RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 5
Nama Sekolah
|
:
|
SMP ----------------------------
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 Menit (1 Pertemuan)
|
A. Standar Kompetensi
3. Memahami ragam wacana tulis dengan
membaca intensif dan membaca memindai
B. Kompetensi Dasar
3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara
cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai.
C. Indikator
Pencapaian KD
1.
Mampu menemukan kata dalam buku yang
dirujuk dalam indeks.
2.
Mampu menemukan
informasi secara cepat dan tepat dari kata yang dirujuk dalam indeks
D. Tujuan
Pembelajaran
Siswa
dapat menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat
dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai.
E. Nilai PBKB
- Keingintahuan
- Cinta Ilmu
F. Indikator
Pencapaian PBKB
- Keingintahuan
membaca
dan mencermati indeks buku dengan baik
mampu
menemukan informasi secara cepat dan tepat
- Cinta Ilmu
mampu bertanya jawab dengan guru tentang indeks buku
G. Materi
Pembelajaran
1.
Menemukan kata dalam buku yang dirujuk dalam indeks.
2.
Cara menemukan informasi dalam buku secara cepat dengan
membaca indeks buku
H. Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang indeks buku.
3.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus.
|
|
|
B.
|
Inti
|
55’
|
|
|
Eksplorasi
1.
Secara berkelompok, siswa mencermati contoh buku
berindeks.
2.
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang buku berindeks Masih dalam kelompok masing-masing setiap siswa membaca indeks buku.
Elaborasi
3.
Siswa menemukan kata sulit dalam buku
yang dirujuk dalam indeks secara cepat dan tepat. (keingintahuan)
4. Siswa menemukan informasi secara cepat dan tepat dari kata yang dirujuk
dalam indeks. (cinta ilmu)
5. Siswa menuliskan informasi pada lembar kerja
6.
Siswa menyampaikan hasil kerjanya ke depan kelas dan
kelompok lain memberikan penilaian.
Konfirmasi
# Selanjutnya siswa mengikuti penilaian untuk
mengukur pencapaian kompetensi
|
|
|
C.
|
Penutup
|
5’
|
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang strategi
efektif membaca indeks
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimana
perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Apa
manfaat yang dapat Kalian petik dari kompetensi yang dicapai pada
pembelajaran hari ini?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4. Siswa
mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Keingintahuan
dan Cinta Ilmu
5.
Siswa menerima
keputusan tindak lanjut penilaian (remidi atau pengayaan) dari guru.
6.
Siswa menerima tugas terstruktur (menemukan informasi beberapa kata
yang dirujuk dari sebuah indeks buku yang ditentukan guru dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (membiasakan
diri untuk menemukan informasi kata-kata
tertentu dari indeks buku.
7.
Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran
berikutnya.
|
|
J.
Sumber
Pembelajaran
1.
Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa
Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat
Perbukuan. ( halaman 25 – 26)
2.
Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3.
Ensiklopedia
Anak Nasional
4.
Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian
Pencapaian KD
a. Teknik : Tes
Tulis
b. Bentuk Instrumen : jawab
singkat
c. Soal Instrumen :
Cermati indeks buku kemudian kerjakan hal-hal berikut
ini!
1)
Temukan secara cepat dan tepat kata ... dalam buku ...!
2)
Tulislah informasi penting mengenai kata tersebut!
Pedoman
penskoran
Soal nomor 1
Kegiatan
|
Skor
|
siswa
menemukan lebih dari 5 kata
siswa
menemukan 4 kata
siswa
menemukan 3 kata
siswa
menemukan 2 kata
siswa
menemukan 1 kata
siswa
tidak menemukan apa-apa
|
5
4
3
2
1
0
|
Soal nomor 2
Kegiatan
|
Skor
|
siswa
yang menuliskan lima informasi
siswa
dapat mrnemukan empat informasi
siswa
dapat menemukan tiga informasi
siswa
dapat menemukan dua informasi
siswa
dapat menemukan satu informasi
siswa tidak dapat menuliskan apa-apa
|
5
4
3
2
1
0
|
|
Perolehan
Skor
|
|
|
|
Nilai Akhir
|
------------------------
|
X
|
100
|
|
|
10
|
|
|
|
2. Penilaian
PBKB
No.
|
Pencapaian Penilaian PBKB
|
Nilai
PBKB
|
Skor
|
|
Keingintahuan
|
Cinta
Ilmu
|
|||
1
|
MK
(membudaya)
|
4
|
4
|
8
|
2
|
MB
(mulai berkembang)
|
3
|
3
|
6
|
3
|
MT
(mulai terlihat
|
2
|
2
|
4
|
4
|
BT
(belum terlihat)
|
1
|
1
|
2
|
|
Skor Maksimal
|
4
|
4
|
8
|
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 komentar:
Post a Comment