26 October 2017

MENYUSUN URUTAN KALIMAT BERBAGAI JENIS TEKS-MATERI UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs

PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA 2016/2017 SMA/MA NOMOR 15
MENYUSUN URUTAN KALIMAT BERBAGAI JENIS TEKS


Kunci Jawaban: C
Pembahasan

Soal di atas menanyakan urutan kalimat agar menjadi teks laporan hasil observasi yang tepat. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 termasuk ke ruang lingkup materi menulis terbatas level kognitif aplikasi (penerapan). Kompetensi yang diuji yaitu menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks / mengurutkan kalimat acak. 

Menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks artinya menyusun secara urut kalimat-kalimat dalam teks yang mungkin sebelumnya acak/tidak urut. Penyusunan kalimat dalam teks diurutkan secara logis dan berhubungan satu dengan yang lain. 
Menyusun kalimat-kalimat dalam teks dapat dilakukan dengan menempatkan kalimat utama pada awal kemudian diikuti kalimat-kalimat penjelas. Pada soal di atas kalimat utamanya adalah kalimat (3) Pulau Komodo menjadi salah satu dari keajaiban dunia. Dengan demikian urutan kalimat-kalimat yang logis adalah (3), (2), (4), (1), (5) atau jawaban C.

RINGKASAN MATERI
MENGURUTKAN KALIMAT ACAK MENJADI PARAGRAF PADU.
Kalimat acak adalah kalimat lepas yang dapat dijadikan paragraf yang padu dengan cara menempatkan kalimat utama lebih dahulu kemudian diikuti kalimat penjelas yang diurutkan secara logis dan berhubungan satu dengan yang lain. 
Langkah-langkah mengurutkan kalimat acak menjadi paragraf padu adalah sebagai berikut.

1.      Bacalah dengan cermat.
2.      Pilihlah data yang bersifat umum dan memuat gagasan utama. Gunakan data tersebut sebagai kalimat utama kemudian diikuti kalimat penjelas.
3.      Susun data atau kalimat yang disajikan menjadi paragraf padu berdasarkan urutan logis. Misalnya dimulai dengan kalimat yang memuat gagasan umum kemudian diikuti dengan gagasan khusus atau penjelas.

0 komentar:

Post a Comment