RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 12
Nama Sekolah
|
:
|
SMP ----------------------------
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4
X 40 Menit (2 Pertemuan)
|
A. Standar Kompetensi
6. Mengungkapkan kembali cerpen dan puisi dalam bentuk lain.
B. Kompetensi Dasar
6.2 Menyanyikan puisi yang sudah
dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama
yang dibangun.
C. Indikator Pencapaian KD
1. Mampu menentukan suasana puisi
2. Mampu menghubungkan suasana puisi dengan irama musikalisasi puisi.
3. Mampu
menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian
isi puisi dan suasana/irama yang
dibangun.
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyanyikan puisi yang sudah
dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama
yang dibangun dengan rasa tanggung jawab.
E. Nilai PBKB
1.
Tanggung Jawab
2.
Berorientasi Pada Tindakan
F. Indikator
Pencapaian PBKB
- Tanggung Jawab
menulis sebuah puisi sesuai dengan ilustrasi
berdiskusi memperbaiki puisi
- Berorientasi Pada Tindakan
membacakan puisi di depan kelas
menyanyikan
puisi yang sudah dimusikalisasi
G. Materi
Pembelajaran
1.
Suasana puisi
2.
Irama musikalisasi puisi
3.
Penampilan musikalisasi puisi
H. Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Penugasan
4.
Tanya jawab
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti
proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang syair
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus.
|
|
|
B.
|
Inti
|
55’
|
|
|
Eksplorasi
1.
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang
berkaitan dengan puisi, musikalisasi
puisi
2.
Secara berkelompok (4 – 5 orang) siswa mencermati puisi “Karangan Bunga” dan
mendengarkan rekaman musikalisasi puisi tersebut. (tanggung jawab)
Elaborasi
3.
Masih dalam kelompok yang sama siswa menentukan isi puisi dan suasana/irama yang
dibangun.
4.
Wakil setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi
mereka dan kelompok lain menanggapinya. (beroritentasi pada tindakan)
Konfirmasi
5.
Guru memberikan konfirmasi pada semua hasil
diskusi kelompok dan penghargaan
pada kelompok yang terbaik.
|
|
|
C.
|
Penutup
|
15’
|
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang isi puisi dan
suasana/irama yang dibangun pada musikalisasi puisi.
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimama
perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Apa
manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran hari ini?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai kecakapan
hidup: tanggung jawab dan berorientasi pada tindakan
5.
Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran
berikutnya.
|
|
Pertemuan Kedua
No.
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian kompetensi pada pertemuan
pertama.
3.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
|
B.
|
Inti
|
|
|
Eksplorasi
1. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang
capaian kompetensi pada pertemuan sebelumnya ( keterkaitan/kesesuaian antara
isi puisi dengan suasana/irama yang dibangun pada musikalisasi puisi).
2.
Siswa mengamati contoh
musikalisasi puisi “Karangan Bunga” (tanggung jawab) yang disampaikan beberapa siswa
yang sudah disiapkan guru.
Elaborasi
3.
Secara berkelompok (4 –5 orang) siswa menyanyikan
puisi yag sudah dimusikalisasi sesuai
pilihan kelompok mereka.
4.
Kelompok lain menilai dengan rubrik penilaian yang
telah disepakati bersama.
5.
Siswa
menyampaikan hasil penilaian di forum kelas (berorientasi
pada tindakan)
Konfirmasi
6.
Guru memberikan konfirmasi pada semua tampilan
dan penghargaan pada kelompok yang terbaik.
# Selanjutnya siswa mengikuti penilaian
untuk mengukur pencapaian kompetensi.
|
|
C.
|
Penutup
|
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang cara
memusikalisasi puisi.
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimana
perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Apa
manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran hari ini?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: tanggung
jawab dan berorientasi pada tindakan
5.
Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian
(remidi atau pengayaan) dari guru.
6.
Siswa menerima tugas terstruktur (membacakan puisi yang sudah
dimusikalisasi. menentukan irama musikalisasi puisi, dan menyanyikan
puisi sesuai
dengan isi dan suasana)
dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (
mendengarkan dengan seksama contoh pembacaan puisi yang sudah dimusikalisai
dari narasumber)
7.
Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran
berikutnya.
|
J.
Sumber
Pembelajaran
1.
Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa
Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat
Perbukuan. ( halaman 22 – 25)
2.
Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3.
E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk
SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 38-44
4.
Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian
Pencapaian KD
a. Teknik : Unjuk Kerja
b. Bentuk Instrumen : -------
c. Soal/ Instrumen :
Carilah sebuah
puisi bertema keindahan alam!
Tentukan suasana puisi tersebu!
Tampilkan
musikalisasi puisi di depan kelas!
Rubrik
Musikalisasi Puisi
No.
|
Aspek yang
Dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
Kesesuaian antara isi puisi dengan irama/ suasana yang
dibangun pada musikalisasi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
Kekompakan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
3
|
Kreativitas
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Total Skor
Maksimal
|
12
|
|
Perolehan
Skor
|
|
|
|
Nilai Akhir
|
------------------------
|
X
|
100
|
|
|
12
|
|
|
|
2. Penilaian PBKB
No
|
Pencapaian Penilaian PBKB
|
PBKB
|
Skor
|
|
Tanggung
Jawab
|
Berorientasi
Pada Tindakan
|
|||
1
|
MK
(membudaya)
|
4
|
4
|
8
|
2
|
MB
(mulai berkembang)
|
3
|
3
|
6
|
3
|
MT
(mulai terlihat
|
2
|
2
|
4
|
4
|
BT
(belum terlihat)
|
1
|
1
|
2
|
|
Skor Maksimal
|
4
|
4
|
8
|
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 komentar:
Post a Comment