RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3
Nama Sekolah
|
:
|
SMP ----------------------------
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 X 40 Menit (2 Pertemuan)
|
A. Standar Kompetensi
2.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam
bentuk komentar dan laporan
B. Kompetensi Dasar
2.1 Mengkritik/memuji berbagai karya (seni
atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun.
C. Indikator
Pencapaian KD
1.
Mampu mengkritik karya seni dengan bahasa
yang lugas dan santun.
2. Mampu memuji karya seni dengan bahasa yang lugas dan santun disertai alasan yang logis.
D. Tujuan
Pembelajaran
Siswa
mampu mengkritik/memuji berbagai karya (seni atau produk) dengan
bahasa yang lugas, santun dan komunikatif.
E. Nilai PBKB
1.
Menghargai Karya Orang Lain
2.
Santun
3.
Komunikatif
F. Indikator
Pencapaian PBKB
- Menghargai Karya Orang Lain
a. mampu
memuji karya seni
b. mencermati
contoh puisi
- Santun
a. mampu
memberikan kritik dengan bahasa yang santun
b. mampu
memuji karya seni dengan bahasa yang santun
- Komunikatif
a. mampu
memberikan kritik dengan bahasa yang lugas dan komunikatif
b. mapu
memuji karya seni dengan bahasa yang lugas dan komunikatif
G. Materi
Pembelajaran
- Kritik terhadap karya seni
- Pujian terhadap karya seni
H. Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Penugasan
4.
Tanya jawab
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang kondisi fisik sebuah karya seni (materi
tanya jawab mengarah ke kritikan dan pujian)
3.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus.
|
|||
B.
|
Inti
|
55’
|
|
Eksplorasi
1.
Guru dan siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan
dengan menilai karya seni dengan pertanyaan,”Siapa yang suka membaca puisi,
cerpen. melukis? Siapa yang suka menulis puisi, cerpen, melukis, atau membuat
karya seni yang lain? Apakah semua karya seni yang pernah kita baca atau yang
kita buat pasti bagus? Apa reaksi kita terhadap karya seni yang kita cermati?
Apa apresiasi orang ketika menikmati karya seni kita? Mengkritik
atau memuji? (komunikatif)
2.
Secara berkelompok siswa mencermati karya seni( c.q puisi) yang sudah disiapkan guru
Elaborasi
3.
Masih dalam kelompok masing-masing siswa menentukan materi yang dapat
dijadikan bahan kritikan dan pujian terhadap karya seni disertai dengan alasan logisnya.
4.
Secara perseorangan siswa membuat kalimat
kritikan dan pujian dengan bahasa yang lugas dan santun yang di dalamnya juga
terdapat alasan logis. (santun)
5.
Siswa saling bertukar pekerjaan dengan teman
lain dalam satu kelompok untuk saling memberikan tanggapan dan memilih
kalimat kritikan dan kalimat pujian terbaik. (menghargai karya orang lain)
6.
Siswa saling menukar hasil kerja terbaik
ke kelompok lain.
7. Setiap kelompok memberikan penilaian terhadap hasil kerja kelompok lain(
satu kelompok dinilai oleh dua kelompok yang berbeda)
Konfirmasi
|
|||
C.
|
Penutup
|
5’
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan hasil
pembelajaran.
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimana
perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Apa
manfaat yang dapat Kalian petik dari mengkritik
dan memuji karya seni?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Menghargai
Karya Orang Lain, Santun dan Komunikatif
5.
Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran
berikutnya.
|
Pertemuan
kedua
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Secara sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian
materi/kompetensi pada pertemuan pertama.
3.
Guru mengingatkan kembali tujuan
pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan pada pertemuan kedua sesuai silabus.
|
|||
B.
|
Inti
|
55’
|
|
Eksplorasi
1.
Secara lebih intensif guru dan siswa
bertanya jawab tentang capaian kompetensi siswa pada pertemuan pertama (kalimat
kritikan dan pujian)
2.
Siswa mencermati sebuah puisi (puisi yang berbeda
dengan pertemuan pertama) yang diperlihatkan oleh guru
Elaborasi
3.
Secara perseorangan siswa menentukan materi yang dapat
dijadikan bahan kritikan dan pujian terhadap puisi disertai dengan alasan logisnya.
4.
Secara perseorangan siswa membuat kalimat
kritikan dan pujian dengan bahasa yang lugas dan santun yang di dalamnya juga
terdapat alasan logis. (santun)
5.
Siswa saling bertukar pekerjaan dengan teman
sebangku untuk saling memberikan tanggapan. (menghargai karya orang lain)
Konfirmasi
# Selanjutnya siswa melakukan penilaian untuk
pengukuran pencapaian kompetensi.
|
|||
C.
|
Penutup
|
5’
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang kalimat kritikan dan
pujian.
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimana
perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Apa
manfaat yang dapat Kalian petik dari mengkritik
dan memuji karya seni?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Menghargai
Karya Orang Lain, Santun dan Komunikatif
5.
Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian
(remidi atau pengayaan) dari guru.
6.
Siswa menerima tugas terstruktur (Siswa menulis kritikan dan pujian dengan bahasa
yang lugas dan santun terhadap cerpen tertentu yang ditunjukkan
guru dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (Siswa menulis kritikan dan pujian dengan bahasa yang lugas dan santun terhadap cerpen tertentu yang dipilih siswa).
7.
Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran
berikutnya.
|
J.
Sumber
Pembelajaran
1.
Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa
Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat
Perbukuan. ( halaman 4 – 5)
2.
Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3.
Hasil karya seni (beberapa contoh puisi dan cerpen)
4.
E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk
SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 9-16
5.
Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian
Pencapaian KD
a. Teknik : Tes
Tulis
b. Bentuk Instrumen : Tes
Uraian
c. Soal/ Instrumen :
1)
Buatlah kritikan atau pujian terhadap karya seni berikut disertai
dengan alasan yang logis dan bahasa yang lugas dan santun.
Pedoman
Penskoran
No.
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
Keberadaan materi yang dikritik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
Kejelasan kritikan/pujian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
3
|
Kelogisan alasan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
4
|
Keberadaan saran/penghargaan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Kelugasan dan kesantunan bahasa
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Skor Maksimal
|
20
|
Perolehan
Skor
|
||||
Nilai Akhir
|
------------------------
|
X
|
100
|
|
20
|
2. Penilaian
PBKB
No.
|
Pencapaian Penilaian PBKB
|
Nilai
PBKB
|
Skor
|
||
Menghargai
Karya Orang Lain
|
Santun
|
Komunikatif
|
|||
1
|
MK
(membudaya)
|
4
|
4
|
4
|
12
|
2
|
MB
(mulai berkembang)
|
3
|
3
|
3
|
9
|
3
|
MT
(mulai terlihat
|
2
|
2
|
2
|
6
|
4
|
BT
(belum terlihat)
|
1
|
1
|
1
|
3
|
Skor Maksimal
|
4
|
4
|
4
|
12
|
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 komentar:
Post a Comment