RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 9
Nama Sekolah
|
:
|
SMP ----------------------------
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4
X 40 Menit (2 Pertemuan)
|
A. Standar Kompetensi
4. Mengungkapkan
informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan.
B. Kompetensi Dasar
4.3 Menyunting
karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan
paragraf, dan kebulatan wacana
C. Indikator
Pencapaian KD
1.
Mampu mengidentifikasi kesalahan berbahasa
yang terdapat dalam karangan
2.
Mampu memperbaiki kesalahan berbahasa dalam
karangan
3.
Mampu menyusun kembali karangan satu paragraf dengan
berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat,
keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana.
D. Tujuan
Pembelajaran
Siswa
dapat menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan
ejaan, tanda baca, pilihan kata,
keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana dengan
cermat.
E. Nilai PBKB
- Kecermatan
- Tanggung Jawab
F. Indikator
Pencapaian PBKB
- Kecermatan
mencermati
contoh karya orang lain dan hasil suntingannya
menemukan
kesalahan berbahasa dengan cermat
- Tanggung Jawab
memperbaiki kesalahan
berbahasa dengan penuh tanggung jawab
G. Materi
Pembelajaran
1.
Kesalahan berbahasa
2.
Perbaikan kesalahan berbahasa
3.
Penyuntingan karangan
H. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang menyunting tulisan/karangan
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
|||
B.
|
1.
Inti
|
55’
|
|
Eksplorasi
1. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang
hal-hal yang berkaitan dengan menyunting.
2. Secara berkelompok (4-5 orang) siswa
mencermati sebuah tulisan yang akan disunting, cara menyunting, dan hasil
suntingannya. (kecermatan)
.
Elaborasi
3. Masih
dalam kelompok yang sama siswa mencermati
sebuah karangan/tulisan yang sudah
disediakan guru.
4.
Siswa menemukan kesalahan berbahasa (ejaan, tanda baca,
diksi, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf)
5.
Siswa menyunting kesalahan berbahasa yang
ditemukan.
6.
Wakil setiap kelompok menempel hasil kerja di papan-papan
tempelyang sudah disediakan guru. (tanggung jawab)
7.
Siswa shopping product sambil memberikan
penilaian berdasarkan kunci jawaban yang sudah disiapkan guru.
Konfirmasi
8.
Guru memberikan konfirmasi pada semua karya
siswa dan penghargaan pada kelompok yang terbaik.
|
|||
C.
|
Penutup
|
5’
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang menyunting
karangan
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimama
perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Apa
manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran menyunting karangan?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Kecermatan
dan Tanggung Jawab
5.
Siswa menerima
informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya.
|
Pertemuan Kedua
No.
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian kompetensi pada pertemuan
pertama.
3.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus.
|
||
B.
|
Inti
|
|
Eksplorasi
1. Secara perseorangan siswa mencermati
sebuah paragraf yang sudah disediakan guru.
2.
Siswa menemukan kesalahan-kesalahan berbahasa (ejaan, tanda
baca, diksi, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf ) dari
paragraf tersebut.
Elaborasi
1.
Siswa menyunting paragraf berdasarkan
kesalahan-kesalahan berbahasa (ejaan,
tanda baca, diksi, keefektifan kalimat, dan keterpaduan paragraf ) yang
ditemukan. (kecermatan)
2.
Secara berpasangan (dengan teman sebangku) siswa saling
menukar hasil suntingan
3.
Siswa saling mengoreksi hasil suntingan teman sebangku.
4.
Beberapa siswa yang ditunjuk guru mempresentasikan
hasil suntingan di depan kelas. (tanggung jawab)
Konfirmasi
5.
Guru memberikan konfirmasi dan penghargaan pada
beberapa contoh hasil karya siswa yang melakukan presentasi..
# Selanjutnya siswa mengikuti kegiatan
penilaian untuk mengukur pencapaian kompetensi.
|
||
C.
|
Penutup
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang penyuntingan
karangan.
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
a.
Bagaimana perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
b.
Apa manfaat yang dapat Kalian
petik dari kegiatan menyunting karangan? dll.
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Kecermatan
dan Tanggung Jawab
5.
Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian
(remidi atau pengayaan) dari guru.
6.
Siswa menerima tugas terstruktur (menyunting
karangan yang ditentukan guru dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda
baca, pilihan kata, keefektifan
kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur ( menyunting karangan sendiri/karangan
orang lain dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca,
pilihan kata, keefektifan kalimat,
keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana).
7.
Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran
berikutnya.
|
J.
Sumber
Pembelajaran
1.
Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa
Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat
Perbukuan. ( halaman 27 – 31)
2.
Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3.
Beberapa contoh karangan/paragraf sebagai bahan
penyuntingan.
4.
E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk
SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 27-30
5.
Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian
Pencapaian KD
a. Teknik : Tes
Tulis
b. Bentuk Instrumen : Tes
Uraian
c. Soal Instrumen :
Cermati
paragraf berikut!
1) Identifikasikan
kesalahan berbahasa yang terdapat pada paragraf tersebut!
2)
Perbaiki kesalahan berbahasa dalam paragraf tersebut!
3)
Tulislah hasil suntingan kalian!
Pedoman Penskoran
No.
|
Aspek yang
dinilai
|
||
Ketidaktepatan
|
Perbaikan
|
||
1
|
Ejaan
|
||
2
|
Tanda baca
|
||
3
|
Pilihan kata
|
||
4
|
Keefektifan kalimat
|
||
5
|
Keterpaduan paragraf
|
Setiap jawaban
betul mendapatkan skor 1
2. Penilaian
PBKB
No.
|
Pencapaian Penilaian PBKB
|
Nilai
PBKB
|
Skor
|
|
Kecermatan
|
Tanggung
Jawab
|
|||
1
|
MK
(membudaya)
|
4
|
4
|
8
|
2
|
MB
(mulai berkembang)
|
3
|
3
|
6
|
3
|
MT
(mulai terlihat
|
2
|
2
|
4
|
4
|
BT
(belum terlihat)
|
1
|
1
|
2
|
Skor Maksimal
|
4
|
4
|
8
|
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 komentar:
Post a Comment