26 October 2017

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMP/MTs: MENGIDENTIFIKASI KALIMAT YANG TIDAK EFEKTIF

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMP/MTsMENGIDENTIFIKASI KALIMAT YANG TIDAK EFEKTIF DENGAN TEPAT



Kunci Jawaban         : D
Pembahasan    :

Soal di atas menanyakan kalimat yang tidak efektif. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMP/MTs termasuk dalam ruang lingkup materi menyunting kata, kalimat, dan paragraf level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kompetensi yang diuji yaitu menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah/mengidentifikasi kalimat tidak efektif dengan tepat.


Kalimat efektif ditandai antara lain mudah dipahami isi atau pesannya, lengkap unsur kalimatnya, kata yang digunakan tepat, tidak berlebihan, dan tidak ambigu, dan sebagainya.

Kalimat tidak efektif antara lain ditandai dengan ketidaklengkapan unsur kalimat, ketidaktepatan penempatan unsur dalam kalimat, penggunaan unsur kalimat secara berlebihan, pilihan kata tidak tepat,  ketidakparalelan, kontaminasi, dan kesalahan konjungsi.

Berdasarkan syarat-syarat kalimat efektif tersebut yang merupakan kalimat efektif adalah kalimat (2), (3), dan (4). Sedangkan kalimat yang tidak efektif adalah kalimat (1) karena tidak memenuhi syarat kehematan atau penggunaan unsur kalimat secara berlebihan (jamak ganda).

Analisis kalimat (1) sebagai berikut.
a.         Banyak remaja-remaja yang menyukai olahraga. (tidak hemat) 
b.        Banyak remaja yang menyukai olahraga. (hemat)


RINGKASAN MATERI
A.      Pengertian Kalimat Efektif
Kalimat efektif adalah kalimat yang jelas, mudah dipahami oleh pendengar atau pembaca, dan sesuai dengan kaidah bahasa, antara lain lengkap unsur kalimatnya, kata yang digunakan tepat, tidak berlebihan, tidak ambigu, dan sebagainya.

B.       Syarat Kalimat Efektif

1.    Keutuhan
Contoh:
a.    Dia bekerja saling membantu. (tidak utuh)
b.    Mereka bekerja saling membantu. (utuh)

2.    Kesejajaran

1)   Bentuk
a.    Tugas anak-anak hari ini adalah membersihkan ruang kelas, menata meja, penyeselesaian PR, dan pemberesan alat-alat praktik. (tidak sejajar)
b.    Tugas anak-anak hari ini adalah membersihkan ruang kelas, menata meja, menyeselesaikan PR, dan membereskan alat-alat praktik. (sejajar)

2)   Makna

a.    Biawak itu dipegang kepalanya agar tidak marah dan melawan. (tidak sejajar)
b.    Biawak itu dipegang kepalanya agar tidak marah dan tidak melawan. (sejajar)

3.    Kefokusan

1)   Pengedepanan
a.    Sangat membanggakan siswa kita itu. 
b.    Siswa kita itu sangat membanggakan.

2)   Pengulangan

a.    Anak yang pandai berbicara, pandai bergaul, dan pandai belajar pasti disukai banyak temannya. 
b.    Generasi muda harus sadar, generasi muda harus bangkit, generasi muda harus berani tampil di depan dalam membangun bangsa ini.   

4.    Kehematan

1)   Penghilangan Subjek

a.    Pagi-pagi siswa itu sudah datang kemudian siswa  itu langsung membersihkan ruang kelasnya. (tidak hemat)
b.    Pagi-pagi siswa itu sudah datang kemudian langsung membersihkan ruang kelasnya. (hemat)

2)   Penghilangan Bentuk Sinonim

a.    Menjaga kebersihan sekolah adalah merupakan  tanggung jawab kita semua. (tidak hemat) 
b.    Menjaga kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab kita semua. (hemat)

3)   Penghilangan Makna Jamak Ganda

a.    Sejumlah guru-guru berprestasi mendapat penghargaan dari pemerintah. (tidak hemat)
b.    Sejumlah guru berprestasi mendapat penghargaan dari pemerintah. (hemat)

5.    Kelogisan

Contoh:

a.    Pengunjung yang membawa tas harap dimasukkan ke loker. (tidak logis)
b.    Tas pengunjung harap dimasukkan ke loker. (logis)

(Sriyanto: Badan Bahasa, Kemendikbud.)


0 komentar:

Post a Comment