RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 14
Nama Sekolah
|
:
|
SMP ----------------------------
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4
X 40 Menit (2 Pertemuan)
|
A. Standar Kompetensi
7. Membaca wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita
pendek (cerpen)
B. Kompetensi
Dasar
7.1 Menemukan
tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
C. Indikator Pencapaian KD
1.
Mampu
mengidentifikasi tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku
kumpulan cerpen.
2.
Mampu
membandingkan tema, latar, dan penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku
kumpulan cerpen.
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menemukan
tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen dengan
logis.
E. Nilai PBKB
- Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
- Percaya Diri
- Kedemokratisan
F. Indikator
Pencapaian PBKB
- Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
mampu menemukan
tema, alur, dan penokohan pada cerpen
mampu
membandingkan tema, alur, dan penokohan pada kedua cerpen
- Percaya Diri
mampu
mempresentasikan hasil di depan kelas
- Kedemokratisan
berdiskusi
secara kelompok
memberikan
penilaian kepada kelompok lain
G. Materi
Pembelajaran
- Tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen.
- Membandingkan tema, alur, penokohan dalam satu buku kumpulan cerpen
H. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Penugasan
4.
Tanya jawab
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti
proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang cerpen (fokus pada unsur-unsur intrinsik)
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus.
|
|
|
B.
|
Inti
|
55’
|
|
|
Eksplorasi
1. Siswa bertanya jawab dengan siswa tentang hal-hal yang berkaitan dengan tema, latar, dan penokohan cerpen .
Elaborasi
2.
Siswa dibagi dalam
tiga kelompok besar yang
terdiri atas 10 s.d. 12 anggota dan memberi nama kelompok dengan kesepakatan siswa
( kelompok besar dibagi menjadi
kelompok kecil dengan menghitung 1-4, sehingga ada 3 kelompok kecil)
3.
Siswa membaca cerpen” Bingkisan Lebaran” karya Sapardi
Djoko Damono ( ada tiga warna kertas cerpen yang berbeda)
4.
Tiap kelompok yang telah dibagi menjadi kelompok kecil yang terdiri
atas 3 s.d. 4 orang untuk mendiskusikan tugas yang berbeda: kelompok 1
menentukan tema, kelompok 2 menemukan latar, dan kelompok 3 menemukan tokoh
dan karakternya. (berpikir logis,
kritis, kreatif, inovatif)
5.
Setiap siswa mencatat hasil kerja kelompok
6.
Sekretaris kelompok kecil mencatat hasil kerja kelompok
pada lembar kerja siswa
7.
Hasil kerja setiap kelompok kecil secara roll table didiskusikan dalam
kelompok besar
8.
Kelompok besar menyusun laporan hasil kerja kelompok
untuk dipresentasikan
9.
Setiap kelompok besar mempresentasikan hasil diskusi
(percaya diri)
10. Kelompok
lain memberikan penilaian sesuai dengan pedoman penskoran yang telah disediakan dan menyertakan
alasan ( setiap kelompok dinilai oleh
dua kelompok lain, nilai akhir diperoleh dari jumlah nilai dibagi 2)
(kedemokratisan)
11. Siswa
menempelkan hasil kerja kelompok pada papan pajangan
Konfirmasi
12. Siswa
mendapatkan konfirmasi dari guru dan mendapatkan penghargaan pada kelompok yang terbaik.
|
|
|
C.
|
Penutup
|
15’
|
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang cara/ teknik
menceritakan kembali isi cerpen secara lisan
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimama
perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Apa
manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran hari ini?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif; percaya
diri dan kedemokratisan.
5.
Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran
berikutnya.
|
|
Pertemuan
Kedua
No.
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
Waktu
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti
proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian kompetensi pada pertemuan
pertama.
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus.
|
|
|
B.
|
Inti
|
55’
|
|
|
Eksplorasi
1.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang cerpen lain dalam
satu buku kumpulan cerpen.
2.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang tema, alur, dan
penokohan cerpen
Elaborasi
1.
Siswa berdiskusi menemukan tema, alur, penokohan pada
cerpen yang sudah dipilih.
2.
Siswa secara berkelompok membandingkan tema, alur, dan
penokohan cerpen yang dipilih dengan cerpen pada pertemuan sebelumnya.
3.
Siswa mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
4.
Kelompok lain memberikan penilaian
5.
Siswa memajang hasil kerjanya di papan pajanan.
Konfirmasi
1.
Siswa mendapatkan konfirmasi dari guru.
2.
Kelompok terbaik mendapatkan penghargaan dari guru.Dengan arahan
dan bimbingan guru, siswa membuat catatan atau simpulan mengenai
|
|
|
C.
|
Penutup
|
15’
|
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang perbandingan tema, latar dan penokohan cerpen.
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimama
perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Apa
manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran hari ini?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif; percaya diri dan kedemokratisan.
5.
Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian
(remidi atau pengayaan) dari guru.
6.
Siswa menerima tugas terstruktur (membaca sebuah kumpulan cerpen (I)
kemudian menemukan dan membandingkan tema, latar, dan penokohan pada
cerpen-cerpen dalam buku kumpulan cerpen tersebut untuk ditententukan cerpen
paling menarik dengan alasan logisnya dan kegiatan
mandiri tidak terstruktur ( membaca sebuah kumpulan cerpen (II)
kemudian menemukan dan membandingkan tema, latar, dan penokohan pada
cerpen-cerpen dalam buku kumpulan cerpen tersebut untuk ditententukan cerpen
paling menarik dengan alasan logisnya
7.
Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran
berikutnya.
|
|
J.
Sumber
Pembelajaran
1.
Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa
Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat
Perbukuan. ( halaman 44 – 48)
2.
Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa
Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3.
Kutipan cerpen berjudul “Bingkisan Lebaran” karya Sapardi
Djoko Damono
4.
Kumpulan
cerpen
5.
E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk
SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 45-52
6.
Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian
Pencapaian KD
a. Teknik : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Uraian
c. Soal/Instrumen :
1)
Tentukan tema, latar, tokoh dan karakter tokoh pada cerpen “Bingkisan Lebaran” karya Sapardi
Djoko Damono !
2) Bacalah cerpen lain dan bandingkan tema, latar , dan penokohannya
Pedoman
Penskoran
Soal Nomor 1)
No.
|
Aspek yang
dinilai
|
Deskriptor
|
Skor
|
Skor perolehan
|
a
|
Ketepatan/
kesesuaian tema
|
1. Tema
Tema tepat/sesuai
Tema kurang tepat/kurang sesuai
Tema tidak tepat/tidak sesuai
Tidak menuliskan tema
|
5
3
2
0
|
..................
|
b
|
Ketepatan /kesesuaian latar
|
1. Latar tempat
Menulis 3 latar tempat dengan tepat
Menulis 2 latar tempat dengan tepat
Menulis 1 latar tempat dengan tepat
Tidak menulis latar tempat
2. Latar waktu
Menulis 2 latar
waktu dengan tepat
Menulis 1 latar waktu dengan tepat
Tidak menulis latar waktu
3.Latar suasana
Menulis 3 atau lebih
latar suasana dengan tepat
Menulis 2 latar suasana
dengan tepat
Menulis 1 latar suasana
dengan tepat
Tidak menulis latar suasana
|
5
3
2
0
5
3
0
5
3
2
0
|
..................
..................
..................
|
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Deskriptor
|
Skor
|
Skor perolehan
|
c
|
Ketepatan /kesesuaian penokohan
|
1. Tokoh dan karakter
Menulis 5 tokoh dengan karakter yang tepat/sesuai
Menulis 5 tokoh dengan karakter kurang tepat/sesuai
Menulis 4 tokoh dengan karakter yang tepat/sesuai
Menulis 4 tokoh dengan karakter kurang tepat/sesuai
Menulis 3 tokoh dengan karakter tepat/sesuai
Menulis 3 tokoh dengan karakter kurang tepat/sesuai
Menulis kurang dari 3 tokoh dengan karakter
tepat/sesuai
Menulis kurang dari 3 tokoh dengan karakter kurang
tepat/sesuai
|
5
4
4
3
3
2
2
1
|
...................
|
|
|
Jumlah Maksimal
|
25
|
..................
|
Soal Nomor 2)
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Deskriptor
|
Skor
|
Skor perolehan
|
a
b.
c.
|
Tema
Latar
Karakter
|
Penentuan tema tepat
Penentuan tema kurang tepat
Penentuan tema tidak tepat
Tidak menentukan tema
Penentuan latar tepat
Penentuan latar kurang tepat
Penentuan latar tidak tepat
Tidak menentukan latar
Penentuan karakter tokoh
tepat
Penentuan karakter tokoh
kurang tepat
Penentuan karakter tokoh
tidak tepat
Tidak menentukan karakter
tokoh
|
5
3
2
0
5
3
2
0
5
3
2
0
|
..................
...................
.................
|
|
|
Jumlah Maksimal
|
15
|
..................
|
|
Perolehan
Skor
|
|
|
|
Nilai Akhir
|
------------------------
|
X
|
100
|
|
|
40
|
|
|
|
2. Penilaian
PBKB
No.
|
Pencapaian
Penilaian PBKB
|
PBKB
|
Skor
|
||
Berpikir Logis, Kritis, Kreatif, Inovatif
|
Percaya Diri
|
Kedemokratisan
|
|||
1
|
MK (membudaya)
|
4
|
4
|
4
|
12
|
2
|
MB (mulai berkembang)
|
3
|
3
|
3
|
9
|
3
|
MT (mulai terlihat
|
2
|
2
|
2
|
6
|
4
|
BT (belum terlihat)
|
1
|
1
|
1
|
3
|
|
Skor
Maksimal
|
4
|
4
|
4
|
12
|
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 komentar:
Post a Comment