KOMPETENSI PROFESIONAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
SUMBER BELAJAR : KEDUDUKAN, FUNGSI, DAN RAGAM BAHASA INDONESIA
1. Bahasa Indonesia memiliki berbagai fungsi
Salah satu fungsi bahasa Indonesia dalam kedudukannya sebagai bahasa negara
adalah ....
A. kebanggaan bangsa
dan Negara
B. sarana
pemersatu bangsa
C. wahana persatuan
dan kesatuan
D.
pengantar di dunia pendidikan
2. Bahasa Indonesia
memiliki berbagai fungsi. Salah satunya, bahasa Indonesia merupakan sarana perhubungan
antarbudaya dan antardaerah.
Hal tersebut berkaitan dengan fungsi
bahasa Indonesia sebagai ...
A. bahasa negara
B.
bahasa nasional
C. bahasa budaya
D. bahasa persatuan
3. Kita harus terus
berupaya agar bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang kuat baik sebagai bahasa
negara maupun bahasa nasional. Upaya yang menunjukkan kegiatan memperkuat
kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara adalah
...
A. memelihara bahasa
Indonesia agar mencerminkan nilai-nilai budaya bangsa.
B. membina
bahasa Indonesia agar bersih dari unsur-unsur bahasa lain.
C.
Berpidato di sidang DPR dan acara-acara resmi.
D. menjaga agar bahasa
Indonesia tidak terpengaruh sistem bahasa Daerah.
4. Dalam
naskah Sumpah Pemuda pada urutan ketiga, bahasa Indonesia dirumuskan sebagai
....
A.
bahasa nasional
B. bahasa Negara
C. lambang
kebangsaan
D. identitas nasional
D. identitas nasional
5. Cermatilah ilustrasi konsep bahasa berikut
ini.
Endah: Tadi pagi saya melihat berita di
televisi. Saya ikut prihatin atas kejadian yang menimpa Kampung Banaran
Kabupaten Ponorogo.
Zuhri
: Memangnya berita tentang apa?
Farhan: Wah, ketinggalan berita kamu, Zuhri.
Itu lho, berita tentang tanah longsor.
Endah
: Bayangkan saja, hujan deras selama tiga jam telah mengakibatkan banjir
dan tanah longsor. Sampai pagi tadi sudah 6 mayat ditemukan.
Ilustrasi di atas termasuk ke dalam
konsep ragam bahasa…
A. Ragam
bahasa ilmiah
B. Ragam
bahasa sastra
C. Ragam bahasa santai
D. Ragam bahasa formal
D. Ragam bahasa formal
6. Sebagai apresiasi atas keberhasilan negara
Indonesia dalam mewujudkan swasembada beras pada tahun 1984, FAO sebagai badan
organisasi PBB yang menangani pangan sedunia, mengundang Presiden RI, Soeharto,
untuk berpidato menyampaikan pengalamannya dalam mewujudkan swasembada beras.
Pada peristiwa penting tersebut, Presiden Soeharto berpidato dengan menggunakan
bahasa Indonesia. Peristiwa tersebut merefleksikan perwujudan penggunaan bahasa
Indonesia kaitannya dengan kedudukan bahasa Indonesia sebagai ….
A. bahasa nasional
B. bahasa negara
C. bahasa pemersatu bangsa
D. lambang identitas nasional
A. bahasa nasional
B. bahasa negara
C. bahasa pemersatu bangsa
D. lambang identitas nasional
7. Penggunaan bahasa Indonesia yang berdampingan
dengan bahasa Inggris di papan nama lembaga pemerintah atau nonpemerintah,
petunjuk umum, petunjuk arah di berbagai tempat strategis antara lain di
bandara, pelabuhan, parlemen, objek wisata, dan hotel.
Hal
itu mencerminkan fungsi bahasa Indonesia sebagai ….
A. lambang kebanggaan kebangsaan
B. lambang identitas nasional
C. alat penghubung antarwarga, antardaerah, dan antarbudaya
D. alat persatuan berbagai suku bangsa dengan latar belakang
A. lambang kebanggaan kebangsaan
B. lambang identitas nasional
C. alat penghubung antarwarga, antardaerah, dan antarbudaya
D. alat persatuan berbagai suku bangsa dengan latar belakang
8. Banyak warga Indonesia yang tinggal di negara
lain, seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dan negara lainnya. Mereka
memilih jauh dari tanah airnya demi pekerjaan, studi, bisnis, karier, dan
alasan lainnya. Meskipun demikian, jauh dari tanah air tidak berarti terputus
silaturahmi dan tidak peduli terhadap permasalahan bangsanya. Untuk mengobati
kerinduan pada tanah air, mereka memprakarsai acara-acara yang bernuansa
Indonesia. Mereka secara leluasa berbahasa Indonesia, menyajikan makanan khas
daerah masing-masing, dan pertunjukan seni daerahnya. Cerita tersebut memiliki hubungan
dengan perwujudan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, kecuali ….
A. Lambang identitas nasional
B. Lambang kebanggaan kebangsaan
C. Alat penghubung antarwarga, antardaerah, dan antarbudaya
D. Sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan
A. Lambang identitas nasional
B. Lambang kebanggaan kebangsaan
C. Alat penghubung antarwarga, antardaerah, dan antarbudaya
D. Sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan
9. Bahasa Indonesia dipakai untuk mengungkapkan
perasaan melalui media seni, seperti syair, puisi, prosa, Cerpen dll.
kadang-kadang bahasa yang dipakai juga memiliki makna konotasi dan makna
denotasi.
Fungsi Bahasa Indonesia semacam ini termasuk dalam fungsi...
A. Mewujudkan hubungan dalam Interaksi dalam kehidupan sehari-hari.
B. Mewujudkan seni (sastra).
C. Mempelajari bahasa-bahasa kuno.
D. Memahami IPTEK.
Fungsi Bahasa Indonesia semacam ini termasuk dalam fungsi...
A. Mewujudkan hubungan dalam Interaksi dalam kehidupan sehari-hari.
B. Mewujudkan seni (sastra).
C. Mempelajari bahasa-bahasa kuno.
D. Memahami IPTEK.
10. Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan
yang sangat penting sebagai Bahasa nasional yang tertuang dalam Ikrar Sumpah
Pemuda berbunyi:
a. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
b. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berrbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
c. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Ikrar ketiga dalam Sumpah Pemuda tersebut menegaskan tentang ...
A. pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa kebudayaan
B. pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia
C. pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa perdagangan
D. pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa yang universal
a. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
b. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berrbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
c. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Ikrar ketiga dalam Sumpah Pemuda tersebut menegaskan tentang ...
A. pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa kebudayaan
B. pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia
C. pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa perdagangan
D. pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa yang universal
11. Alasan yang mendorong dijadikannya bahasa
Melayu sebagai cikal bakal bahasa Indonesia adalah....
A. bahasa Melayu mempunyai sistem yang sederhana sehingga relatif mudah dipelajari
B. bahasa Melayu adalah bahasa para bangsawan
C. bahasa Melayu digunakan di pulau Sumatera yang besar
D. bahasa Melayu adalah bahasa para pejuang kemerdekaan
A. bahasa Melayu mempunyai sistem yang sederhana sehingga relatif mudah dipelajari
B. bahasa Melayu adalah bahasa para bangsawan
C. bahasa Melayu digunakan di pulau Sumatera yang besar
D. bahasa Melayu adalah bahasa para pejuang kemerdekaan
12. Selama masa perkembangannya sebagai
bahasa nasional, bahasa Indonesia telah mengalami banyak perbedaan dengan
bahasa Melayu. Selain pengaruh dari bahasa lain, penyebabnya….
A. kreativitas pemakainya
B. pengajaran bahasa
C. pemikiran para ahli bahasa
D. pengaruh politik pemerintah
A. kreativitas pemakainya
B. pengajaran bahasa
C. pemikiran para ahli bahasa
D. pengaruh politik pemerintah
13. Usaha sadar, terencana, dan sistematis
tentang peningkatan mutu pemakaian bahasa, peningkatan kegairahan, dan
kebanggaan menggunakannya dinamakan dengan…
A. perencanaan bahasa
B. pengembangan bahasa
C. pemberdayaan bahasa
D. pembinaan bahasa
A. perencanaan bahasa
B. pengembangan bahasa
C. pemberdayaan bahasa
D. pembinaan bahasa
14. Bahasa Melayu sudah berperan sebagai lingua franca pada masa
kerajaan-kerajaan di Nusantara.
Istilah
lain dari lingua franca adalah...
A. bahasa resmi
B. bahasa
baku
C. bahasa pergaulan
D. bahasa popular
15. Salah satu peristiwa sejarah
yang penting berkaitan dengan bahasa Indonesia adalah ditetepkannya bahasa
Indonesia sebagai bahasa persatuan yaitu pada ….
A.
28 Oktober 1928
B. 17 Agustus 1945
C. 18 Agustus
1945
D. 28 Februari 1975
D. 28 Februari 1975
Sumber
Azhar, Umar.
2016. Kedudukan, Fungsi, dan Ragam Bahasa
Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat
Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan
Mudini dkk.
2017. Kedudukan dan Fungsi Bahasa
Indonesia, Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat
Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga
Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
BACA JUGA
Kalimat yang tidak efektif dan efektif
ReplyDelete