16 October 2017

MENENTUKAN NILAI DALAM KARYA SASTRA

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 22
MENENTUKAN NILAI BUDAYA DALAM CERPEN




Kunci Jawaban: A
Pembahasan: 
Soal di atas menanyakan nilai budaya yang terdapat dalam karya sastra. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018 termasuk ke ruang lingkup materi membaca sastra level aplikasi (penerapan).  Kompetensi yang diuji adalah mampu menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (menentukan nilai-nilai karya sastra)


Nilai budaya yang terdapat pada kutipan di atas adalah orang tua mencarikan jodoh untuk pasangan anaknya yang sesuai (jawaban A). Nilai budaya adalah nilai yang berkaitan dengan adat-istiadat atau kebiasaan yang ada dalam suatu masyarakat. Salah satu budaya masyarakat (lama) adalah orang tua mencarikan/menentukan jodoh bagi anaknya. Pada masa kini sudah “jarang” orang tua mencarikan jodoh untuk anaknya karena anak cenderung tidak mau dicarikan jodoh oleh orang tuanya.

RINGKASAN MATERI
NILAI-NILAI DALAM KARYA SASTRA
Karya sastra (yang baik) senantiasa mengandung nilai (value). Nilai adalah "sesuatu" yang dapat memperkaya wawasan dan/atau meningkatkan harkat hidup. Nilai dalam karya sastra ada yang bersifat edukatif, menambah pengetahuan, memberikan hiburan, atau dapat memanusiakan manusia sehingga berguna bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, dalam karya sastra ada sesuatu yang ber­manfaat bagi kehidupan.
Nilai dalam karya sastra di­kemas dalam wujud struktur karya sastra, yang secara implisit terdapat dalam alur, latar, tokoh, tema, dan amanat atau di dalam larik, rima, dan irama.

Nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra , antara lain dapat dikemukakan sebagai berikut.
1. Nilai moral, yaitu nilai yang berkaitan dengan akhlak/budi pekerti/susila atau baik buruk tingkah laku.
2. Nilai sosial/kemasyarakatan, yaitu nilai yang berkaitan dengan norma yang berada di dalam masyarakat.
3. Nilai religius/keagamaan, yaitu nilai yang berkaitan dengan tuntutan beragama.
4. Nilai pendidikan/edukasi, yaitu nilai yang berkaitan dengan pengubahan tingkah laku dari baik ke buruk     (pengajaran).
5. Nilai estetis/keindahan, yaitu nilai yang berkaitan dengan hal-hal yang menarik/menyenangkan (rasa
    seni).
6. Nilai etika, yaitu nilai yang berkaitan dengan sopan santun dalam kehidupan.
7. Nilai politis, yaitu nilai yang berkaitan dengan pemerintahan.
8. Nilai budaya, yaitu nilai yang berkaitan dengan adat istiadat.
9. Nilai kemanusiaan, yaitu nilai yang berhubungan dengan sifat-sifat manusia. Nilai-nilai ini ada yang bersifat  ideologis, politis, ekonomis, sosiologis, budaya, edukatif, humoris, dan sebagainya.


BACA PEMBAHASAN SOAL NOMOR 1-25 SOAL UN 2016/2017

3 comments:

  1. Ketahui potensi diri, jodoh dan kepribadian dari arti nama dan tanggal lahir dengan coba unduh ARC Bali Pro kami di PlayStore atau ingin tahu lebih jauh bisa baca blog kami di ARC Bali

    ReplyDelete
  2. Thank you for sharing. If you want to see more visit
    MUHIBBIN
    BANUA
    IDnews

    ReplyDelete