25 October 2017

MENGISI PARAGRAF DENGAN KONJUNGSI YANG SESUAI (PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 39)

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 39
MELENGKAPI PARAGRAF DENGAN KONJUNGSI YANG TEPAT

KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN

Jawaban: D
Pembahasan 

Soal di atas menanyakan konjungsi temporal yang tepat melengkapi paragraf. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMA/MA termasuk ke dalam ruang lingkup materi menyunting kata, kalimat, dan paragraf level kognitif aplikasi (penerapan). Kompetensi yang diuji yaitu mengisi /melengkapi paragraf dengan konjungsi yang sesuai .
BACA BEDAHKISI-KISI UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA
Konjungsi temporal adalah kata hubung yang menyatakan adanya hubungan waktu antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat.
Untuk melengkapi paragraf dengan konjungsi temporal yang tepat harus mencermati isi kalimat sebelum dan sesudah pada bagian paragraf yang rumpang. Dengan mencermati isi kalimat dan hubungan antar kata pada bagian yang rumpang pada paragraf tersebut, konjungsi temporal yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah tiba-tiba, setelah (pilihan jawaban D).
RINGKASAN MATERI
A.  KONJUNGSI TEMPORAL
1.    Pengertian Konjungsi Temporal

konjungsi/kon·jung·si/ n 1 Ling kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat; (https://kbbi.web.id/konjungsi
tem·po·ral /témporal/ a 1 berhubungan atau mengenai waktu: dinamakan relasi -- apabila dl bagian kalimat yg satu diberikan keterangan waktu; 2 berkenaan dng waktu-waktu tertentu (http://kbbi.co.id/arti-kata/temporal)
Jadi konjungsi temporal adalah kata hubung yang menyatakan adanya hubungan waktu antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat.
2. Macam-Macam Konjungsi temporal
a. Konjungsi Temporal Sederajat
Adalah konjungsi yang menghubungkan dua kejadian yang sederajat dan umumnya digunakan dalam kalimat majemuk setara. Konjungsi ini diletakkan di tengah-tengah kalimat yang dihubungkan, bukan diawal ataupun akhir kalimat. Beberapa kata hubung yang dipakai dalam jenis konjungsi temporal sederajat adalah : sebelumnya, sesudahnya, lalu, kemudian dan selanjutnya.
Contoh Kalimat :

1)      Saat ini Dude sudah menjabat sebagai Manajer Cabang, sebelumnya ia mengawali karirnya sama seperti yang lainnya yaitu sebagai karyawan kontrak.
2)      Sekarang dia memang sudah sukses dan kaya raya, tapi sebelumnya dia hampir tak ada bedanya dengan anak jalanan yang tak memiliki tempat tinggal.
3)      Aku harus jujur padamu, sebelumnya aku sangat membencimu dan tak ingin berteman dengan orang sepertimu.
4)      Kau memiliki kesempatan untuk bekerja di perusahaan ini, tapi sebelumnya kau harus menunjukkan bahwa kau memiliki kemampuan yang mereka butuhkan.
5)      Nenek masih menjalani pemeriksaan darah, sesudahnya beliau harus menjalani pemeriksaan lebih lanjut untuk memeriksa jenis tumor yang menggerogoti tubuhnya.

b.    Konjungsi Temporal Tidak Sederajat/Bertingkat
Adalah konjungsi yang menghubungkan dua kejadian yang mana kedudukan kalimatnya bertingkat/tidak sederajat dan dapat digunakan dalam semua jenis kalimat majemuk. Konjungsi temporal tidak sederajat dapat diletakkan di awal, tengah maupun di akhir kalimat. Kata hubung yang dipakai dalam konjungsi temporal tidak sederajat adalah : apabila, bila, bilamana, demi, hingga, ketika, waktu, tatkala, sambil, seraya, sebelum, sedari, sejak, semenjak, selama, sementara.
Contoh Kalimat :

1)      Aku mengerjakan pekerjaan kantor itu sambil mendengarkan musik di smartphone.
2)      Paman berjanji akan membawa kami berlibur ke Singapura apabila ia berhasil memenangkan tender proyek yang bernilai satu milyar rupiah itu.
3)      Demi menemani ibunya yang sedang dirawat di rumah sakit, Husni rela meninggalkan pelajarannya di sekolah selama 1 minggu lebih.
4)      Kami bercucuran keringat bergotong royong membersihkan selokan di komplek ini, sementara dia hanya melihat dan menonton dari pekarangan rumah besarnya.
5)      Dia sudah meninggalkan kampung halamannya semenjak ia menyelesaikan pendidikannya di bangku SMA. (https://dosenbahasa.com/jenis-jenis-konjungsi-temporal)

B.     Langkah-Langkah Melengkapi Paragraf dengan Konjungsi yang Sesuai

1.      Bacalah dengan cermat paragraf/teks.
2.      Perhatikan isi kalimat sebelum dan sesudah pada bagian paragraf yang rumpang
3.      Lengkapi paragraf dengan konjungsi yang sesuai

0 komentar:

Post a Comment