15 October 2017

RPP KURIKULUM 2006 / KTSP BAHASA INDONESIA KELAS IX/1 KD 2.2 MELAPORKAN BERBAGAI PERISTIWA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4



Nama Sekolah
:
SMP ----------------------------
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
IX/1
Alokasi Waktu           
:
4 X 40 Menit (2 Pertemuan)



A.    Standar Kompetensi

2.  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan



B.     Kompetensi Dasar

      2.2 Melaporkan secara lisan  berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas



C.     Indikator Pencapaian KD

1.      Mampu mengidentifikasi laporan perjalanan

2.      Mampu mendeskripsikan laporan perjalanan dengan menggunakan kalimat yang jelas

3.      Mampu menyampaikan secara lisan laporan perjalanan dengan menggunakan kalimat yang jelas



D.    Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas, logis, dan percaya diri



E.     Nilai PBKB

1.      Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif

2.      Percaya Diri



F.      Indikator Pencapaian PBKB

1.      Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif

Ÿ  mampu mengidentifikasikan laporan perjalanan

Ÿ  mampu mendeskripsikan laporan perjalanan

2.      Percaya Diri

Ÿ  mampu menyampaikan secara lisan laporan perjalanan





G.    Materi Pembelajaran

1.      Identifikasi laporan perjalanan

2.      Pendeskripsian laporan perjalanan

3.      Menyampaikan laporan perjalanan secara lisan



H.    Metode Pembelajaran

1.      Ceramah

2.      Diskusi

3.      Penugasan

4.      Tanya jawab



I.        Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan pertama

No.
Kegiatan
Waktu
A.
Pendahuluan
10


1.        Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses   pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.        Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang laporan.
3.        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.       Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai  silabus.



B.
Inti
55


Eksplorasi
1.      Secara berkelompok  siswa mencermati contoh   laporan perjalanan yang disediakan guru.
2.      Siswa dan guru bertanya jawab tentang   isi laporan perjalanan yang dibaca.
3.      Salah seorang siswa dari kelompok tertentu menyampaikan secara lisan keseluruhan isi laporan perjalanan yang didengar. (percaya diri)

Elaborasi
4.      Masih dalam kelompok yang sama siwa setiap siswa menyusun laporan perjalanan secara perorangan (berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif)
5.      Secara roll table, siswa dalan kelompok membaca laporan teman dan memilih laporan terbaik
6.      Siswa dalam kelompok memilih laporan terbaik
7.      Siswa mewakili kelompok menyampaikan laporan perjalanan di depan kelas
8.      Kelompok lain memberikan penilaian dengan format penilaian yang telah disepakati bersama
9.      Siswa menempelkan hasil kerja kelompok di dinding-dinding kelas

Konfirmasi
10.  Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang terbaik.
11.  Dengan arahan dan bimbingan guru, siswa membuat catatan atau simpulan mengenai laporan perjalanan.


C.
Penutup
15’


1.    Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang laporan perjalanan
2.    Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya:
Ÿ  Bagaimana perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Ÿ  Apa manfaat yang dapat Kalian petik dari menyusun laporan perjalanan?
3.     Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.     Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif dan Percaya Diri
5.     Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya.





Pertemuan kedua

No.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Waktu
A.
Pendahuluan
10


1.        Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses   pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.        Secara sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian materi/kompetensi pada pertemuan pertama.
3.        Guru mengingatkan kembali  tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.        Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pada pertemuan kedua sesuai  silabus.



B.
Inti
55


Eksplorasi
1. Siswa dan guru bertanya jawab tentang   laporan perjalanan yang  sudah disusun siswa pada pertemuan pertama.

Elaborasi
2.Siswa dibagi dalam beberapa kelompok yang sama seperti pertemuan lalu
3.Secara bergantian siswa dalam setiap kelompok memberi komentar/penilaian  terhadap laporan yang telah disampaikan teman berdasarkan format penilaian yang telah disepakati bersama.
4.Setiap kelompok memilih karya terbaik dan menyampaikan laporan secara lisan di didepan kelas. (percaya diri)

Konfirmasi
5.Guru memberikan konfirmasi pada hasil karya siswa dan memberikan  penghargaan pada kelompok yang terbaik.
6.Dengan arahan dan bimbingan guru, siswa membuat catatan atau simpulan mengenai laporan perjalanan.
#  Selanjutnya siswa melaksanakan kegiatan penilaian untuk mengukur pencapaian kompetensi


C.
Penutup
15’


1.    Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang melaporkan secara lisan  berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas.
2.    Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya:
Ÿ  Bagaimana perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Ÿ  Apa manfaat yang dapat Kalian petik dari kompetensi yang dicapai pada pembelajaran hari ini?
3.     Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.     Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif dan Percaya Diri
5.    Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian (remidi atau pengayaan) dari guru.
6.    Siswa menerima tugas terstruktur (melaporkan secara lisan kegiatan sehari-hari dari bangun tidur sampai dengan tidur pada satu hari terakhir dengan kalimat yang jelas dan kegiatan mandiri tidak terstruktur ( melaporkan secara lisan peristiwa tertentu yang dialami/diamati kepada teman sebangkunya dengan kalimat yang jelas).
7.    Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya.








J.        Sumber Pembelajaran

1.        Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 42 – 43)

2.        Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.

3.        E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 10-16

4.         Hasil karya siswa



K.    Penilaian

1.      Penilaian Pencapaian KD

a.      Teknik                     :  Tes Tulis dan lisan

b.      Bentuk Instrumen :  Tes Uraian dan daftar pertanyaan

c.       Soal Instrumen       :                     

1)    Identifikasikanlah laporan perjalanan yang pernah Kalian lakukan

2)   Deskripsikan laporan perjalanan yang pernah Kalian lakukan dengan menggunakan kalimat yang jelas!

3)   Sampaikan secara lisan laporan itu dengan menggunakan kalimat yang jelas!

Pedoman Penskoran

                Soal nomor 1

Kegiatan
Skor
Siswa mengidentifikasi dengan tepat
Siswa mengidentifikasi , tetapi kurang tepat
Siswa mengidentifikasi, tetapi identifikasi salah
3
2
1



                  Soal nomor 2

Kegiatan
Skor
Siswa mendeskripsikan dengan tepat dan menggunakan kalimat yang jelas
Siswa mendeskripsikan dengan tepat, tetapi menggunakan kalimat yang tidak jelas
Siswa mendeskripsikan , tetapi tidak tepat dan menggunakan kalimat yang tidak jelas
3

2

1







Perolehan Skor



Nilai Akhir
------------------------
X
100


6








      Rubrik melaporkan secara lisan  berbagai peristiwa

No
Aspek
Deskriptor
1
2
3
4
1





2



3

Kelengkapan dan urutan isi




Penampilan



Kelancaran
Ø  Apakah isi laporan yang disampaikan utuh dan lengkap (dari awal samapai akhir/tidak meloncat-loncat)

Ø  Apakah penyampaian laporan dilakukan dengan tenang dan penuh percaya diri
Ø  Apakah penyampaian lancar dan tidak banyak kesalahan pelafalan










Perolehan Skor



Nilai Akhir
------------------------
X
100


18






2.      Penilaian PBKB

No.
Pencapaian Penilaian PBKB
Nilai PBKB
Skor
Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
Percaya Diri
1
MK (membudaya)
4
4
8
2
MB (mulai berkembang)
3
3
6
3
MT (mulai terlihat
2
2
4
4
BT (belum terlihat)
1
1
2

Skor Maksimal
4
4
8





                                                                                    ----------------------------

Mengetahui

Kepala Sekolah,                                           Guru Bahasa Indonesia,







----------------------------                         ----------------------------

            ----------------------------                         ----------------------------


0 komentar:

Post a Comment