15 October 2017

RPP KD MUSIKALISASI PUISI KELAS IX/1 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2006 (KTSP)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 12



Nama Sekolah
:
SMP ----------------------------
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
IX/1
Alokasi Waktu           
:
4 X 40 Menit (2 Pertemuan)



A.    Standar Kompetensi

6. Mengungkapkan   kembali cerpen dan puisi dalam bentuk lain.



B.     Kompetensi Dasar

6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama yang dibangun.



C.     Indikator Pencapaian KD

1.      Mampu menentukan suasana puisi

2.      Mampu menghubungkan suasana puisi dengan irama musikalisasi puisi.

3.      Mampu menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama  yang dibangun.



D.    Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama yang dibangun dengan rasa tanggung jawab.



E.     Nilai PBKB

1.      Tanggung Jawab

2.      Berorientasi Pada Tindakan



F.      Indikator Pencapaian PBKB

  1. Tanggung Jawab

Ÿ  menulis sebuah puisi sesuai dengan ilustrasi

Ÿ  berdiskusi memperbaiki puisi

  1. Berorientasi Pada Tindakan

Ÿ  membacakan puisi di depan kelas

Ÿ  menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi

G.    Materi Pembelajaran

1.      Suasana puisi

2.      Irama musikalisasi puisi

3.      Penampilan musikalisasi puisi



H.    Metode Pembelajaran

1.      Ceramah

2.      Diskusi

3.      Penugasan

4.      Tanya jawab







I.        Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama

No.
Kegiatan
Waktu
A.
Pendahuluan
10


1.        Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti
proses   pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.        Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang syair
3.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.        Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai  silabus.



B.
Inti
55















Eksplorasi
1.        Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan  puisi, musikalisasi puisi
2.        Secara berkelompok (4 – 5 orang)  siswa mencermati puisi “Karangan Bunga” dan mendengarkan rekaman musikalisasi puisi tersebut. (tanggung jawab)
Elaborasi
3.        Masih dalam kelompok yang sama siswa menentukan isi puisi dan suasana/irama yang dibangun.
4.        Wakil setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka dan kelompok lain menanggapinya. (beroritentasi pada tindakan)
Konfirmasi
5.        Guru memberikan konfirmasi pada semua hasil diskusi kelompok dan  penghargaan pada kelompok yang terbaik.
















C.
Penutup
15’


1.    Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang isi puisi dan suasana/irama yang dibangun pada musikalisasi puisi.
2.    Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya:
Ÿ   Bagaimama perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Ÿ   Apa manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran hari ini?
3.    Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.    Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai kecakapan hidup: tanggung jawab dan berorientasi pada tindakan
5.    Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya.



















Pertemuan Kedua

No.
Langkah-Langkah Pembelajaran
A.
Pendahuluan


1.         Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses   pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.        Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian kompetensi pada pertemuan pertama.
3.        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.        Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai  silabus.

B.
Inti


Eksplorasi
1.    Siswa bertanya jawab dengan guru tentang capaian kompetensi pada pertemuan sebelumnya ( keterkaitan/kesesuaian antara isi puisi dengan suasana/irama yang dibangun pada musikalisasi puisi).
2.       Siswa mengamati contoh musikalisasi puisi “Karangan Bunga” (tanggung jawab) yang disampaikan beberapa siswa yang sudah disiapkan guru.
Elaborasi
3.      Secara berkelompok (4 –5 orang) siswa menyanyikan puisi yag sudah dimusikalisasi sesuai pilihan kelompok mereka.
4.      Kelompok lain menilai dengan rubrik penilaian yang telah disepakati bersama.
5.       Siswa menyampaikan hasil penilaian  di forum kelas (berorientasi pada tindakan)

Konfirmasi
6.      Guru memberikan konfirmasi pada semua tampilan dan penghargaan pada kelompok yang terbaik.
#   Selanjutnya siswa mengikuti penilaian untuk mengukur pencapaian kompetensi.

C.
Penutup


1.      Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang cara memusikalisasi puisi.
2.    Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya:
Ÿ   Bagaimana perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Ÿ   Apa manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran hari ini?
3.    Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.    Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: tanggung jawab dan berorientasi pada tindakan
5.    Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian (remidi atau pengayaan) dari guru.
6.    Siswa menerima tugas terstruktur (membacakan puisi yang sudah dimusikalisasi.  menentukan irama musikalisasi puisi, dan  menyanyikan puisi sesuai dengan  isi dan suasana)  dan kegiatan mandiri tidak terstruktur ( mendengarkan dengan seksama contoh pembacaan puisi yang sudah dimusikalisai dari narasumber)
7.    Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya.






J.        Sumber Pembelajaran

1.        Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 22 – 25)

2.        Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.

3.        E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 38-44

4.        Hasil karya siswa



K.    Penilaian

1.      Penilaian Pencapaian KD

a.      Teknik                     :  Unjuk Kerja

b.      Bentuk Instrumen :  -------

c.       Soal/ Instrumen    :                     

Carilah sebuah puisi bertema keindahan alam!

Tentukan suasana puisi tersebu!

Tampilkan musikalisasi puisi di depan kelas!



Rubrik Musikalisasi Puisi

No.
Aspek yang Dinilai
Skor
1
Kesesuaian antara isi puisi dengan irama/ suasana yang dibangun pada musikalisasi
1
2
3
4
2
Kekompakan
1
2
3
4
3
Kreativitas
1
2
3
4

Total Skor Maksimal
12




Perolehan Skor



Nilai Akhir
------------------------
X
100


12




2. Penilaian PBKB

No
Pencapaian Penilaian PBKB
PBKB
Skor
Tanggung Jawab
Berorientasi Pada Tindakan
1
MK (membudaya)
4
4
8
2
MB (mulai berkembang)
3
3
6
3
MT (mulai terlihat
2
2
4
4
BT (belum terlihat)
1
1
2

Skor Maksimal
4
4
8

                                                                                                                

                                                                                    ----------------------------

Mengetahui

Kepala Sekolah,                                           Guru Bahasa Indonesia,







----------------------------                         ----------------------------

            ----------------------------                         ----------------------------


0 komentar:

Post a Comment