15 October 2017

RPP KD 1.1. MENYIMPULKAN ISI DIALOG INTERAKTIF BAHASA INDONESIA KELAS IX/1 KURIKULUM 2006 (KTSP)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1

Nama Sekolah
:
SMP ………….
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
IX/1
Alokasi Waktu           
:
4 X 40 Menit (2 Pertemuan)



A.    Standar Kompetensi

1. Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio



B.     Kompetensi Dasar

      1.1 Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio



C.     Indikator Pencapaian KD

1.      Mampu mencatat hal-hal penting dalam dialog interaktif

2.      Mampu menyimpulkan isi dialog interaktif     



D.    Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio dengan cermat dan logis



E.     Nilai PBKB

1.      Cermat

2.      Berpikir Logis



F.      Indikator Pencapaian PBKB

1.      Cermat

Ÿ  mendengarkan rekaman dialog dengan baik

Ÿ  menemukan hal penting dalam dialog

2.      Berpikir Logis

Ÿ  mampu menyimpulkan isi dialog interaktif



G.    Materi Pembelajaran

1.      Hal-hal penting dalam dialog interaktif

  1. Simpulan isi dialog  interaktif



H.    Metode Pembelajaran

1.    Ceramah

2.    Diskusi

3.    Penugasan

4.    Tanya jawab 




I.        Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan pertama

No.
Kegiatan
Waktu
A.
Pendahuluan
10


1.        Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses   pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.        Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang dialog interaktif secara sekilas.
3.        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.         Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai  silabus.



B.
Inti
55


Eksplorasi
1.      Guru bertanya jawab dengan siswa secara brain storming tentang hal-hal yang berkaitan dengan  dialog interaktif .
2.      Secara klasikal siswa mendengarkan pembacaan  dialog interaktif. (yang dibacakan murid secara berkelompok)

Elaborasi
3.      Secara berkelompok  (4-5 orang) siswa berdiskusi untuk menemukan hal-hal  penting dalam dialog interaktif. (cermat)
4.      Wakil setiap kelompok menuliskan hasil diskusi di papan tulis

Konfirmasi
5.      Siswa mendapatkan konfirmasi dari guru tentang hasil diskusi mereka yang sudah ditulis di papan tulis dengan cara tanya jawab.
6.      Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang terbaik.
7.      Dengan arahan dan bimbingan guru siswa membuat kesimpulan  mengenai hal-hal penting dalam dialog interaktif (berpikir kritis, kreatif, logis, inovatif)


C.
Penutup
15’


1.        Siswa membuat rangkuman/simpulan hasil pembelajaran.
2.        Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya:
Ÿ  Bagaimana perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Ÿ  Adakah kesulitan yang masih Kalian alami dalam menentukan hal-hal penting dalam dialog interaktif? dll.
3.          Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.           Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: disiplin,rasa ingin tahu, dan  peduli sosial.
5.          Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya.









Pertemuan kedua

No.
Kegiatan
A.
Pendahuluan


1.        Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses   pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.        Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang capaian kompetensi pada pertemuan pertama secara sekilas.
3.        Guru mengingatkan lagi tentang tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai
4.        Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pada pertemuan kedua sesuai  silabus.

B.
Inti


Eksplorasi
1.        Guru bertanya jawab dengan siswa tentang hal-hal yang berkaitan dengan  dialog interaktif (fokus pada simpulan isi dialog interaktif)
2.        Secara berkelompok siswa mendengarkan rekaman dialog interaktif

Elaborasi
3.        Masih dalam kelompok yang sama siswa menyimpulkan isi dialog interaktif
4.        Wakil setiap kelompok  menyampaikan hasil kerjanya ke depan kelas dan kelompok lain memberikan penilaian.

Konfirmasi
5.        Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang terbaik.
6.        Dengan arahan dan bimbingan guru, siswa membuat catatan atau kesimpulan mengenai hal penting dan simpulan dialog interaktif
#  Selanjutnya siswa melaksanakan penilaian untuk mengukur pencapaian KD

C.
Penutup


1.        Siswa membuat rangkuman/simpulan hasil pembelajaran.
2.        Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya:
Ÿ       Bagaimana perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
§  Apa manfaat yang dapat Kalian petik dari mendengarkan dialog interaktif?
3.        Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.          Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: disiplin,rasa ingin tahu, dan  peduli sosial.
5.          Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian (remidi atau pengayaan) dari guru.
6.          Siswa menerima tugas terstruktur (siswa mencatat hal-hal penting dan menyimpulkan isi  dialog interaktif yang ditayangkan di TV (stasiun tertentu, pada waktu tertentu) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (siswa membiasakan diri  untuk mencatat hal-hal penting dan menyimpulkan isi  dialog interaktif yang ditayangkan di stasiun televisi apa pun dan membuat laporan tertulis).
7.          Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya.


J.        Sumber Belajar

1.             Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 76 – 77)

2.             Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.

3.             Siaran dialog interaktif pada tayangan televisi tertentu dan rekamannya

4.             E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 2-8

5.             Hasil Karya Siswa



K.    Penilaian

1.      Penilaian Pencapaian KD

a.         Teknik                     : Tes Tulis

b.        Bentuk Instrumen : Tes Uraian

c.         Soal/ Instrumen :                        

Dengarkanlah dengan saksama rekaman dialog interaktif berikut  kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaannya!

1)        Temukan minimal tiga  hal penting yang terdapat dalam dialog interaktif tersebut!

2)        Simpulkan isi dialog interaktif  yang kamu dengar!



PEDOMAN PENSKORAN

1. Hal penting dalam dialog interaktif

No.
Kegiatan
Skor
1
Siswa menuliskan 3 pokok berita atau lebih
10
2
Siswa menuliskan 1-2 pokok cerita
5
3
Siswa tidak menuliskan apa-apa
0

Skor Maksimal
10



2.  Simpulan isi dialog interaktif                    

No.
Kegiatan
Skor
1
Siswa menyimpulkan isi dialog berdasarkan hal penting yang telah dicatat
10
2
Siswa menyimpulkan isi dialog, tetapi tidak berdasarkan hal penting yang telah dicatat
5
3
Siswa tidak menyimpulkan isi dialog
0

Skor Maksimal
10
Skor Total Maksimal Soal 1 dan 2
20




Perolehan Skor



Nilai Akhir
------------------------
X
100


20









2.      Penilaian PBKB

No.
Pencapaian Penilaian PBKB
Nilai PBKB
Skor
Cermat
Berpikir Logis
1
MK (membudaya)
4
4
8
2
MB (mulai berkembang)
3
3
6
3
MT (mulai terlihat
2
2
4
4
BT (belum terlihat)
1
1
2

Skor Maksimal
4
4
8





                                                                                                    .................                                                     

Mengetahui

Kepala Sekolah,                                            Guru Bahasa Indonesia,







----------------------------                                      ----------------------------

----------------------------                                      ----------------------------


0 komentar:

Post a Comment