22 October 2017

MELENGKAPI TEKS ARGUMENTASI

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 35
MELENGKAPI BAGIAN RUMPANG TEKS ARGUMENTASI

KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN

Kunci Jawaban: D
Pembahasan

Soal di atas menanyakan kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMA/MA termasuk ke dalam ruang lingkup materi menulis terbatas level kognitif aplikasi (penerapan). Kompetensi yang diuji yaitu melengkapi unsur teks argumentasi.

BACA BEDAHKISI-KISI UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA

Teks argumentasi adalah teks yang mengemukakan pendapat dengan disertai alasan yang kuat. Teks di atas berisi perintah gubernur (pendapat) agar penderita tuberculosis (Tb) menyelesaikan proses penyembuhan. Teks tersebut belum mencantumkan sebab (alasan) mengapa penderita Tb harus menyelesaikan proses penyembuhan.
Untuk melengkapi paragraf argumentasi harus memahami isi paragraf dan menemukan hubungan yang erat antara pendapat dan alasan pendukung atau kalimat sebab dan akibat dalam paragraf.
Kalimat sebab (alasan) yang tepat untuk melengkapi teks paragraf yang berisi pendapat agar penderita tuberculosis (Tb) menyelesaikan proses penyembuhan adalah karena pengobatan berhenti di tengah jalan akan membuat penyakit lebih parah (jawaban D).

RINGKASAN MATERI
Teks Argumentasi
Teks Argumentasi adalah teks yang bertujuan menyampaikan suatu gagasan, ide, pendapat, konsepsi, atau opini penulis disertai data sebagai bukti dan alasan untuk meyakinkan pembaca atas kebenaran gagasan itu.
Langkah-langkah melengkapi teks argumentasi

  1. Cermati jenis teks dan tujuan teks. Teks argumentasi adalah teks yang mengemukakan pendapat dengan disertai alasan yang kuat. Kalimat-kalimat dalam teks argumentasi berisi kata-kata yang bertujuan meyakinkan pendapat disertai alasan atau bukti-bukti pendukung.
  2. Cermati isi kalimat sebelum dan sesudah bagian yang rumpang. Perhatikan pilihan kata yang digunakan. Temukan hubungan sebab akibat atau pendapat dan dasar penyampaian pendapat.
  3. Pilihlah kalimat yang berhubungan dengan kalimat sebelum dan sesudah bagian yang rumpang. Kalimat-kalimat tersebut pada umumnya memiliki hubungan kausalitas atau hubungan sebab akibat.
Contoh paragraf argumentasi
Masih ada solusi yang baik untuk mengatasi polemik kapal ikan di perairan kita. Penambahan jumlah kapal besar diperairan Sulawesi, Maluku, dan Irian tidak perlu diikuti dengan pemindahan kapal kecil ke wilayah lain. Yang terpenting adalah rasionalisasi jumlah dan ukuran kapal sesuai dengan pemberlakuan wilayah fishing ground dan fishing base.        
Contoh soal
Pelayanan kesehatan di berbagai tempat di tanah air belum berorientasi kepada pasien. Hal ini ditandai oleh maraknya pemberian obat antibiotik yang tidak sesuai dengan kondisi klinis. Pemakaian antibiotik yang melebihi kebutuhan bisa mengakibatkan resistensi dalam tubuh pasien. Kuman penyakit dalam tubuh menjadi kebal. Oleh karena itu,....  
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
A.        perlu ditumbuhkan sikap kritis masyarakat terhadap kesehatan.
B.        pasien harus selalu mematuhi semua instruksi dari dokter.
C.        pasien harus pasrah pada layanan kesehatan yang diterima.
D.        setiap penyakit harus diobati dengan antibiotik.
E.         dokter harus selalu memperhatikan keinginan pasiennya.

BACA JUGA PEMBAHASAN JENIS-JENIS TEKS PADA KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013 MATERI UN 2017/2018

0 komentar:

Post a Comment