RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 8
Nama Sekolah
|
:
|
SMP ----------------------------
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4
X 40 Menit (2 Pertemuan)
|
A. Standar Kompetensi
4. Mengungkapkan
informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan.
B. Kompetensi Dasar
4.2 Meresensi buku ilmu pengetahuan
C. Indikator
Pencapaian KD
1.
Mampu menulis data buku yang dibaca
2.
Mampu menulis ikhtisar isi buku
3.
Mampu
mendaftar butir-butir yang merupakan kelebihan dan kekurangan buku
4.
Mampu menuliskan nilai buku
5.
Mampu menulis resensi buku
D. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat meresensi
buku ilmu pengetahuan dengan rasa ingin tahu dan cinta ilmu.
E. Nilai PBKB
1.
Keingintahuan
2.
Cinta Ilmu
F. Indikator
Pencapaian PBKB
1.
Keingintahuan
a.
mencermati contoh-contoh resensi buku
b.
membaca buku ilmu pengetahuan
2.
Cinta Ilmu
a.
menuliskan pokok-pokok resensi dari buku ilmu pengetahuan
b.
mampu mengembangkan pokok-pokok resensi menjadi resensi
utuh
G. Materi
Pembelajaran
- Data buku
- Ikhtisar isi buku
- Kelebihan dan kekurangan buku
- Nilai buku
- Penulisan resensi
H. Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang resensi buku.
3.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus.
|
|
|
B.
|
Inti
|
55’
|
|
|
Eksplorasi
1. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan resensi buku
2.
Siswa mencermati contoh sebuah resensi buku dan buku
yang diresensi. (cinta ilmu)
Elaborasi
3.
Secara berkelompok (4 – 5 orang ) siswa
mengidentifikasi pokok-pokok resensi
buku (identitas buku, ikhtisar isi buku,kelebihan dan kekurangan ,nilai buku) (keingintahuan)
4.
Wakil setiap kelompok menempelkan
hasil kerja kelompok di dinding-dinding kelas
5.
Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok
6.
Siswa memberikan
penilaian dengan format penilaian yang telah disepakati bersama dan memberi
tanda bintang
Konfirmasi
7.
Guru memberikan konfirmasi pada semua karya
siswa dan penghargaan pada kelompok yang terbaik.
|
|
|
C.
|
Penutup
|
15’
|
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang penulisan resensi
buku (fokus pada butir- butir dalam resensi buku)
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimama
perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Apa
manfaat yang dapat Kalian petik dari menganalisis resensi buku?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Keingintahuan
dan Cinta Ilmu
5.
Siswa menerima
informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya.
|
|
Pertemuan Kedua
No.
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
Waktu
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian kompetensi pada pertemuan
pertama.
3.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
|
|
B.
|
Inti
|
55’
|
|
|
Eksplorasi
1. Guru menanyakan kembali kepada siswa
tentang pokok-pokok resensi buku (identitas buku, ikhtisar isi
buku,kelebihan dan kekurangan ,nilai buku) seperti yang
sudah diidentifikasi pada pertemuan pertama
2. Guru memberikan penjelasan lagi secara singkat
tentang resensi buku (Guru menunjukkan kembali contoh resensi dan buku yang
diresensi)
Elaborasi
3.
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok yang terditi atas
empat sampai dengan lima orang seperti kelompok pertemuan lalu.
4.
Tiap siswa dalam satu kelompok mendapat tugas untuk
menuliskan pokok-pokok resensi
5.
Secara roll table
, hasil kerja siswa dibaca teman untuk didiskusikan
6.
Siswa menyusun resensi buku pengetahuan
7.
Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok
8.
Siswa menempelkan hasil kerja kelompok di
dinding-dinding kelas
9.
Siswa memberikan
penilaian dengan format penilaian yang telah disepakati bersama dan memberi
tanda bintang
Konfirmasi
10. Guru
memberikan penghargaan pada kelompok yang terbaik.
11. Dengan
arahan dan bimbingan guru, siswa membuat catatan atau simpulan mengenai
penulisan resensi buku ilmu
pengetahuan
|
|
|
C.
|
Penutup
|
15’
|
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang penulisan resensi
buku.
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
a.
Apa perasaan kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
b.
Apa manfaat yang dapat kalian petik dari menulis
resensi buku?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Keingintahuan
dan Cinta Ilmu;
5.
Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian
(remidi atau pengayaan) dari guru.
6.
Siswa menerima tugas terstruktur (membaca buku
pengetahuan dan menulis resensi buku tersebut) dan kegiatan mandiri tidak
terstruktur (membuat kliping
resensi buku ilmu pengetahuan).
7.
Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran
berikutnya.
|
|
J.
Sumber
Pembelajaran
1.
Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa
Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat
Perbukuan. ( halaman 48 – 50)
2.
Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3.
Contoh-contoh resensi buku ilmu pengetahuan dari surat
kabar/majalah
4.
E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk
SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 26-30
5.
Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian
Pencapaian KD
a. Teknik : Produk
b. Bentuk Instrumen : -----
c. Soal/Instrumen :
Berdasarkan buku yang kamu pilih,
kerjakan tugas berikut.
1)
Tulislah data buku yang kamu pilih!
2)
Tulislah ikhtisar isi buku!
3)
Daftarlah butir-butir yang merupakan kelebihan dan kekurangan
buku
4)
Tulislah pendapat pribadi sebagai
tanggapan atas isi buku
5)
Padukan ikhtisar dan tanggapan pribadi ke dalam tulisan yang
utuh
d.
Pedoman Penskoran dan Rubrik
Pedoman Penskoran Soal Nomor 1)
Pedoman Penskoran Soal Nomor 2)
Pedoman Penskoran Soal Nomor 3)
Pedoman Penskoran Soal Nomor 4)
|
Rubrik Menulis
Surat Dinas
No.
|
Aspek
|
Deskriptor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Kesesuaian isi
|
Isi resensi
sesuai dengan ikhtisar, kelebihan dan kekurangan buku, serta tanggapan
pribadi yang telah disusun
|
|
|
|
|
2
|
Penggunaan
bahasa
|
Bahasa yang
digunakan jelas dan komunikatif
|
|
|
|
|
3
|
Kerapian
tulisan
|
Ditulis dengan
tulisan yang rapi
|
|
|
|
|
Skor
maksimal:
No
1) = 5
No
2) = 30
No
3) = 20
N0
4) = 10
No
5) = 12
Jumlah
= 77
|
Perolehan
Skor
|
|
|
|
Nilai Akhir
|
------------------------
|
X
|
100
|
|
|
77
|
|
|
|
2. Penilaian
PBKB
No.
|
Pencapaian Penilaian PBKB
|
Nilai
PBKB
|
Skor
|
|
Keingintahuan
|
Cinta
Ilmu
|
|||
1
|
MK
(membudaya)
|
4
|
4
|
8
|
2
|
MB
(mulai berkembang)
|
3
|
3
|
6
|
3
|
MT
(mulai terlihat
|
2
|
2
|
4
|
4
|
BT
(belum terlihat)
|
1
|
1
|
2
|
|
Skor Maksimal
|
4
|
4
|
8
|
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 komentar:
Post a Comment