RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4
Nama Sekolah
|
:
|
SMP ----------------------------
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4
X 40 Menit (2 Pertemuan)
|
A. Standar Kompetensi
2.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam
bentuk komentar dan laporan
B. Kompetensi
Dasar
2.2 Melaporkan
secara lisan berbagai peristiwa dengan
menggunakan kalimat yang jelas
C. Indikator
Pencapaian KD
1.
Mampu mengidentifikasi laporan perjalanan
2.
Mampu mendeskripsikan laporan perjalanan
dengan menggunakan kalimat yang jelas
3.
Mampu menyampaikan secara lisan laporan
perjalanan dengan menggunakan kalimat yang jelas
D. Tujuan
Pembelajaran
Siswa
dapat melaporkan
secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas, logis, dan percaya diri
E. Nilai PBKB
1.
Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
2.
Percaya Diri
F. Indikator
Pencapaian PBKB
1.
Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
mampu
mengidentifikasikan laporan perjalanan
mampu
mendeskripsikan laporan perjalanan
2.
Percaya Diri
mampu
menyampaikan secara lisan laporan perjalanan
G. Materi
Pembelajaran
1.
Identifikasi laporan perjalanan
2.
Pendeskripsian laporan perjalanan
3.
Menyampaikan laporan perjalanan secara lisan
H. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang laporan.
3.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus.
|
|
|
B.
|
Inti
|
55’
|
|
|
Eksplorasi
1.
Secara berkelompok
siswa mencermati contoh laporan perjalanan yang disediakan guru.
2.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang isi laporan perjalanan yang dibaca.
3.
Salah seorang siswa dari kelompok tertentu menyampaikan
secara lisan keseluruhan isi laporan perjalanan yang didengar. (percaya diri)
Elaborasi
4.
Masih dalam kelompok yang sama siwa setiap siswa menyusun
laporan perjalanan secara perorangan (berpikir logis, kritis,
kreatif, inovatif)
5.
Secara roll table,
siswa dalan kelompok membaca laporan teman dan memilih laporan terbaik
6.
Siswa dalam kelompok memilih laporan terbaik
7.
Siswa mewakili kelompok menyampaikan laporan perjalanan
di depan kelas
8.
Kelompok lain memberikan penilaian dengan format
penilaian yang telah disepakati bersama
9.
Siswa menempelkan hasil kerja kelompok di
dinding-dinding kelas
Konfirmasi
10. Guru
memberikan penghargaan pada kelompok yang terbaik.
11. Dengan
arahan dan bimbingan guru, siswa membuat catatan atau simpulan mengenai laporan
perjalanan.
|
|
|
C.
|
Penutup
|
15’
|
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang laporan perjalanan
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimana
perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Apa
manfaat yang dapat Kalian petik dari menyusun laporan perjalanan?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif dan Percaya Diri
5.
Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran
berikutnya.
|
|
Pertemuan kedua
No.
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
Waktu
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Secara sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian
materi/kompetensi pada pertemuan pertama.
3.
Guru mengingatkan kembali tujuan
pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan pada pertemuan kedua sesuai silabus.
|
|
|
B.
|
Inti
|
55’
|
|
|
Eksplorasi
1. Siswa
dan guru bertanya jawab tentang laporan
perjalanan yang sudah disusun siswa
pada pertemuan pertama.
Elaborasi
2.Siswa
dibagi dalam beberapa kelompok yang sama seperti pertemuan lalu
3.Secara
bergantian siswa dalam setiap kelompok memberi komentar/penilaian terhadap laporan yang telah disampaikan teman
berdasarkan format penilaian yang telah disepakati bersama.
4.Setiap
kelompok memilih karya terbaik dan menyampaikan laporan secara lisan di
didepan kelas. (percaya diri)
Konfirmasi
5.Guru
memberikan konfirmasi pada hasil karya siswa dan memberikan penghargaan pada kelompok yang
terbaik.
6.Dengan arahan
dan bimbingan guru, siswa membuat catatan atau simpulan mengenai laporan
perjalanan.
# Selanjutnya siswa melaksanakan kegiatan
penilaian untuk mengukur pencapaian kompetensi
|
|
|
C.
|
Penutup
|
15’
|
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan
kalimat yang jelas.
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimana
perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Apa
manfaat yang dapat Kalian petik dari kompetensi yang dicapai pada
pembelajaran hari ini?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif dan Percaya Diri
5.
Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian
(remidi atau pengayaan) dari guru.
6.
Siswa menerima tugas terstruktur (melaporkan
secara lisan kegiatan sehari-hari dari bangun tidur sampai dengan tidur pada
satu hari terakhir dengan kalimat yang jelas dan kegiatan
mandiri tidak
terstruktur ( melaporkan secara lisan peristiwa
tertentu yang dialami/diamati kepada teman sebangkunya dengan kalimat yang
jelas).
7.
Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran
berikutnya.
|
|
J.
Sumber
Pembelajaran
1.
Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa
Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat
Perbukuan. ( halaman 42 – 43)
2.
Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3.
E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk
SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 10-16
4.
Hasil karya siswa
K. Penilaian
1.
Penilaian Pencapaian KD
a.
Teknik : Tes Tulis dan lisan
b.
Bentuk Instrumen : Tes Uraian dan daftar pertanyaan
c. Soal Instrumen :
1) Identifikasikanlah laporan
perjalanan yang pernah Kalian lakukan
2) Deskripsikan laporan perjalanan yang
pernah Kalian
lakukan dengan menggunakan kalimat yang jelas!
3) Sampaikan secara lisan laporan itu
dengan menggunakan kalimat yang jelas!
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1
Kegiatan
|
Skor
|
Siswa
mengidentifikasi dengan tepat
Siswa
mengidentifikasi , tetapi kurang tepat
Siswa mengidentifikasi, tetapi
identifikasi salah
|
3
2
1
|
Soal nomor
2
Kegiatan
|
Skor
|
Siswa mendeskripsikan dengan tepat dan menggunakan
kalimat yang jelas
Siswa mendeskripsikan dengan tepat, tetapi menggunakan
kalimat yang tidak jelas
Siswa mendeskripsikan , tetapi tidak tepat dan
menggunakan kalimat yang tidak jelas
|
3
2
1
|
|
Perolehan
Skor
|
|
|
|
Nilai Akhir
|
------------------------
|
X
|
100
|
|
|
6
|
|
|
|
Rubrik melaporkan secara lisan
berbagai peristiwa
No
|
Aspek
|
Deskriptor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
2
3
|
Kelengkapan dan urutan isi
Penampilan
Kelancaran
|
Ø Apakah
isi laporan yang disampaikan utuh dan lengkap (dari awal samapai akhir/tidak
meloncat-loncat)
Ø Apakah
penyampaian laporan dilakukan dengan tenang dan penuh percaya diri
Ø Apakah
penyampaian lancar dan tidak banyak kesalahan pelafalan
|
|
|
|
|
|
Perolehan
Skor
|
|
|
|
Nilai Akhir
|
------------------------
|
X
|
100
|
|
|
18
|
|
|
|
2.
Penilaian PBKB
No.
|
Pencapaian
Penilaian PBKB
|
Nilai PBKB
|
Skor
|
|
Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
|
Percaya Diri
|
|||
1
|
MK (membudaya)
|
4
|
4
|
8
|
2
|
MB (mulai berkembang)
|
3
|
3
|
6
|
3
|
MT (mulai terlihat
|
2
|
2
|
4
|
4
|
BT (belum terlihat)
|
1
|
1
|
2
|
|
Skor
Maksimal
|
4
|
4
|
8
|
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 komentar:
Post a Comment