RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
Nama Sekolah
|
:
|
SMP ………….
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4
X 40 Menit (2 Pertemuan)
|
A. Standar Kompetensi
1. Memahami
dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menyimpulkan
isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio
C. Indikator Pencapaian KD
1.
Mampu mencatat hal-hal penting dalam dialog
interaktif
2.
Mampu menyimpulkan isi dialog interaktif
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa
dapat menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber
pada tayangan televisi/siaran radio dengan cermat dan logis
E. Nilai PBKB
1. Cermat
2. Berpikir
Logis
F. Indikator
Pencapaian PBKB
1. Cermat
mendengarkan rekaman dialog dengan baik
menemukan hal penting dalam dialog
2. Berpikir
Logis
mampu menyimpulkan isi dialog interaktif
G. Materi
Pembelajaran
1.
Hal-hal penting dalam dialog interaktif
- Simpulan isi dialog interaktif
H. Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang dialog interaktif secara sekilas.
3.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan cakupan materi dan
penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
|||
B.
|
Inti
|
55’
|
|
Eksplorasi
1. Guru bertanya
jawab dengan siswa secara brain
storming tentang hal-hal yang berkaitan dengan dialog interaktif .
2. Secara klasikal siswa mendengarkan pembacaan dialog interaktif. (yang
dibacakan murid secara berkelompok)
Elaborasi
3. Secara berkelompok (4-5 orang) siswa berdiskusi untuk menemukan hal-hal penting dalam dialog interaktif. (cermat)
4. Wakil setiap kelompok menuliskan hasil diskusi di papan tulis
Konfirmasi
5.
Siswa mendapatkan konfirmasi dari guru tentang hasil
diskusi mereka yang sudah ditulis di papan tulis dengan cara tanya jawab.
6.
Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang terbaik.
7.
Dengan arahan dan bimbingan guru siswa membuat
kesimpulan mengenai hal-hal
penting dalam dialog interaktif (berpikir
kritis, kreatif, logis, inovatif)
|
|||
C.
|
Penutup
|
15’
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan hasil
pembelajaran.
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimana
perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Adakah
kesulitan yang masih Kalian alami dalam menentukan hal-hal penting dalam
dialog interaktif? dll.
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa
mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: disiplin,rasa ingin tahu,
dan peduli sosial.
5.
Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran
berikutnya.
|
Pertemuan
kedua
No.
|
Kegiatan
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang capaian kompetensi
pada pertemuan pertama secara sekilas.
3.
Guru mengingatkan lagi tentang tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai
4.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan pada pertemuan kedua sesuai silabus.
|
||
B.
|
Inti
|
|
Eksplorasi
1.
Guru bertanya jawab dengan siswa
tentang hal-hal yang berkaitan dengan
dialog interaktif (fokus pada simpulan isi dialog interaktif)
2.
Secara berkelompok siswa mendengarkan rekaman dialog interaktif
Elaborasi
3.
Masih dalam kelompok yang sama siswa menyimpulkan isi dialog interaktif
4.
Wakil setiap kelompok menyampaikan hasil kerjanya ke
depan kelas dan kelompok lain memberikan penilaian.
Konfirmasi
5.
Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang terbaik.
6.
Dengan arahan dan bimbingan guru, siswa membuat catatan
atau kesimpulan mengenai hal penting dan simpulan dialog interaktif
# Selanjutnya siswa melaksanakan
penilaian untuk mengukur pencapaian KD
|
||
C.
|
Penutup
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan hasil
pembelajaran.
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimana perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
§ Apa
manfaat yang dapat Kalian petik dari mendengarkan dialog interaktif?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: disiplin,rasa
ingin tahu, dan peduli sosial.
5.
Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian
(remidi atau pengayaan) dari guru.
6.
Siswa menerima tugas terstruktur (siswa mencatat hal-hal penting dan
menyimpulkan isi dialog interaktif
yang ditayangkan di TV (stasiun tertentu, pada waktu tertentu) dan
kegiatan mandiri tidak terstruktur (siswa membiasakan diri untuk mencatat
hal-hal penting dan menyimpulkan isi
dialog interaktif yang ditayangkan di stasiun televisi apa pun dan
membuat laporan tertulis).
7.
Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran
berikutnya.
|
J.
Sumber
Belajar
1.
Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa
Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. (
halaman 76 – 77)
2.
Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3.
Siaran dialog interaktif pada tayangan televisi tertentu
dan rekamannya
4.
E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk
SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 2-8
5.
Hasil Karya Siswa
K. Penilaian
1. Penilaian
Pencapaian KD
a.
Teknik : Tes Tulis
b.
Bentuk
Instrumen : Tes Uraian
c.
Soal/ Instrumen :
Dengarkanlah
dengan saksama rekaman dialog interaktif berikut kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaannya!
1)
Temukan minimal tiga
hal penting yang terdapat dalam dialog interaktif tersebut!
2)
Simpulkan isi dialog interaktif yang kamu dengar!
PEDOMAN
PENSKORAN
1. Hal penting dalam dialog
interaktif
No.
|
Kegiatan
|
Skor
|
1
|
Siswa menuliskan 3 pokok berita atau lebih
|
10
|
2
|
Siswa menuliskan 1-2 pokok cerita
|
5
|
3
|
Siswa tidak menuliskan apa-apa
|
0
|
Skor Maksimal
|
10
|
2.
Simpulan isi dialog interaktif
No.
|
Kegiatan
|
Skor
|
1
|
Siswa menyimpulkan isi dialog berdasarkan hal penting
yang telah dicatat
|
10
|
2
|
Siswa menyimpulkan isi dialog, tetapi tidak berdasarkan
hal penting yang telah dicatat
|
5
|
3
|
Siswa tidak menyimpulkan isi dialog
|
0
|
Skor Maksimal
|
10
|
|
Skor Total
Maksimal Soal 1 dan 2
|
20
|
Perolehan
Skor
|
||||
Nilai Akhir
|
------------------------
|
X
|
100
|
|
20
|
2. Penilaian
PBKB
No.
|
Pencapaian Penilaian PBKB
|
Nilai
PBKB
|
Skor
|
|
Cermat
|
Berpikir
Logis
|
|||
1
|
MK
(membudaya)
|
4
|
4
|
8
|
2
|
MB
(mulai berkembang)
|
3
|
3
|
6
|
3
|
MT
(mulai terlihat
|
2
|
2
|
4
|
4
|
BT
(belum terlihat)
|
1
|
1
|
2
|
Skor Maksimal
|
4
|
4
|
8
|
.................
Mengetahui
Kepala
Sekolah, Guru
Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 komentar:
Post a Comment