge yakni suatu kegiatan yang
mengintegrasikan semua aspek berbahasa
D.
Pembelajaran
bahasa menggunakan metode drill and practice yakni suatu bentuk latihan yang
terus menerus, berkelanjutan, dan berulang-ulang
3.
Pengertian tentang unsur bahasa
yang berada di balik tanda yang berupa konsep di balik sang penutur atau
disebut juga makna adalah….
A. signifiant
B. signifie
C. parole
D. langue
4.
Aliran deskriptif memiliki kekurangan,
yaitu hanya memperhatikan akan makna dan arti. Hal ini dimaksudkan
bahwa….
A. Cenderung menganalisis fakta-fakta
secara objektif dan nyata
B. Memiliki
cara kerja yang sangat menekankan pentingnya data objektif untuk memerikan
suatu bahasa
C. Menerima
mentalistik sejalan dengan iklim filsafat yang berkembang pada masa itu yaitu
behaviorisme
D. Aliran
ini sudah mengelompokkan kategori gramatikal, verbal dan pronomina kata ganti.
5.
Konsep utama dalam aliran fungsional
ialah fungsi bahasa dan fungsi dalam bahasa. Berikut ini bukan termasuk sikap
aliran fungsional terhadap fungsi bahasa adalah
…
A. Sudut
pandang pembicara menjadi perspektif analisis.
B. Deskripsi
yang sistematis dan menyeluruh tentang hubungan antara fungsi dan bentuk.
C. Analisis bahasa mulai dari bentuk
ke fungsi
D. Pemahaman
atas kemampuan komunikatif sebagai tujuan analisis bahasa.
6.
Pernyataan berikut sesuai dengan
pandangan kaum strukturalis adaah....
A. Fokus
perhatian pada fonologi dan morfologi, sedikit sekali pada sintaksis, dan sama
sekali tidak pada semantik.
B. Fokus
perhatian pada fonologi, morfologi, sedikit, sintaksis, dan sama sekali tidak
pada semantic.
C.
Fokus
perhatian pada fonologi dan morfologi, sedikit sekali pada sintaksis, dan
semantik.
D. Fokus
perhatian pada fonologi dan morfologi, sama sekali tidak memperhatikan
sintaksis dan semantik.
7.
Paham behaviourisme adalah faham yang
mengemukakan bahwa proses berbahasa merupakan proses rangsang-tanggap
(stimulus-response).
Pernyataan tersebut merupakan faham
pada aliran:
A. Strukturalisme
B.
Deskriptif
C. Fungsional
D. Deskriptif
fungsional
8.
Saussure mengembangkan pikiran ke dalam
enam dikotomi tentang bahasa. Yaitu (a) sinkronik dan diakronik (b) bentuk
(form ) dan substansi © significant signifie (d) langue dan parole (e)
sintagmatik dan paradigmatik. Signifiant merupakan ....
A.
Bunyi
ujaran
B. Bagian
makna
C. Tindak
ujar
D. Sistem
Bahasa
9.
Dari aspek morfologi dapat dilihat
contoh penggunaan awalan Meng- dan Peng-. Awalan me-jabat dan pe-jabat memiliki
fungsi pembeda. Me-jabat menjadi ‘menjabat’ sebagai kata kerja dan pe-jabat
menjadi ‘pejabat’. Penggunaan morfem bebas atau kata dasar yang sama namun
didahului oleh morfem terikat yang berbeda maka fungsinya pun menjadi berbeda.
Penjelasan tersebut merupakan
pengembangan materi pada aliran ....
A. struktural
B. deskriptif
C.
fungsional
D. pragmatic
10. Linguistik
deskriptif, artinya mendeskripsikan bahasa secara apa adanya. Berdasarkan hal
tersebut terdapat keunggulan pada aliran deskripsi, yaitu ....
A.
Memiliki
cara kerja yang sangat menekankan pentingnya data objektif untuk memerikan
suatu bahasa
B. Aliran
ini hanya cenderung memperhatikan makna bahasa
C. Cenderung
menganalisis fakta-fakta secara objektif dan nyata
D. Menerima
mentalistik sejalan dengan iklim filsafat yang berkembang pada masa itu yaitu
behaviorisme
11. Kajian
linguistik deskriptif yang paling penting menurut John Ruperth F (1994) adalah
konteks. Kajian bahasa memiliki lima tingkatan. Kajian bahasa hierarki yang
runtut dari dasar sampai ke lima adalah ….
A.
fonologi,
leksikon, morfologi, semantik dan sintaksis
B. fonetik,
morfologi, semantik, sintaksis dan leksikon
C. fonologi,
morfologi, leksikon, , semantik dan sintaksis
D. fonetik,
leksikon, morfologi, sintaksis, dan semantik.
12. Aliran
linguistik fungsional berusaha menjelaskan tentang wujud bahasa sebagai sistem
komunikasi manusia. Maksudnya adalah .…
A. Sistem
komunikasi tidak berkaitan dengan tujaan berbahasa
B. Sistem
komunikasi dideskripsikan apa adanya
C. Sistem
komunikasi menggunakan unit-unit bahasa
D.
Sistem
komunikasi tidak terpisah dari tujuan berbahasa.
13. Perhatikan
nama-nama tokoh linguistik berikut!
(1)
Roman Jakobson,
(2)
Praha,
(3)
Andre Martinet,
(4)
Leonard Bloomfield,
(5)
Nida.
Dari
nama-nama tokoh di atas manakah tokoh pelopor aliran fungsional?
A.
Roman
Jakobson dan Andre Martinet
B. Roman
Jakobson dan Praha
C. Andre
Martinet dan Bloomfield
D.
Nida
dan Andre Martinet
14. Roman
Jakobson merupakan salah seorang yang melihat bahasa berdasarkan fungsi
khususnya tataran fonologi. Salah satu fungsi yang diungkapkannya Jacobson
bahwa bahasa digunakan untuk mengungkapkan perasaan sedih yang disebut dengan
fungsi...
A.
Emotif
B. Referensial
C. Puitik
D. Konatif
15. Perhatikan
kalimat berikut ini!
(1)
Ani menulis surat.
(2)
Ira membaca buku.
(3)
Lia menyimak radio.
Kajian
bahasa yang menelaah hubungan paradigmatik antara kata menulis, membaca, dan
menyimak merupakan kajian linguistik ....
A. Komparatif
B. struktural
C.
Fungsional
D. Deskriptif
16. Hubungan
antara bunyi /t/,/j/ dan /d/ yang terdapat pada kata-kata dari, tari, dan jari,
merupakan hubungan antar unsur-unsur yang terdapat dalam suatu tuturan dengan
unsur-unsur sejenis yang tidak terdapat dalam tuturan yang bersangkutan pada
tataran fonologi.
Penjelasan tersebut merupakan
pengembangan materi pada aliran ....
A. Fungsional
B. Deskriptif
C. struktural
D.
Transformasi
17. Ibu
Sinta, guru bahasa Indonesia SMA akan mengajarkan materi yang berkaitan dengan
kajian morfologi berupa frasa yang merupakan unit gramatika dengan menyajikan
sebuah kalimat di bawah ini.
/Siskasedang membaca novel di perpustakaan/.
Dari kalimat tersebut dapat
dianalisis menjadi unit yang lebih kecil, yaitu frasa. Kalimat tersebut
memiliki frasa 'sedang membaca' dan 'di perpustakaan'.
Kajian unit bahasa seperti contoh
di atas merupakan kajian linguistik berdasarkan aliran ....
A. Deskriptif
B. Fungsional
C.
struktural
D. Transformasi
18. Ibu
Endah, guru bahasa Indonesia di SMP Juara Sejati akan mengajarkan materi
morfem, misalkan kata pemberdayaan. Kata tersebut dapat dianalisis unsur
Langsung dibawahnya, yaitu morfem….
A. Perdaya
B. daya
C.
Berdaya
D. perdaya
19. Seseorang akan selalu teringat
kebaikan yang diterima dari sahabatnya. Pada kata kebaikan,
terdiri atas morfem bebas baik dan morfem terikat ke-an.
Kajian unit bahasa seperti contoh
di atas merupakan kajian linguistik berdasarkan aliran...
A. Deskriptif
B. struktural
C.
Fungsional
D. Transformasi
20. Perhatikan
kalimat di bawah ini!
Pak
Tarsis sedang mengerjakan tugas.
Kalimat
di atas merupakan kajian unit bahasa dalam aliran linguistik struktural yang
mempunyai pola S-P-O. Kalimat yang mempunyai struktur pola yang sama dengan
contoh kajian kalimat di atas adalah ....
A. Pak
Indra Jaya sedang membaca di teras.
B. Ibu
Margareta sedang berbelanja buah-buahan
C. Ibu
Sutriani sedang menyelesaikan tugas di kamar
D.
Nona
Aira Aftani sedang menyeduh kopi
Sumber:
Umar, Azhar. 2016. Berbagai Aliran Linguistik. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga
Kependidikan
Kurniawan, Endang dkk.
2017. Aliran-aliran Linguistik.
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Pengembangan dan
Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa
BACA JUGA
1. SOAL HAKIKAT DAN PEMEROLEHAN BAHASA
2. SOAL PEDAGOGIK LENGKAP
3. SOAL KEDUDUKAN, FUNGSI, DAN RAGAM BAHASA INDONESIA
4. SOAL DAN JAWABAN KAIDAH BAHASA INDONESIA
5. SOAL SUMBER BELAJAR V: TEORI DAN GENRE SASTRA
BACA JUGA
1. SOAL HAKIKAT DAN PEMEROLEHAN BAHASA
2. SOAL PEDAGOGIK LENGKAP
3. SOAL KEDUDUKAN, FUNGSI, DAN RAGAM BAHASA INDONESIA
4. SOAL DAN JAWABAN KAIDAH BAHASA INDONESIA
5. SOAL SUMBER BELAJAR V: TEORI DAN GENRE SASTRA
Thanks soal jawabnya
ReplyDeleteOk, terima kasih juga
DeleteTerima kasih banyak Bapak...
ReplyDeleteTerima kasih Pak
ReplyDeleteTerima kasih ,,sangat bermanfaat sebagai referensi untuk freetest ppg ttg linguistik
ReplyDelete